Rumahweb Journal
Banner - Mengubah Limit Max Upload Size phpMyAdmin di CyberPanel

Mengubah Limit Max Upload Size phpMyAdmin di CyberPanel

Apakah Anda saat ini terkendala import database di CyberPanel karena file yang di upload lebih besar dari limit yang diterapkan? Solusinya, Anda bisa menaikkan limit max upload size phpMyAdmin.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara mengubah limit max upload size phpMyAdmin di CyberPanel. Tidak hanya itu, kami juga akan menjelaskan tentang mengubah limit PHP seperti upload_max_filesize, post_max_size, max_execution_time, memory_limit, max_input_time.

Namun sebelum membahas tentang pengaturan limit PHP di CyberPanel, terlebih dahulu kami akan menjelaskan fitur PHP di CyberPanel.

Fitur PHP di CyberPanel

Salah satu feature yang tersedia di CyberPanel adalah PHP Selector. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengganti versi PHP dan menyesuaikan limitasi PHP options sesuai dengan kebutuhan Anda.

Batasan PHP di server berfungsi untuk mengontrol proses PHP, agar server tidak mengalami load berlebihan akibat execution process yang terlalu tinggi. Namun, ada beberapa proses yang membutuhkan penyesuaian limitasi PHP, agar aplikasi yang dibuat dapat berjalan dengan baik.

Sebagai contoh, default max upload size untuk import database di CyberPanel adalah 100MB. Jika database yang akan Anda import memiliki size 105 MB, maka tentu import database mysql menjadi gagal. Solusinya, Anda bisa mengubah nilai max upload size phpMyAdmin di CyberPanel, agar proses import dapat dilakukan.

BACA JUGA : Cara Setting Limit PHP dari Select PHP Version di cPanel

Mengubah Limit PHP di CyberPanel

Berikut langkah-langkah untuk mengubah setting limit PHP di CyberPanel.

Limit PHP Options

  1. Silakan akses login ke url  https://IPVPS_Anda:8090, kemudian isikan username dan password yang digunakan. Lalu klik tombol Sign In.
Halaman Login CyberPanel
  1. Silakan scroll kebawah dan cari Menu Server > PHP. Lalu pilih “Edit PHP Configs”.
Menu PHP CyberPanel
  1. Pada bagian Edit PHP Configurations, silakan pilih tab bagian Basic dan pilih versi php yang digunakan.
Select PHP Version
  1. Untuk mengubah setting limit upload database di phpMyAdmin Cyberpanel, yang diperlukan pada bagian upload_max_filesize dan post_max_size. Silakan bisa disesuaikan limit PHP yang diinginkan. Pada contoh artikel mengubah limit menjadi 100MB.
Setting Limits PHP
  1. Kemudian silakan klik Save Changes dan Restart PHP.
  2. Apabila ingin restart service PHP melalui SSH/Terminal, bisa menggunakan perintah:
systemctl restart lscpd

Mengubah limit max upload phpMyAdmin

Pastikan Anda telah membuat database di CyberPanel. Jika belum, panduannya bisa Anda pelajari pada artikel berikut ini.

Setelah itu, silahkan mengikuti panduan berikut untuk mengubah limit max upload phpMyAdmin di CyberPanel.

  1. Silakan klik menu Database, lalu klik tombol/button “PHPMYADMIN”.
Mengubah limit max upload size phpMyAdmin
  1. Selanjutnya akan dialihkan ke halaman phpMyAdmin. Silakan pilih nama database yang sudah dibuat, lalu pilih menu “Import”.
  2. Pada bagian “Choose File” database yang akan diimport. Nantinya sebelah kanan ada informasi bahwa limit upload sudah berhasil diupdate sesuai gambar dibawah ini.
Setting Limits Upload Berhasil

Pengujian

Untuk mengetes apakah PHP limit yang Anda ubah sudah berjalan atau belum, Anda dapat membuat file info.php yang bisa dieksekusi / diakses dari domainnya. Misalnya buat file info.php dengan isi sebagai berikut :

<?php phpinfo(); ?>

Lalu akses dengan url https://namadomain.com/info.php. Sesuaikan dengan nama domain masing-masing. Nantinya anda bisa melihat PHP options dari limit php yang anda setting.

Untuk tambahan informasi, fitur ini dapat digunakan untuk merubah limitasi php per domain, sehingga setiap domain dapat memiliki nilai limitasi yang berbeda-beda.

Demikian panduan cara mengubah limit upload phpMyAdmin di CyberPanel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.