Menggunakan Select PHP Version dan MultiPHP Manager di cPanel

Pada layanan hosting cPanel di Rumahweb terdapat server-server yang memiliki menu “select php version” dan “multiphp manager”. Fungsi dari keduanya sama yaitu untuk melakukan perubahan versi PHP di servernya, akan tetapi keduanya tidak dapat diaktifkan bersamaan dan hanya dapat digunakan salah satu.

Kedua menu tersebut juga memiliki perbedaan walaupun fungsinya sama-sama untuk melakukan perubahan versi PHP.

Select php version selain digunakan untuk perubahan versi PHP dapat digunakan untuk melakukan perubahan limitasi PHP proses di hostingnya seperti memory_limit, upload_max_filesize, post_max_size, dan sebagainya. Setting pada select php version akan digunakan untuk seluruh website yang ada di hostingnya.

Jika untuk multiphp manager tidak memiliki custom php, hanya dapat digunakan untuk setting versi PHP yang berbeda-beda setiap domain / subdomain / addon domain yang ada di hosting tersebut, jadi dalam 1 hosting jika ada beberapa domain / subdomain dapat menggunakan versi PHP yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Berikut adalah cara penggunaan / pengaktifannya :

Mengaktifkan “Select PHP Version”

1.Untuk mengaktifkan select php version pastikan setting multiphp manager untuk seluruh domain / subdomain yang ada di hostingnya tersetting pada versi PHP inherit.

2. Setelah itu baru dilakukan setting versi PHP dari menu “select php version” dan untuk setting custom php.ini dapat dilakukan dengan klik tulisan “switch to php options”

Mengaktifkan “MultiPHP Manager”

1.Untuk mengaktifkan multiphp manager pastikan setting pada “select php version” disetting pada versi “NATIVE” otomatis fungsi PHP nya menggunakan setting dari “MultiPHP Manager”

2. Setelah menggunakan versi “NATIVE” masuk ke menu multiphp manager untuk mengatur versi PHP pada masing-masing domain / subdomain yang ada di hostingnya.

Demikian cara menggunakan php selector dan multiphp manager di cPanel Rumahweb, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar