Menambahkan Tombol Chat WhatsApp Pada Weebly

WhatsApp merupakan salah satu media komunikasi yang sangat banyak digunakan. Saat ini banyak website yang sudah menerapkan fitur chat WhatsApp mulai dari toko online, jasa, dan sebagainya. Fungsi utama fitur tersebut tentunya untuk mempermudah dalam melakukan komunikasi antara pengujung dengan pengelola website.

Sebelumnya Rumahweb sudah pernah membahas menambahkan tombol chat WhatsApp pada wordpress. Pada kesempatan kali ini Rumahweb akan kembali membahas menambahkan tombol chat Whatsapp pada Weebly Website Builder. Berikut langkah-langkahnya :

1. Mendaftar ke Callbell

Pada panduan kali ini, Rumahweb akan menggunakan widget yang sudah disediakan oleh callbell. Silahkan Anda mendaftar terlebih dahulu ke callbell melalui link berikut Callbell Sign-up.

Silahkan Anda isi alamat email yang aktif, setelah itu klik Sign Up sesuai dengan screenshoot berikut :

Sign up callbell setting whatsapp chat weebly website builder

Setelah itu akan diminta memasukkan nama, email, dan passwordnya. Silahkan Anda lengkapi lalu klik Sign Up untuk ketahap selanjutnya.

Sign up callbell setting whatsapp chat weebly website builder - 2

Setelah itu, Anda akan dikirimkan email verifikasi akun dari Callbell. Silahkan Anda buka email dan klik Verify your email seperti screenshoot berikut :

Sign up callbell setting whatsapp chat weebly website builder - 3

2. Setting Widget

Setelah berhasil mendaftarkan akun ke callbell, silahkan Anda melakukan setting terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan widget WhatsApp, silahkan klik logo WhatsApp sesuai dengan screenshoot berikut.

Setting widget weebly website builder whatsapp Rumahweb

Setelah klik logo WhatsApp akan tampil popup dimana Anda harus mengisi nomor WhatsApp. Terdapat pilihan Display Channel On, setting tersebut berfungsi untuk mengatur dimana tombol chat akan ditampilkan. Pada panduan kali ini Rumahweb akan mengaktifkan keduanya sesuai dengan screenshoot berikut :

Setting widget weebly website builder whatsapp Rumahweb - 2

Setelah melengkapi nomor whatsapp. Anda dapat menampilkan pesan chat pada Icon yang nantinya tampil di website seperti Online Welcome Message dan offline welcome message seperti screenshoot berikut :

Setting widget weebly website builder whatsapp Rumahweb - 3

Setelah selesai setting widgetnya, akan tampil script widget yang harus di tambahkan ke tag head pada website. Untuk copy, silahkan Anda klik Copy code to clipboard

Setting widget weebly website builder whatsapp Rumahweb - 4

3. Instalasi Widget

Setelah mendapatkan code widget di tahap sebelumnya. Silahkan dilakukan instalasi dengan cara meletakkan code ke head website.

Untuk menambahkan code di head pada weebly, silahkan masuk ke menu Settings > SEO > Paste code ke Header Code > Save. Untuk lebih detailnya Anda dapat melihat screenshoot berikut,

Install Widget weebly website builder

Setelah berhasil menambahkan code dan Publish Weebly, silahkan akses ke website dan akan tampil Logo Whatsapp seperti screenshoot berikut :

Install Widget weebly website builder - 2

Dicoba untuk klik link bisa berfungsi dengan baik dan langsung diarahkan ke room chat nomor whatsapp yang sebelumnya sudah di setting.

Install Widget weebly website builder - 3

Demikian panduan menambahkan chat WhatsApp pada Weebly Website builder, semoga dapat membantu. Apabila ada kendala atau kesulitan silahkan menghubungi kami melalui Live chat, ataupun Email.

Tinggalkan Komentar