Rumahweb Journal
Banner - Histats adalah

Histats: Pengertian, Fungsi dan Cara Memasangnya di Website

Histats adalah salah satu situs yang menyediakan fitur cek pengunjung website secara gratis. Meskipun gratis, histats dilengkapi dengan fitur yang lengkap untuk melakukan monitoring jumlah visitor atau page view pada website secara realtime.

Apa itu histats?

Histats adalah sebuah situs yang menyediakan informasi statistik tentang pengunjung dari website yang kita kelola.

Dengan mendaftarkan situs ke Histats, kita dapat melihat berbagai data seperti jumlah pengunjung, asal geografis, kunjungan terakhir, kunjungan terbanyak, jumlah halaman dilihat (page views), bahasa yang digunakan oleh pengunjung, serta memperoleh akses ke lebih dari 600 gaya hit counter dan fitur lainnya.

Monitoring pengunjung pada Histats dilakukan secara real-time, sehingga memungkinkan kita untuk melihat secara langsung jumlah orang yang mengakses website, termasuk informasi mengenai asal pengunjung beserta alamat IP mereka.

Menambahkan Histats di Website

Ada 3 langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk menambahkan histats di website. Mulai dari melakukan registrasi atau pendaftaran, generate code, dan menambahkan code pada website. Berikut langkah-langkahnya:

Step 1. Daftar Histats

  1. Akses situs histats.com.
  2. Klik menu Register, isi form untuk daftar akun/email Anda.
  3. Klik Control Panel > klik Add a website.
  4. Anda bisa mengisi detail informasi Website Anda, mulai dari nama domain, kategori, negara dan time zone serta visibilitas.

Note

Untuk point Visibilitas, Anda memiliki 2 opsi yaitu statistik bisa dilihat pada halaman website, atau hanya Anda sendiri sebagai admin. Hal ini penting untuk Anda perhatikan.
Cara Cek Pengunjung Website dengan Menggunakan Histats image 1

Setelah lengkap, silahkan klik menu lanjutkan.

5. Setelah menambahkan website di Histats, website/nama Anda akan muncul dilist Website seperti dibawah ini. Lalu klik nama domain/akun Anda seperti dibawah ini.

Cara Cek Pengunjung Website dengan Menggunakan Histats - image 2

Step 2. Generate code counter

Pada tahap ini, kita akan membuat counter code yang nantinya akan disisipkan ke dalam website. Counter code berfungsi sebagai kode pelacakan dan menampilkan statistik singkat jumlah visitor di halaman website (memunculkan statistik visitor ini optional, karena bisa memilih untuk disembunyikan).

  1. Setelah klik nama domain Anda pada tahap sebelumnya, silakan klik menu Counter Code.
Cara Cek Pengunjung Website dengan Menggunakan Histats image 3
  1. Klik Add new counter.
Cara Cek Pengunjung Website dengan Menggunakan Histats - image 4
  1. Anda bisa memilih model counter sesuai design yang Anda inginkan. Kami sarankan, pilih design yang sesuai dengan warna thema yang Anda gunakan, agar terlihat lebih menarik.
Menambahkan Informasi Statistik Pengunjung Website dengan Histats image 5
  1. Anda bisa mengisi informasi yang ingin ditampilkan pada counter. Silahkan centang semua fitur, agar terlihat all feature di halaman counter. Setelah itu klik Simpan.
Menambahkan Informasi Statistik Pengunjung Website dengan Histats image 6
  1. Selanjutnya, Anda bisa klik counter_id dan akan muncul kode perhitungan. Silahkan copy paste code tersebut, ke halaman website Anda. Biasanya, code counter tersebut di taruh pada sidebar atau footer paling bawah, namun hal tersebut tergantung keinginan Anda.
Menambahkan Informasi Statistik Pengunjung Website dengan Histats image 7

Step 3. Menambahkan code counter di Website

Setelah berhasil mendapatkan kode histats, Anda bisa menambahkan kode tersebut pada website. Berikut cara menempatkan code counter Histats di beberapa jenis website:

Script PHP

Apabila website Anda berbasis HTML atau PHP native, silahkan meletakkan code counter pada script website Anda, sesuai dengan lokasi yang di inginkan. Biasanya, kode ini diletakkan pada file footer.

WordPress

Jika website Anda berbasis CMS seperti WordPress, Joomla atau yang lainnya, Anda bisa menambahkan script ini melalui widget yang telah disediakan. Untuk pengguna WordPress, Anda bisa mengikuti panduan berikut : Cara Pasang Widget di Sidebar WordPress

SitePro

Bila Anda memakai Site.pro, Anda bisa menambahkan widget custom HTML dan meletakkan di footer atau di tempat yang di kehendaki. Anda bisa mengikuti panduan berikut: Cara menambahkan custom html Site.pro

Weebly

Pada Weebly builder, Anda bisa menambahkan code counter pada bagian footer atau bisa dengan opsi embed code. Jika anda ingin meletakkan code counter di halaman website, Anda bisa menggunakan embed code.

Sedangkan jika Anda ingin meletakkan di bagian footer, Anda bisa memilih menu Setting > SEO > Footer code.

Setelah script histats terpasang, Anda bisa mengakses ke control panel histats untuk melihat statistik pengunjung, serta melakukan monitoring pengunjung pada website Anda.

Demikian artikel kami tentang apa itu Histats hingga caranya memasang di website, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.