Rumahweb Journal

Cara Mengaktifkan Opera VPN Dengan Mudah

Opera merupakan salah satu browser yang menyediakan VPN secara gratis. Selain untuk kebutuhan privacy, Opera VPN membuat keamanan Anda lebih terjaga ketika terhubung ke sebuah WiFi umum. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan Opera VPN dan cara menggunakannya?

Virtual private network atau yang kita kenal dengan VPN, bekerja dengan cara mengubah jaluk koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi antara web client dan web server. VPN membuat Anda lebih aman dalam berselancar di internet dan menjaga privacy Anda lebih baik. Lalu apa itu Opera VPN?

Baca juga artikel : Apa itu Proxy dan Cara Kerjanya

Apa itu Opera VPN?

Opera VPN adalah Virtual Private Network yang disediakan oleh Browser Opera. Pada tahun 2016, Browser Opera menyediakan layanan Virtual Private Network (VPN) secara gratis pada browsernya. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu repot membuat server VPN sendiri atau tidak perlu membeli layanan VPN berbayar.

Dengan Layanan Virtual Private Network (VPN) ini, Anda bisa melakukan akses ke website yang di blokir negara atau firewall server dan memberikan keamanan pada jaringan Wifi Publik karena aksesnya terenkripsi (encrypted access). Opera menjamin keamanan pada layanan vpnnya. VPN Opera menggunakan 256-bit encryption, dan tidak mencatat informasi apa pun (log) ketika menggunakan VPN Opera.

Manfaat menggunakan Opera VPN

Ada beberapa manfaat menggunakan VPN pada browser opera. Berikut kami rangkumkan beberapa manfaat diantaranya:

  • Browse privately
    Berselancar di internet dengan alamat IP virtual yang membantu menyembunyikan lokasi Anda dan memungkinkan Anda melihat web dengan privasi.
  • Reduce tracking
    VPN gratis Opera tidak hanya meningkatkan privasi dan keamanan Anda, tetapi juga memblokir banyak cookie yang melacak Anda secara online.
  • Built-in
    VPN gratis dibangun langsung di browser Opera. Tidak perlu mengunduh ekstensi atau tambahan apa pun.
  • Free
    Tidak ada langganan atau pembayaran apa pun. Cukup unduh browser Opera dan mulailah menjelajah secara pribadi, gratis.

Cara mengaktifkan Opera VPN

Pastikan Anda telah mendownload dan menginstall browser opera terlebih dahulu. Jika belum, Anda bisa mendownloadnya melalui link berikut: download opera browser

Setelah terinstall pada komputer Anda, selanjutnya silahkan mengikuti panduan berikut untuk mengaktifkan vpn pada browser opera.

1. Buka Browser Opera

2. Klik Menu > New Private Window (Ctrl+Shift+N)

new private windows

3. Klik icon VPN di address bar

mengaktifkan opera vpn

4. Klik tombol di kiri “VPN Disconnected” sampai statusnya berubah menjadi “VPN Connected”.

mengaktifkan vpn di opera browser

Opera juga menyediakan beberapa lokasi server vpn yang bisa dipilih. Anda bisa memilih lokasi server yang dekat, misalnya Asia untuk mendapatkan kecepatan akses yang terbaik.

Demikian panduan cara mengaktifkan Opera VPN dengan mudah dari Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Triyadi