Rumahweb Journal
Setting Koneksi database Codeigniter

Setting Koneksi Database Codeigniter

Codeigniter adalah framework PHP yang berbasis Model Controller View. Framework ini mulai banyak digunakan oleh Developer beberapa tahun kemarin, karena dianggap lebih ringan dan lebih aman. Pada panduan kali ini, Rumahweb akan membahas setting koneksi database Codeigniter.

Codeigniter memungkinkan kita mendevelop project website php dengan sangat terstruktur dan memudahkan dengan sudah tersedianya modul atau library php siap pakai.
Salah satunya adalah module koneksi mysql atau mysqli tergantung module koneksi database apa yang digunakan pada project CI.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan setting koneksi database pada CI.

  1. Login ke cPanel hosting Anda, kemudian upload project Codeigniter ke hosting. Silakan terlebih dahulu membuat user, nama dan password database dimenu MySQL Databases di cPanel. Setelah itu silakan buka path berikut: application > config > database.php .
Setting Koneksi database Codeigniter
setting koneksi database pada framework codeigniter
cara setting codeigniter di hosting

2. Edit pada file database.php dan sesuaikan parameter seperti gambar dibawah.

cara setting database codeigniter di hosting

Note:
Pastikan penamaan database dan user database sesuai dengan informasi pada mysql database cPanel. Prefix user cPanel harus disertakan.

Selesai,… Setting koneksi database project Codeigniter Anda sudah selesai di setting. Apabila masih ada kendala, jangan sungkan dan ragu untuk menghubungi tim Technical Support kami.

Anda dapat menghubungi kami melalui live chat dan email atau open ticket. Jangan lupa juga melampirkan screenshoot error atau kendala yang dialami. Sekian Panduan Setting Koneksi database Codeigniter ini, semoga dapat membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Benny Eko Priharyanto