Rumahweb Journal
banner - apa itu file har adalah

Apa Itu File HAR? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

File HAR adalah singkatan dari HTTP Archive, yaitu sebuah format file yang digunakan untuk menyimpan session antar web browser dan web server. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu file HAR hingga cara mendapatkannya.

Saat mengembangkan aplikasi web, terkadang Anda akan menjumpai beberapa masalah seperti halaman web yang gagal terekspos, gagal login dan lainnya. Terdapat beberapa cara dalam menganalisa kendala aplikasi webnya selain error_log yang di generate server secara otomatis, yaitu menggunakan web browser seperti menu Inspect pada fitur console dan network.

Selain dari menu Inspect, Anda juga dapat melakukan analisa melalui file bernama HAR. Lalu, apa itu file HAR dan bagaiaman melakukan pengecekannya? Simak informasi berikut ini.

Apa itu File HAR?

File HAR adalah dokumen digital yang berisi detail cookies dan informasi sensitif lainnya yang dibuat secara otomatis berdasarkan hasil rekaman di browser Anda. HAR file berguna ketika Anda mengalami kendala pada suatu situs web, misalnya gagal login, sehingga dapat dianalisis lebih dalam untuk menemukan penyebabnya.

Dalam beberapa kasus, jika aplikasi web yang Anda buat berjalan normal tetapi pengguna lain mengalami kendala seperti gagal login atau tidak mendapatkan respons yang sesuai, Anda dapat meminta file HAR untuk dilakukan pengecekan. Ini membantu memastikan bahwa kendala tersebut terjadi pada perangkat pengguna dan bukan disebabkan oleh aplikasi web itu sendiri.

BACA JUGA : Mengenal Apa Itu Ekstensi File beserta Contohnya

Fungsi File HAR

Seperti yang kita ketahui, File HAR menyimpan log aktivitas jaringan dari web browser terhadap web server. HAR file mencakup data seperti konten cookie Anda dan halaman yang diunduh saat proses perekaman.

Setiap orang yang memiliki akses ke file HAR dapat melihat data yang dikirimkan selama proses perekaman. Hal ini mencakup informasi pribadi atau data sensitif lainnya. Karenanya, pastikan Anda mengamankan HAR file dengan baik atau memberikannya kepada pihak yang tepat, seperti pengembang yang membutuhkannya untuk menganalisis kendala yang dialami.

Cara membuat File HAR

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk membuat file HAR secara tepat dari berbagai browser populer, sehingga semua data dapat direkam dengan baik untuk analisis lebih lanjut.

Browser Chrome

  1. Buka Browser Chrome dan akses halaman web yang terkendala.
  2. Klik tombol “Customize and Control” yang memiliki icon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih More Tools > Developer Tools.
  3. Tab Network(1) > klik tombol rekam(2) > Export HAR(3).
Cara membuat File HAR di Chrome

Browser Mozilla Firefox

  1. Buka Browser Firefox dan akses halaman web yang terkendala.
  2. Clik menu “Open application menu” yang memiliki icon garis tiga di pojok kanan atas, lalu pilih More Tools > Developer Tools.
  3. Tab Network(1) > Klik kanan file log “Save All as HAR“(2).
Cara membuat File HAR di Firefox

Browser Microsoft Edge

  1. Buka Browser Chrome dan akses halaman web yang terkendala.
  2. Klik menu “Setting and more” yang memiliki icon garis tiga di pojok kanan atas, lalu pilih More Tools > Developer Tools.
  3. Tab Network(1) > klik tombol rekam(2) > Export HAR(3).
Cara membuat File HAR di Edge

Bagi Anda yang penasaran dengan isi HAR file, silahkan membukanya dari aplikasi NotePad ++ atau editor lainnya.

Setelah mengikuti cara pembuatan file HAR dari masing-masing browser diatas, pastikan file tersebut disimpan dengan baik atau diberikan kepada developer web untuk digunakan sebagai bahan analisa kendala pada aplikasi webnya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Fredric Lesomar

I am an ameteur programer and cybersecurity enthusiast. Love much, mother Python language, machine learning and You!