Rumahweb Journal
Banner - Email Disk Usage adalah

Email Disk Usage: Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Pernahkah Anda mengalami kendala di email disebabkan kuota penuh? Email disk usage adalah solusi yang bisa Anda gunakan, untuk mengurangi inbox atau menghapus email trash secara instan.

Lalu apa itu email disk usage dan bagaimana cara menggunakannya? Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang email disk usage di cPanel secara detail. Simak artikel berikut.

Apa itu email disk usage?

Email Disk Usage adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh cPanel untuk melihat detail kapasitas penggunaan email per account hingga menghapus email secara instan.

Dengan email disk usage, Anda bisa menghapus email yang tidak diperlukan lagi sesuai dengan periodenya. Selain itu, dengan fitur ini Anda bisa mengurutkan email berdasarkan nama, jumlah pesan, atau penggunaan disk.

Fungsi email disk usage

Fasilitas email disk usage yang tersedia di cPanel memungkinkan Anda untuk melihat kapasitas email sesuai dengan foldernya. Contohnya, Anda bisa melihat jumlah email yang ada di Inbox, folder Sent Item, Trash, hingga Junk atau SPAM.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menghapus pesan di masing-masing folder, sesuai dengan waktu, ukuran, dan query tertentu per akun email.

Cara menggunakan email disk usage

Menu email disk usage dapat Anda temukan di cPanel. Berikut langkah-langkah untuk mengakses menu serta mengelola email Anda melalui fitur email disk usage.

  1. Login cPanel
  2. Klik menu “Email Disk Usage” seperti pada gambar berikut.
  1. Pilih akun email yang ingin diperiksa penggunaan kuota emailnya, dengan cara klik pada bagian Account dan scroll atau geser untuk melihat list akun email yang terdaftar.
  1. Anda bisa melihat penggunaan disk email secara detail per folder yang ada pada akun email dihalaman ini. Anda dapat menghapus email berdasarkan query tertentu berdasarkan opsi yang tersedia yang bisa dilakukan dari menu “Manage”.

Menghapus pesan

Bagi Anda yang ingin mengurangi pesan di email, Anda bisa memanfaatkan fitur manage untuk menghapus email di inbox maupun folder lainnya.

Caranya klik menu “Manage” di kolom Actions, lalu pilih opsi delete yang Anda inginkan.

Berikut opsi-opsi yang tersedia untuk menghapus isi email:

  • 1 year old or more = menghapus isi email yang berusia 1 tahun atau lebih
  • 30MB in size or more = menghapus isi email yang berukuran 30MB atau lebih
  • Previously viewed = menghapus semua isi email yang sudah dibaca
  • All messages = menghapus seluruh isi email tanpa kecuali
  • Custom query = menghapus isi email tertentu yang bisa dipilih menggunakan

Anda bisa membaca dokumentasi Dovecot query yang bisa Anda gunakan pada link berikut ini: Dovecot query

Setelah yakin dengan opsi yang dipilih, klik Delete Permanently untuk menghapus isi email secara permanen.

Perlu diketahui bahwa menghapus email dari fitur ini, bisa menyebabkan isi email akan terhapus secara permanen dan tidak bisa direstore atau dikembalikan. Kami sarankan agar Anda lebih berhati-hati sebelum menghapus emailnya.

Catatan:

Fitur ini mungkin tidak berfungsi bila akun hosting Anda penuh atau overkuota secara keseluruhan. Pastikan space hosting Anda mencukupi untuk bisa menggunakan fitur email disk usage di cPanel. Bagi yang telah overkuota, penghapusan bisa dilakunan melalui file manager dengan panduan berikut.

Demikian artikel kami tentang apa itu Email Disk Usage cPanel hingga cara menghapus pesan yang tidak lagi dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Triyadi