Rumahweb Journal
banner - domain alias adalah

Domain Alias: Definisi, Fungsi dan Cara Membuatnya di Plesk

Domain Alias adalah sebuah fitur yang tersedia di Plesk Panel yang berfungsi untuk mengarahkan domain baru ke domain utamanya. Dengan domain alias, domain baru akan menampilkan website yang sama persis dengan domain utamanya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu domain Alias atau aliases dan bagaimana cara settingnya di Plesk Panel.

Apa itu Domain Alias?

Domain aliases atau domain alias adalah metode yang digunakan untuk mengarahkan suatu domain ke domain lainnya, agar ketika diakses tampilan website alias sama dengan website utamanya.

Misalnya, jika Anda sudah memiliki domain contoh.my.id sebagai nama domain Anda, tetapi kemudian memutuskan untuk menggunakan nama domain yang lebih profesional, Anda dapat mendaftarkan domain domainbisnisku.co.id dan menggunakannya sebagai alias untuk situs asli Anda.

Dengan melakukan setting domain alias, maka tampilan website contoh.my.id dan domainbisnisku.co.id akan sama persis ketika diakses. Dengan demikian, website Anda bisa diakses dengan 2 domain sekaligus.

Fungsi domain alias

Domain alias sering digunakan sebagai variasi nama domain atau ekstensi domain yang berbeda, sehingga pengguna tidak akan kehilangan trafik meskipun mengunjungi salah satu domain alias tersebut.

Contohnya, jika Anda memiliki website dengan nama domain utama contoh.com, Anda dapat membuat alias domain seperti contoh.net atau contoh.org yang akan menampilkan website sama persis dengan website utamanya.

Cara setting domain alias di Plesk

Plesk panel adalah control panel hosting yang digunakan pada layanan WordPress Hosting di Rumahweb versi lama. Bagi Anda yang menggunakan cPanel, setting alias atau park domain bisa dipelajari pada artikel berikut.

Berikut adalah cara setting domain alias di Plesk Panel.

Step 1. Arahkan nameserver domain ke hosting

Sebelum domain ditambahkan sebagai alias, silahkan arahkan NS domain anda ke Nameserver hostingnya. Panduan mengarahkan nameserver domainnya bisa Anda pelajari pada artikel berikut: mengarahkan Name Server

Apabila Anda tidak ingin mengarahkan nameserver, maka opsi lainnya Anda cukup mengarahkan Record DNS (misalnya A Record) Domain Anda ke Alamat IP Address server hosting yang digunakan.

Step 2. Add domain alias

  1. Login ke Plesk Panel WordPress Hosting Anda, kemudian klik add domain alias:
add domain alias
  1. Kemudian akan tampil halaman Add a Domain Alias. Di kolom Domain alias name, silahkan isi dengan domain alias Anda:
cara menambahkan domain aliases
  1. Pada opsi settings, pilihannya akan terchecklist otomatis sesuai default, namun Anda juga bisa merubahnya sesuai keperluan. Setelah itu klik OK.

Sampai step ini, setting telah selesai dilakukan. Selanjutnya Anda bisa melakukan test akses nama domain yang baru. Namun jika Anda baru saja mengubah Nameservernya, maka silahkan ditunggu proses propagasi DNS estimasinya 1-24 jam tergantung dari koneksi internet yang Anda gunakan.

Demikian artikel kami tentang apa itu domain alias dan cara settingnya di Plesk Panel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.