Rumahweb Journal
Banner - Disable JSON REST API WordPress Melalui Plugin

Disable JSON REST API WordPress Melalui Plugin

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara menonaktifkan atau disable JSON REST API WordPress melalui bantuan plugin. Namun sebelum kami bahas cara mendisable json REST API di WordPress, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu json dan REST API kepada Anda.

Apa itu REST API

REST adalah singkatan dari Representational State Transfer, sedangkan API adalah singkatan dari Application Programming Interface. REST API berfungsi sebagai sebuah jembatan, yang dapat menghubungkan dua aplikasi yang berbeda seperti client-side dan server-side.

Saat ini, REST API banyak dibutuhkan oleh developer untuk menghubungkan antara aplikasi smartphone dengan data yang tersedia disisi server. Dengan REST API, aplikasi mobile (misalnya Android atau iPhone) bisa menggunakan fungsi-fungsi yang ada di Web Server, dan memungkinkan untuk mengambil atau menyimpan data ke Database Server.

REST API mulai diperkenalkan pada WordPress 5.5. Namun hadirnya fitur ini membuat sebagian pengguna WordPress mengalami kendala pada pengelolaan websitenya. Mulai dari JSON yang tidak meresponse, hingga beberapa fungsi block editor tidak bisa digunakan.

Bagi Anda yang tidak membutuhkan fitur JSON REST API ini, Anda bisa mendisable melalui plugin tambahan. Berikut adalah penjelasan tentang fitur JSON REST API dan saran untuk disable bagi Anda yang tidak membutuhkannya.

Mengapa Anda Perlu Menonaktifkan JSON REST API?

REST API (Application Programming Interface) digunakan untuk mengambil data menggunakan permintaan GET, yang berguna untuk membangun aplikasi dengan WordPress. Namun kemudahan ini memiliki potensi keamanan disisi website, yaitu membuka serangan DDoS. Tentu ketika website Anda terkena DDoS, website Anda bisa terhack atau minimalnya gagal akses karena penggunaan resource yang terlalu besar.

Hal semacam ini tentu tidak Anda inginkan. Karenanya, Anda bisa memikirkan untuk mendisable fitur JSON REST API agar potensi DDoS di website tidak terjadi. Berikut adalah cara untuk mendisable JSON REST API di WordPress melalui Plugin.

Disable JSON REST API WordPress

Ada dua langkah yang bisa anda lakukan, untuk disable json rest api WordPress. Pertama dengan menginstall plugin, lalu kedua melakukan testing untuk memastikan bahwa fitur tersebut telah di disable.

Step 1. Install Plugin Disable REST API

Cara termudah untuk mendisable json rest api di WordPress adalah melalui plugin. Pada panduan ini, kami akan menggunakan plugin Disable REST API. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Login ke dashboard WordPress Anda.
  2. Klik menu Plugins > Add New > pilih plugin Disable REST API seperti pada gambar berikut.
Disable  JSON REST API WordPress
  1. Klik tombol Pasang atau Install, setelah itu aktifkan plugin tersebut.

Setelah plugin Disable REST API aktif, secara otomatis plugin akan memblok otentikasi permintaan API dari sumber manapun kedalam website Anda. Hal ini secara efektif mencegah permintaan yang tidak sah untuk mengambil informasi melalui REST API di website.

Step 2. Test koneksi REST API

Untuk memastikan bahwa plugin tersebut telan berjalan dengan baik atau tidak, Anda bisa melakukan pengecekan melalui link : http://namadomainAnda.com/wp-json dengan browser yang berbeda atau bisa menggunakan incognito pada browser Anda.

Hasil json rest api telah di disable

Anda akan melihat pesan yang menunjukkan bahwa permintaan REST API tidak diizinkan atau diblokir.

Demikian panduan kami tentang cara disable JSON REST API di WordPress. Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.