Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Membuat custom error page di cPanel

Custom Error Page Di cPanel

Pernahkah Anda menemukan pesan error ketika akses suatu website dengan error seperti 404-not found, 500-internal server error atau yang lainnya?  Pesan error seperti ini mengindikasikan adanya yang salah di website tersebut yang seharusnya tidak tampil.

Tampilan seperti itu mungkin akan membuat orang yang mengunjungi website tersebut akan tidak nyaman. Untuk itu pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat custom “Error Page”. Dengan cara ini, Anda bisa mengubah pesan error yang tampil pada website dengan pesan berbeda, sehingga orang yang berkunjung ke website Anda akan tetap nyaman dan serasa tidak terjadi apa apa.

Berikut langkah-langkah membuat custom error page melalui cPanel hosting. Untuk memulainya, jangan lupa silakan terlebih dahulu login ke cPanel hosting Anda.

  • Setelah login ke cPanel hosting, Anda akan menemukan menu “Error Pages”. Silakan  klik  menu  tersebut.

  • Selanjutnya pilih nama domain yang akan dibuat custom error pages dan silahkan pilih “Error Pages” yang akan di edit.

Untuk memilih Error Pages yang lebih banyak, silahkan memilih “Show all HTTP Error Status Codes”.

  • Misal Anda akan membuat error page pada “404 (not Found)”. Klik 404 (not Found) >> isikan pada kolom editing dengan script html untuk pesan error yang akan dibuat >> Save.

  • Selanjutnya, silahkan periksa di document root pada domain yang dibuat. Bila sudah ada file “404.shtml”, ini artinya pembuatan error pages pada domain tersebut sudah selesai.
  • Silahkan tes dengan akses URL yang tidak ada atau alamat salah. Bila tampilan sudah sesuai dengan script yang Anda buat, ini artinya setting custom Error Pages diwebsite Anda telah berhasil dibuat.

Demikian panduan Rumahweb terkait dengan custom error page melalui cPanel hosting. Apabila ada pertanyaan mengenai hal ini, silakan menghubungi support Rumahweb baik dengan chatting, email ataupun telephone supaya dapat diinformasikan lebih detail.

Tinggalkan Komentar

Denny Oktafianto

Blog Competition