Rumahweb Journal
Cara Upgrade versi MySQL dari WHMcPanel

Cara Upgrade MySQL Version Melalui WHM cPanel

Seperti yang telah kita ketahui bersama, WHM merupakan control panel yang digunakan untuk pengguna VPS yang dipesan sepaket dengan lisensi cPanel. Dengan WHM, kita bisa melakukan konfigurasi di sisi server VPS kita. Pada panduan kali ini, kami akan berbagi cara upgrade MySQL Version melalui WHM dengan sangat mudah.

MySQL adalah database management system yang banyak digunakan developer web aplikasi untuk mengembangkan layanannya. Pengguna database MySQL sendiri sudah banyak dan memiliki beberapa forum komunitas yang siap membantu Anda dalam troubleshooting kendala yang dialami.

Cara upgrade MySQL version melalui WHM terbilang mudah, karena dilakukan melalui control panel WHM yang telah GUI. Berikut langkah-langkah upgrade MySQL version melalui WHM/cPanel:

Cara upgrade MySQL version melalui WHM

Ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan untuk upgrade MySQL Version, seperti melakukan backup terlebih dahulu, lalu melakukan upgrade versi yang tersedia. Berikut langkah-langkahnya.

Step 1. Backup Database

Pada langkah awal, Anda perlu login https://ip_vps:2087 sebagai root dan selanjutnya lakukan backup di VPS. Proses backup dilakukan melalui menu Backup->Backup Configuration.

Setelah proses backup selesai, silahkan masuk ke menu MySQL/MariaDB Upgrade sesuai gambar dibawah:

Upgrade MySQL version

Step 2. MySQL/MariaDB Upgrade

Langkah kedua, Anda bisa melihat versi database yang digunakan saat ini. Dalam list versi database juga terdapat beberapa varian yang bisa Anda pilih, baik sesuai rekomendasi atau diluar rekomendasi.

Cara upgrade versi MySQL, MySQL/MariaDB Upgrade

Step 3. Testing Kesiapan Server

Setelah memilih versi database, Anda akan diarahkan ke menu testing yang bertujuan melakukan debug server, apakah telah siap atau belum menerima versi DB terbaru.

Pada gambar diatas, Anda bisa klik tombol Run Checker dan menunggu hingga hasilnya muncul. Untuk perkiraan hasil seperti gambar dibawah, pastikan tidak ada error agar proses upgradenya nanti tidak terkendala.

run checker MySQL WHM/cPanel

Step 4. Upgrade MySQL Type

Langkah upgrade selanjutnya yaitu pemilihan tipe upgrade yang akan digunakan. Anda dapat memilih salah satu seperti gambar dibawah.

Dalam hal ini, tidak ada rekomendasi dari kami karena pemilihan ini tergatung kondisi server yang digunakan dari hasil checker database sebelumnya.

Upgrade type MySQL WHM/cPanel

Jika telah ditentukan, silahkan Anda klik ‘Continue‘ untuk melanjutkan proses upgrade versi MySQL dari WHM/cPanel. Untuk detail progressnya akan terlihat seperti gambar dibawah.

Upgrade MySQL WHM/cPanel

Proses upgrade MySQL version dari WHM membutuhkan waktu, sehingga Anda hanya perlu menunggu hingga upgrade selesai. Setelah proses upgrade selesai, silahkan restart servernya.

Demikian cara upgrade MySQL version dari WHM. semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Fredric Lesomar

I am an Ameteur Programer and Cybersecurity Enthusiast. Love Much, Mother Python Language, Machine Learning and You!