Rumahweb Journal
Forward Email Dari Plesk - Wordpress Hosting

Cara Setting Email Forwarding di Plesk Panel

Setelah sebelumnya kami menjelaskan tentang email forwading di cPanel, saat ini kami akan berbagi cara setting email forwarding di Plesk Panel. Sebelum melanjutkan proses setting email forwardingnya, pastikan anda telah membuat email terlebih dahulu di plesk panel hosting anda.

Bagi anda yang belum membuat email, pelajari panduan berikut untuk membuat email di Plesk panel. Setelah email aktif, anda bisa melakukan setting email forwading pada menu yang telah disediakan di plesk.

Namun sebelumnya, kami akan menyegarkan kembali ingatan anda tentang apa itu email forwarding dan apa saja manfaatnya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Email Forwarding

Email forwarding adalah fitur yang digunakan untuk meneruskan atau mem-forward email masuk ke alamat email lain. Tidak hanya diarahkan pada email dengan alamat domain yang berbeda, email forwarding juga bisa diarahkan ke alamat email lain seperti Gmail, Outlook, Yahoo dan lainnya.

Misalnya Anda memiliki alamat email dengan nama [email protected] Anda menginginkan setiap email yang masuk ke alamat tersebut, diteruskan juga ke email gmail anda atau email yahoo anda. Nah, untuk kebutuhan tersebut anda bisa menggunakan fitur email forwading ini.

Sebagai informasi, email forwarding ini hanya berfungsi untuk email masuk saja, bukan email keluar.

Setting email forwarding di Plesk

Panduan ini dapat dimanfaatkan bagi Anda yang memesan layanan WordPress Hosting maupun VPS dengan lisensi Plesk Panel. Berikut cara setting email forwarding di Plesk.

1. Login ke Plesk Panel. Panduan login WordPress Hosting

2. Pilih menu Mail > klik User Email atau alamat email yang ingin Anda setting > pilih tab Forwarding.

Forward Email Dari Plesk - WordPress Hosting
Pilih alamat email yang akan diseting email forwarding. Klik alamat emailnya.

3. Pada kolom forwarding incoming mail, silahkan masukkan alamat email tujuannya.

Panduan setting email forwarding plesk panel Rumahweb
Centang Switch on mail forwarding > isi alamat email tujuan email forwarding.

Keterangan.

Anda bisa mengisikan beberapa alamat email forwarding, dengan cara memberikan pemisah baris baru (enter), koma, atau titik koma.

4. Terakhir Klik OK.

Sampai tahap ini, proses setting email forwarding dari Plesk telah selesai. Selanjutnya, Anda bisa mencoba melakukan testing dengan cara mengirimkan email ke alamat email utama. Setelah itu, anda cek pada email tujuan yang sebelumnya telah di setting sebagai email forwardernya.

Demikian cara setting email forwarding di Plesk Panel. Mudah bukan? Jika anda menemui kendala atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi support kami. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)