Rumahweb Journal
Banner - Cara Reset Password Email Account di Plesk Panel

Cara Reset Password Email Account di Plesk Panel

Terkadang, kita perlu melakukan reset password akun email, entah karena lupa password atau hanya sekadar untuk alasan keamanan. Karenanya di panduan ini, kami akan berbagi cara reset password email account di Plesk.

Plesk adalah salah satu control panel yang digunakan untuk mengelola layanan hosting maupun VPS. Dengan Plesk, Anda bisa mengelola server secara lebih mudah seperti mengelola website, database, security hingga membuat email domain. Di Rumahweb, Plesk panel digunakan untuk mengelola layanan WordPress hosting. Selain itu, kami juga menyediakan layanan VPS dengan lisensi Plesk sebagai optional.

Bagi Anda yang telah menggunakan layanan WordPress hosting atau VPS Plesk, Anda bisa membuat email dengan mudah melalui Plesk. Tidak hanya membuat alamat email, anda juga bisa menghapus, menyesuaikan kuota email hingga melakukan reset password email melalui halaman Plesk panel.

Untuk melakukan reset password email di Plesk, setidaknya ada 2 cara yang bisa Anda pilih, yaitu melalui Plesk panel atau melalui aplikasi webmail yang telah disediakan. Bagi Anda yang lupa password atau hanya sekadar ingin melakukan reset password email di Plesk, Anda bisa memilih salah satu dari cara berikut.

Reset password email melalui Plesk Panel

Berikut adalah cara reset password email di Plesk melalui halaman Plesk Panel.

  1. Silahkan login ke Plesk Panel, kemudian klik menu Mail seperti gambar berikut.
reset password email plesk panel wordpress hosting
  1. Setelah itu, silakan klik akun email yang ingin dirubah passwordnya.
reset password email plesk panel wordpress hosting
  1. Kemudian isikan password baru yang ingin digunakan. Pastikan menggunakan password yang kuat, disarankan untuk mengisi password dengan kombinasi huruf besar, kecil, tanda baca dan angka. Setelah selesai klik OK.
reset password email plesk panel wordpress hosting

Proses reset password email account WordPress Hosting melalui Plesk Panel sudah selesai dilakukan.

Reset password email melalui Webmail

Reset password juga dapat dilakukan melalui Webmail. Namun perlu diketahui, cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda masih memiliki password yang valid untuk email yang akan Anda reset passwordnya. Jika Anda tidak lagi dapat mengakses email karena lupa passwordnya, reset password hanya bisa dilakukan dengan cara pertama.

  1. Langkah pertama, login ke webmail sesuai nama domain Anda. Pada demo ini, kami menggunakan domain demorumahweb.my.id, sehingga link loginnya yaitu di webmail.demorumahweb.my.id.
login ke webmail
  1. Masukkan alamat email Anda dan juga password yang digunakan saat ini, lalu klik Login. Selanjutnya klik tombol Settings di pojok kanan atas.
menu setting webmail
  1. Klik menu Password untuk melakukan reset password email account Anda.
reset password email di plesk
  1. Isi kolom New Password dengan password yang baru. Isi kembali passwordnya di kolom Confirm New Password. Pastikan telah mengetik password yang sama pada kedua kolom tersebut. Jika sudah, klik tombol Save untuk menyimpan password yang baru.
lupa password email di plesk

Pada tahap ini Anda telah selesai melakukan reset password email account melalui webmail di Plesk. Selanjutnya, anda bisa mencoba logout dari Webmail lalu bisa login dengan password yang baru.

Demikian tadi cara reset password email account di Plesk Panel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.