Rumahweb Journal
cara mereset password joomla menggunakan phpmyadmin

Cara Reset Password Administrator Joomla di cPanel

Bukan tidak mungkin kita lupa password login ke suatu website, termasuk ke halaman administrator website kita sendiri. Karena itu, pada panduan ini kami akan berbagi cara reset password administrator Joomla.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Joomla adalah salah satu CMS yang sempat populer ditahun 2010-an. Selain mudah proses instalasinya, Joomla juga memiliki banyak template dan modul gratis yang cukup lengkap. Tak heran, hingga kini Joomla menjadi salah satu CMS rekomendasi untuk membuat website company profile atau portofolio sederhana.

Di panduan ini, kami akan berbagi cara reset password administrator Joomla dari cPanel. Setidaknya, ada 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan reset. Berikut langkahnya.

Cara 1. Reset Password Joomla melalui phpMyAdmin

Berikut adalah langkah-langkah melakukan reset password Joomla dari phpMyAdmin cPanel.

  1. Login ke cPanel.
  2. Dari menu cPanel, masuk ke menu phpMyAdmin. Seperti gambar di bawah ini.
menu phpmyadmin cpanel
  1. Cari nama database Joomla yang akan direset passwordnya. Jika Anda tidak tahu nama databasenya, silahkan kunjungi panduan untuk melihat nama database yang digunanakan. Setelah itu klik nama database tersebut untuk mengakses databasenya.
pilih database yang kita gunakan
  1. Silahkan pilih table prefix_users. Untuk prefix database pada tiap website akan berbeda-beda, namun anda bisa memilih table dengan nama prefix_users. Pada contoh, kami menggunakan table jos_users.

Catatan:

Yang dimaksud prefix adalah nama depan pada tiap table database. Contohnya kami memiliki table dengan nama jos_users, maka prefix database kami adalah jos_.

pilih table users
  1. Setelah menemukan nama user yang akan direset passwordnya, klik “Edit” atau gambar “Pensil” pada baris yang sama dari user yang akan direset passwordnya.
cara reset password joomla
  1. Untuk merubah password, pilih “MD5” pada kolom function dan masukkan password baru di sebelah kanannya. Klik “Go” untuk mengeksekusi.
reset password administrator joomla

Cara 2. Reset Password Joomla Melalui Softaculous

Selain melalui phpMyadmin, Anda bisa melakukan reset password melalui Softaculous Apps Installer. Berikut cara reset password Joomla melalui Softaculous.

  1. Login ke cPanel hosting anda.
  2. Klik menu ‘Softaculous apps installer’.
  3. Klik menu All installations.
  4. Pada instalasi Joomla domain Anda, klik tombol ‘Edit Details’.
  5. Pada kolom “admin account”, silahkan isi username yang akan di reset passwordnya, beserta informasi password yang baru.
Reset Password Joomla Melalui Softaculous

Setelah di reset, silahkan anda coba gunakan untuk login ke halaman administrator Joomla pada website Anda.

Demikian panduan reset password admin Joomla melalui cPanel. Silakan menghubungi support kami bila ada kendala dalam reset passwordnya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Rumahweb