Rumahweb Journal
Cara Reset Password Administrator VPS Windows Server

Cara Reset Password Admin VPS Windows Server

Setelah sebelumnya kami menjelaskan cara remote desktop protokol, pada artikel ini kami akan memberikan cara reset password admin VPS Windows untuk pengguna VPS Alibaba.

Sebelum masuk ke pembahasan cara reset passwordnya, kami akan menjelaskan tentang apa itu vps Windows dan keunggulannya. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian VPS Windows

VPS Windows merupakan sebuah Virtual Dedicated Server yang dikhususkan untuk menjalankan aplikasi berbasis Windows Server seperti APS.NET, MSSQL Database Server, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Layanan VPS Alibaba di Rumahweb menyediakan OS Linux dan Windows. Sistem Operasi Windows yang bisa Anda pilih di Rumahweb adalah Windows Server 2008 R2 dan 2012 R2.

Keunggulan menggunakan VPS OS Windows:

  1. VPS Windows lebih cocok untuk aplikasi spesifik seperti ASP Classic, ASP.net, MySQL, Cold Fusion, C#, VB Development dan MS Access.
  2. Mengoptimalkan kinerja website dengan traffic tinggi dan ingin memiliki akses penuh satu server.
  3. Lebih bebas mengelola semua software & environtment berbasis windows.
  4. Akses tanpa batas, bebas manage dan install software windows dalam server.

Alasan Melakukan Reset Password

Jika kita menggunakan Server Windows khususnya yang diakses melalui RDP (Remote Desktop Protocol), pastinya akan diminta untuk memasukkan username dan password. Hal ini wajib dilakukan karena untuk keamanan jaringan server yang bersifat public dan dapat diakses oleh siapa saja, maka wajib menggunakan password agar tidak digunakan orang lain secara sembarangan. Apalagi untuk akses server RDP, pastinya memiliki banyak pengguna jadi memerlukan banyak user dan password juga untuk menggunakan server.

Mereset password secara rutin merupakan salah satu antisipasi, agar akun kita lebih aman. Tidak hanya mengganti password login admin sistem operasi yang terhubung internet, tetapi jika Anda punya akun hosting, sosial media dan sebagainya yang menurut Anda sangat penting mungkin terdapat data atau informasi pribadi, disarankan dengan mereset password secara berkala dan tentunya menggunakan password yang kuat.

Cara reset password Administrator VPS Windows

  1. Pertama, silahkan Anda mengakses RDP terlebih dahulu sesuai dengan panduan berikut ini
Akses Login RDP
  1. Apabila sudah berhasil login ke halaman Remote Desktop Protocol, lalu klik tombol Icon Menu Windows pada bagian pojok kiri bawah.
Icon Menu Windows
  1. Pilih menu Server Manager, bisa menggunakan fitur search lalu ketikan Server Manager atau melalui tombol Windows Key.
Menu Server Manager
  1. Pada Server Manager, pilih menu Tools > Computer Management.
Menu Tools Computer Management
  1. Pada Computer Management klik Local Users and Groups > Users > pada tab sebelah kanan lalu > klik kanan pada nama user Administrator > Set Password.
Kotak Dialog Local Users and Groups
  1. Kemudian akan muncul kotak dialog Set Password for Administrator > Proceed.
Kotak Dialog Set Password for Administrator
  1. Lalu masukkan password Anda pada kolom New Password dan Confirm Password (password pada New dan Confirm harus sama dan minimal 3 karakter). Pastikan password yang baru mudah diingat, kemudian klik OK.
Kotak Dialog Set Password Baru
  1. Setelah masukkan password yang baru akan muncul notifikasi The password has been set.
Kotak Dialog Reset Password admin vps Berhasil

Demikian cara reset password Administrator VPS server OS Windows. Apabila Anda mengalami kendala atau kesulitan, silahkan hubungi support livechat pada halaman website kami.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Jan Laen Player

Menjadi dewasa itu tidak seindah apa yang kita pikirkan pada masa kecil.