Rumahweb Journal
Banner - Cara Backup dan Restore VPS dari Virtualizor

Cara Backup dan Restore VPS dari Virtualizor

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara backup dan restore VPS melalui halaman Virtualizor. Untuk mengikuti panduan ini, pastikan Anda sudah dapat mengelola layanan VPS dari panel virtualizor.

Namun sebelum kami bahas tentang cara backup dan restore VPS KVM di Rumahweb, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu backup dan manfaatnya. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Backup VPS

Backup adalah proses menduplikasi atau menyalin data/file dari sebuah perangkat ke penyimpanan sekunder. Backup memiliki dua tujuan utama, yaitu digunakan untuk mengembalikan data yang rusak atau hilang, serta mengembalikan data ke tanggal tertentu sesuai tanggal backup yang dipilih.

Pada layanan VPS KVM, backup dilakukan secara otomatis disisi server backup kami. Backup VPS berupa file kompresi yang berisi keseluruhan data yang ada di VPS, termasuk dengan konfigurasinya.

File backup VPS yang tersedia tidak dapat di restore secara partial, melainkan di restore dalam bentuk full. Sehingga seluruh data dan konfigurasi yang ada di VPS, akan kembali sesuai dengan tanggal backup yang digunakan untuk proses restorenya.

Kapan VPS sebaiknya di Backup?

Rumahweb melakukan 2 kali backup dalam seminggu pada layanan VPS KVM pelanggan. Apabila terjadi gangguan pada layanan VPS Anda, opsi melakukan restore dengan pilihan file backup yang tersedia bisa Anda lakukan. Namun demikian, melakukan backup tetap wajib Anda lakukan bilamana Anda ingin melakukan beberapa hal berikut:

  1. Install reinstall server VPS. 
  2. Melakukan perubahan di server VPS.

Dengan melakukan backup secara mandiri, Anda memiliki pilihan untuk melakukan restore VPS apabila terjadi kerusakan akibat perubahan yang Anda lakukan, atau Anda ingin mengembalikan data server VPS Anda sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa backup VPS ini hanya tersedia maksimal sebanyak 2 file backup terakhir. Sehingga bila Anda ingin membuat file backup yang baru, maka file backup baru akan menghapus backup dengan tanggal paling lama yang Anda miliki.  

Cara Backup VPS

Langkah-Langkah melakukan backup VPS KVM Rumahweb adalah sebagai berikut. 

  1. Login ke halaman Virtualizor VPS Anda.
  2. Klik menu list VPS , kemudian klik tanda panah.
backup vps kvm rumahweb
  1. Klik menu Backups.
backup mandiri vps kvm rumahweb
  1. Selanjutnya, silahkan klik tombol Backup Now.
cara backup dan restore vps kvm

Cara Restore Backup VPS

Restore adalah proses mengembalikan data sesuai dengan backup yang digunakan. Sama seperti backup, proses restore backup VPS juga dilakukan melalui halaman Virtualizor.

Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk melakukan restore di VPS KVM Rumahweb.

  1. Login ke halaman Virtualizor VPS Anda.
  2. Setelah itu klik menu list VPS dan klik tanda panah kekanan (warna biru) dibagian kanan baris layanan VPS Anda.
Manage VPS Virtualizor
  1. Pada halaman manage VPS, silahkan klik menu Backups seperti gambar berikut.
Pilih menu Backup
  1. Halaman Backups berisi list data backup yang tersedia untuk VPS Anda.
List backup VPS
  1. Jika list data backup sudah tersedia seperti gambar diatas, untuk melakukan restore cukup dengan klik tombol restore sesuai tanggal backup yang akan anda pilih.
  2. Setelah klik icon restore, akan ada konfirmasi restore backup serta informasi jika proses restore backup sudah berjalan seperti gambar berikut :
konfirmasi restore backup
proses restore sedang berjalan
  1. Setelah klik OK, maka anda akan diarahkan ke halaman manage VPS namun dalam mode Lock (terkunci) seperti berikut :
restore vps sedang berjalan

Selama proses restore berjalan, maka layanan VPS anda tidak dapat diakses sampai proses restore yang dilakukan sudah selesai.

Cara Melihat Task Restore

Untuk melihat progress restore yang sedang berjalan, Anda dapat masuk ke menu task pada halaman virtualizor. Di halaman tersebut, akan terlihat proses restorenya apakah masih berjalan atau sudah selesai.

melihat task restore

Setelah VPS selesai direstore, akan muncul informasi pada task dan Anda bisa masuk ke halaman Manage VPS untuk mengelola layanannya kembali. Anda juga bisa melakukan login ke VPS melalui SSH atau VNC, untuk memastikan proses restore telah selesai dilakukan.

Demikian artikel kami tentang cara restore backup di layanan VPS KVM Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Afiandhi Risky