Rumahweb Journal
Banner - Cara Rebuild VPS KVM Windows Melalui Virtualizor

Cara Rebuild VPS KVM Windows Melalui Virtualizor

Virtual Private Server atau yang disingkat menjadi VPS adalah mesin virtual yang dapat digunakan sebagai environment web server atau mail server. Pada layanan VPS, Anda memiliki kendali penuh atas konfigurasi hingga administratifnya. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah rebuild VPS. Dalam panduan ini, kami akan berbagi cara rebuild VPS KVM Windows melalui halaman Virtualizor.

Virtualizor adalah halaman administratif yang berfungsi untuk mengelola layanan VPS seperti akses VNC, melihat grafik penggunaan bandwidth, backup VPS dan juga rebuild OS VPS.

Anda dapat login ke halaman Virtualizor melalui Clientzone Rumahweb yang panduannya bisa dibaca pada artikel berikut.

Kapan rebuild VPS perlu dilakukan?

Ketika Anda membeli VPS Windows, secara otomatis VPS akan aktif dengan sistem operasi Windows yang telah Anda pilih pada saat pemesanan. Namun, jika Anda mengalami masalah dalam mengelola VPS atau ingin mengganti versi sistem operasi Windows, maka Anda dapat melakukan rebuild VPS.

Rebuild adalah proses mengembalikan VPS ke kondisi (konfigurasi) awal atau melakukan instalasi ulang sistem operasi pada VPS. Rebuild VPS perlu dilakukan dalam beberapa situasi, antara lain:

  • Perubahan konfigurasi
  • Masalah sistem operasi
  • Pembaruan versi sistem operasi
  • Pembersihan dan pemulihan
  • Keamanan

Dalam panduan ini, kami akan berbagi cara rebuild VPS KVM untuk sistem operasi Windows melalui halaman virtualizor.

Efek rebuild VPS

Sebelum rebuild dilakukan, perlu diperhatikan bahwa rebuild VPS akan berefek pada pemformatan disk VPS dan menginstal OS baru di VPS. Proses rebuild akan menghapus seluruh data pada VPS.

Untuk itu, pastikan Anda telah membuat backup seluruh data VPS dan mengunduh ke Drive pribadi, misalnya di Komputer/Local PC, atau simpan di layanan penyimpanan data yang Anda miliki.

Setelah proses rebuild VPS atau reinstall OS selesai dilakukan, Anda bisa menginstal kembali aplikasi yang dibutuhkan dan mengupload ulang data-datanya.

Cara rebuild VPS KVM Windows

Berikut ini cara rebuild VPS KVM Windows melalui halaman Virtualizor.

  1. Login ke Clientzone Rumahweb. Pada sidebar sebelah kiri, terdapat list layanan yang tersedia di Rumahweb, salah satunya adalah VPS. Pilih menu VPS, lalu klik manage untuk melihat list layanan VPS yang digunakan.
manage layanan vps rumahweb
  1. Klik tombol manage VPS untuk mulai mengelola VPS.
manage vps rumahweb
  1. Klik tanda panah -> untuk masuk ke KVM Panel. Jika Anda berlangganan banyak VPS, pastikan anda login ke KVM Panel VPS yang benar. Untuk memastikannya, Anda bisa melihat kolom hostname seperti gambar berikut.
login kvm panel rumahweb
  1. Masuk ke menu install lalu pilih tab reinstall OS. Setelah itu pilih version OS Windows yg ingin digunakan. JIka version OS sudah dipilih, kemudian masukkan password dan retype password. Pastikan menggunakan kombinasi password yang kuat agar lebih aman. Setelah itu klik reinstall untuk memulai proses reinstall OS.
cara rebuild vps kvm windows

Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai. Jika muncul pesan sukses/berhasil, maka artinya VPS telah berhasil di rebuild/reinstall.

Demikian panduan rebuild VPS KVM Windows melalui Vitualizor, semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.