Rumahweb Journal
Banner - Cara Menghapus SPAM Komentar di WordPress

Cara Menghapus SPAM Komentar di WordPress

Pernahkah Anda mendapatkan puluhan bahkan ratusan komentar pada website secara bersamaan? Bisa jadi, website Anda terkena spam comment. Lalu, apa itu spam komentar dan bagaimana cara menghapus spam komentar di WordPress?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus spam komentar di WordPress, seperti melalui plugin hingga melalui phpMyAdmin. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu spam komentar hingga cara menghapusnya secara mudah.

Apa itu SPAM Komentar?

SPAM adalah singkatan dari Sending and Posting Advertisement in Mass, yang berarti tindakan penyalahgunaan layanan pesan elektronik yang dilakukan secara massal, yang didalamnya terkandung konten dengan maksud dan tujuan negatif.

Salah satu bentuk dari SPAM adalah spam comment atau spam komentar, yaitu komentar yang dikirimkan secara otomatis oleh program atau bot ke situs web Anda dengan tujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau situs web lain.

Biasanya, spam komentar akan berisi tautan atau link yang tidak relevan dengan topik postingan Anda dan seringkali juga tidak relevan dengan konten situs web Anda secara keseluruhan.

Untuk menghindari spam komentar, WordPress telah menyediakan beberapa fitur seperti Captcha hingga disable komentar di halaman tertentu.

Mengenal Status Comment di WordPress

Ada beberapa status komentar di WordPress, seperti;

1. Approved comments – WordPress telah mendeteksi bahwa komentar ini adalah komentar nyata, dan dapat segera disetujui.
2. Pending comments – Menunggu persetujuan dari admin.
3. Spam comments – Jika Anda memiliki Akismet akan sangat membantu mendeteksi komentar yang dianggap sebagai spam.

Lalu, bagaimana cara menghapus spam komentar jika jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan?

Cara menghapus spam komentar di WordPress

Beberapa comment spam di WordPress bisa dengan mudah Anda hapus melalui halaman dashboard di menu comments >> SPAM. Penghapusan melalui halaman ini dilakukan secara manual.

Pertanyaannya, bagaimana jika ada ribuan comment spam yang masuk? Apakah harus dihapus satu persatu? Ada cara lain yang lebih efisien untuk menghapus semua komentar dalam satu waktu, yaitu melalui Database. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Klik menu phpMyAdmin seperti pada gambar berikut.
menu phpmyadmin
  1. Pada halaman phpMyAdmin. Pilih database blog WordPress Anda dengan mengkliknya disebelah kiri. Anda akan melihat daftar tabel dalam database tersebut.

    Selanjutnya, klik menu “SQL” lalu jalankan perintah berikut:
DELETE from wp_comments WHERE comment_approved = '0';

Keterangan:

  • wp_comments adalah nama table. Nama table di database bisa berbeda-beda setiap website, tergantung dari prefix yang digunakan. Misal prefix table menggunakan “wpl2_” maka nama tabelnya akan menjadi wpl2_comments. Untuk hal ini, silahkan disesuaikan dengan masing-masing prefix database Anda.
  • Nilai comment_approved = ‘0’ menandakan bahwa komentar yang akan dihapus adalah comment yang belum di approve. Untuk menghapus comment yang sudah dihapus, silahkan ubah nilainya dari 0 menjadi 1.

Peringatan:

Pastikan Anda benar-benar paham tentang instruksi diatas. Jika Anda ragu-ragu atau kurang yakin, kami sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum menjalankan perintah querynya.
cara menghapus spam komentar di wordpress melalui phpmyadmin
  1. Klik “Go” agar perintah SQL diatas mulai dijalankan. Apabila berhasil maka akan ada pesan sukses seperti gambar berikut ini:
query telah di eksekusi
  1. Kembalilah login ke halaman admin WordPress, dan bisa Anda cek apakah spam komentar sudah terhapus secara keseluruhan atau belum.

Bagaimana cara menghindari SPAM komentar?

Ada setidaknya dua cara yang bisa Anda lakukan, agar terhindar dari spam komentar di WordPress. Berikut solusinya :

1. Pasang Captcha

Captcha adalah singkatan dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart” yang dibuat untuk membedakan antara mesin (bot) dan manusia.

Captcha digunakan untuk memvalidasi, apakah yang mengisi form pada website itu berupa manusia atau bot. Dengan adanya fitur Captcha, resiko website terkena spamming yang dapat mengganggu website akan menjadi sangat kecil.

Selengkapnya bisa Anda baca di artikel: Cara Memasang Captcha di WordPress

2. Disable Form Komentar

Solusi lainnya adalah melakukan disable pada form komentar. Opsi ini bisa Anda pilih, jika website Anda digunakan untuk personal, organisasi, sekolah hingga company profile yang tidak membutuhkan komentar.

Informasi selengkapnya tentang disable komentar di WordPress bisa Anda pelajari melalui artikel: cara menonaktifkan komentar di WordPress

Demikian artikel kami tentang cara menghapus spam komentar di WordPress dengan cepat. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Rumahweb