Rumahweb Journal
Cara Mengatasi err_cache_miss di Google Chrome

Cara Mengatasi err_cache_miss di Google Chrome

Pernahkah Anda mengalami error ERR_CACHE_MISS saat mengakses sebuah situs web, terutama ketika situs tersebut diakses menggunakan browser berbasis Chrome?

Tentu saja, hal ini cukup mengganggu, terutama jika situs web yang Anda akses adalah situs web Anda sendiri. Lalu, apa sebenarnya penyebab dan cara mengatasi error err_cache_miss? Dalam artikel ini, kami akan membahasnya secara detail.

Apa itu err_cache_miss

ERR_CACHE_MISS adalah pesan error yang biasanya muncul di browser yang berbasis Chrome. Error ini akan muncul ketika browser tidak dapat menemukan file cache yang diperlukan untuk menampilkan sebuah halaman website.

Biasanya, error ini muncul saat ada aktivitas seperti pengisian formulir yang mengalami timeout. Cache sendiri adalah data sementara yang disimpan untuk meningkatkan kinerja situs web atau aplikasi.

Data sementara ini diperoleh dari interaksi pengguna dengan situs web atau aplikasi, dan disimpan di penyimpanan internal perangkat atau browser. Informasi lebih lanjut tentang cache dapat Anda temukan di tautan ini. Di bawah ini adalah contoh tampilan yang muncul saat Anda menghadapi masalah tersebut.

contoh tampilan err_cache_miss

Penyebab err_cache_miss

Sesuai informasi diatas, penyebab utama kendala ini disebabkan karena browser tidak menemukan cache pada website yang diakses. Selain itu, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan error ERR_CACHE_MISS terjadi pada chrome.

1. Cache yang bermasalah

Sesuai dengan pesan errornya, penyebab utama berasal dari sisi cache. File cache yang corrupt atau penuh akan dapat menyebabkan error ini muncul.

2. Ekstensi browser

Faktor lain penyebab error ini berasal dari ekstensi pada browser yang digunakan. Ekstensi browser yang sudah tidak kompatible atau extensi yang memiliki bug tentunya akan berpengaruh ketika anda mengakses ke sebuah website.

3. Pengaturan network yang digunakan

Faktor lain yang dapat menyebabkan error tersebut adalah pengaturan jaringan yang digunakan. Pengaturan DNS yang tidak tepat pada jaringan bisa menyebabkan kendala dalam mengakses situs web. Selain itu, koneksi internet yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab error ini terjadi.

4. Masalah pada server website

Faktor lain yang dapat menyebabkan masalah ini adalah dari sisi server yang digunakan. Kendala dari sisi server bisa terjadi jika server juga menggunakan sistem cache pada web server yang digunakan tidak berjalan dengan baik, sehingga file cache tidak sesuai dan menyebabkan error.

Mengatasi kendala err_cache_miss

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab error err_cache_miss, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi error ERR_CACHE_MISS tersebut:

1. Muat Ulang Halaman

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala ini adalah dengan melakukan reload pada browser yang digunakan. Untuk melakukan reload, anda dapat menekan tombol ctrl+F5 secara bersamaan di keyboard. Langkah lainnya dengan klik tombol reload di browser yang anda gunakan untuk mengakses website.

2. Periksa Koneksi Internet

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan di sisi koneksi internet yang diguanakn. Pastikan koneksi internet yang anda gunakan stabil. Apabila koneksi internet yang anda gunakan tidak stabil, anda dapat mencoba untuk melakukan restart pada modem atau router koneksi internet yang digunakan.

3. Hapus Cache dan Data Browsing

Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus cache pada browser chrome yang anda gunakan. Untuk menghapus cache anda dapat mengikuti panduan di link ini. Disarankan untuk melakukan penghapusan cache secara berkala, agar file cache yang tersimpan tidak menumpuk.

4. Nonaktifkan Ekstensi Browser

Langkah selanjutnya adalah anda dapat mencoba melakukan penonaktifan pada ekstensi browser yang digunakan. Ekstensi browser merupakan salah satu penyebab kendala ini bisa terjadi.

Anda dapat mencoba menonaktifan ekstensi pada browser yang digunakan, untuk memastikan ekstensi sebagai penyebab kendala. Pastikan anda hanya menggunakan ekstensi yang benar-benar diperlukan saja.

5. Update Chrome

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan update pada browser chrome yang anda gunakan. Pastikan anda selalu menggunakan versi Chrome yang terbaru. Untuk melakukan update sangat mudah, anda dapat membuka menu Settings > Help > About Google Chrome.

Selanjutnya browser Chrome akan secara otomatis memeriksa update dan menginstalnya. Setelah proses update selesai anda biasanya akan diminta untuk melakukan restart pada browser Chrome yang digunakan.

6. Ubah Pengaturan DNS

Langkah selanjutnya adalah anda dapat mencoba melakukan perubahan pada sisi DNS resolver di peranglat yang digunakan. Anda dapat mengubah DNS resolver anda ke DNS resolver public.

Contoh DNS resolver publik yang banyak digunakan diantaranya DNS resolver Google, OpenDNS, dan Cloudflare. Untuk melakukan perubahan pada setting DNS resolver, anda dapat mengikuti panduan di link ini.

7. Reset Pengaturan Chrome

Apabila langkah-langkah diatas tidak berhasil mengatasi kendala ini, anda dapay melakukan reset pengaturan Chrome ke default.

Untuk mengembalikan pengaturan Chrome ke default anda dapat membuak menu Settings > Advanced > Reset and clean up > Restore settings to their original defaults. Klik Reset settings.

Demikian artikel kami tentang mengatasi error err_cache_miss pada browser Google chrome. Semoga artikel ini dapat menambah informasi anda dan membantu anda untuk mengatasi kendala tersebut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.