Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengatasi dns_probe_finished_nxdomain Pada Browser

Cara Mengatasi dns_probe_finished_nxdomain Pada Browser

Pernahkah anda mendapati tiba-tiba website anda gagal akses dan menampilkan error dns_probe_finished_nxdomain? Lalu, apa sebenarnya error tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Sesuai dengan errornya, kendala akses tersebut dikarenakan kegagalan perangkat yang digunakan dalam menemukan DNS pada domain yang digunakan. Penyebab kendala ini bisa berasal dari kesalahan konfigurasi di sisi domain atau adanya masalah DNS di perangkat yang digunakan.

Saat anda menginputkan sebuah alamat website, maka sistem DNS pada perangkat anda akan merequest informasi ke nameserver yang terdaftar di internet untuk mengetahui IP yang digunakan oleh domain tersebut. Ketika IP webserver domain tidak ditemukan oleh sistem DNS perangkat anda, maka browser akan menampilkan feedback dengan pesan dns_probe_finished_nxdomain atau sejenisnya, tergantung dari browser yang anda gunakan.

error DNS chrome dns_probe_finished_nxdomain

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit dan Rumit. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan

Melakukan Flush DNS

Kebanyakan kasus dns_probe_finished_nxdomain berasal dari sisi DNS server dari perangkat yang digunakan. Terkait hal tersebut maka anda bisa melakukan release dan renew IP dengan tujuan agar perangkat mendapat IP baru, dan juga melakukan DNS flush pada perangkat yang digunakan. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi command prompt (cmd) di windows anda. Caranya silahkan tekan tombol windows dan r secara bersamaan, kemudian ketikkan cmd.

run cmd

Setelah jendela command prompt muncul silahkan ketikkan perintah “ipconfig /release”. Perintah tersebut untuk melihat IP yang digunakan saat ini.

ip config release command

Kemudian silahkan ketikkan perintah “ipconfig /flushdns”. Perintah ini bertujuan untuk membersihkan cache DNS yang tersimpan di perangkat anda.

flush DNS command

Kemudian langkah selanjutnya adalah menambahkan kembali IP pada perangkat yang digunakan dengan menggunakan perintah “ipconfig /renew”.

renew IP command

Sampai disini seharusnya perangkat sudah mendapatkan IP yang baru. Silahkan dicoba kembali untuk mengakses website anda.

Restart DNS Client Service

Jika setelah melakukan langkah diatas, namun website masih belum dapat terakses maka kita bisa coba mengatasinya dengan menggunakan cara yang lain, yaitu merestart DNS client service pada perangkat yang digunakan. Berikut langkahnya

Masih di halaman command prompt, silahkan menjalankan perintah berikut:

net stop dnscache
net start dnscache

Mengubah DNS perangkat dengan DNS lain

Apabila setelah menjalankan langkah tersebut, kendala masih belum teratasi maka bisa melakukan cara lain yaitu dengan mengubah DNS pada perangkat anda dengan DNS lain seperti google atau cloudflare. Untuk langkahnya bisa anda lihat di link ini.

Apabila anda menggunakan perangkat mobile anda dapat mengubah DNS dari setting perangkat jaringan yang digunakan. Berikut langkahnya

Silahkan membuka menu setting kemudian pengaturan jaringan. kemudian pilih opsi Private DNS.

private DNS menu android

Kemudian pilih Private DNS provider hostname, dan apabila anda ingin menggunakan DNS google silahkan masukan “dns.google”, kemudian klik save.

Private DNS setting android

Sebagai informasi, menu tersebut adalah menu perubahan DNS yang terdapat di perangkat android yang kami gunakan. Letak menu bisa berbeda sesuai dari merk perangkat yang digunakan.

Mengatur ulang chrome flag browser

Langkah lain yang bisa dilakukan apabila masih mengalami kendala tersebut, terutama di browser google chrome anda dapat coba melakukan setting ulang chrome flags pada browser chrome yang digunakan. Apabila menggunakan google chrome di perangkat computer atau laptop, silahkan ketikkan “chrome://flags/” di address bar chrome yang digunakan. Kemudian klik reset all.

chrome flag pc

Apabila anda menggunakan browser chrome di perangkat mobile android caranya sama, yaitu dengan menegtikkan “chrome://flags/” pada address bar di google chrome, dan klik reset all.

chrome flags android

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kendala dns_probe_finished_nxdomain. Semoga bisa memecahkan masalah anda mengenai kendala ini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Syahrizal Widiarto