Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Cara Menambahkan Kode Pada Header atau Footer WordPress

Pada saat Anda sedang mengintegrasikan website ke Facebook Pixel, Google Analytics, Google Adsense, dan sebagainya, Anda akan diminta untuk menambahkan kode verifikasi pada Header atau footer website.

Bagi pengguna Blogspot, untuk menambahkan kode pada header atau footer dapat dibilang cukup mudah, karena hanya perlu melakukan paste di satu tempat saja yaitu Theme dengan cara Edit HTML. Lalu Bagaimana jika website yang Anda bangun menggunakan WordPress?

Pada kesempatan kali ini Rumahweb akan membahas bagaimana menambahkan kode pada header atau footer di WordPress. Berikut panduannya,

Menambahkan Kode Secara Manual

Untuk menambahkan kode secara manual pada WordPress dilakukan dengan cara edit file header.php atau footer.php.

Untuk edit file tersebut dilakukan melalui halaman Dashboard admin WordPress di menu Appereance > Theme Editor seperti gambar berikut,

Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress - Theme editor

Setelah masuk ke menu Theme Editor, akan tampil popup notifikasi yang berisi peringatan Bahwa Anda akan melakukan perubahan pada file tema yang digunakan. Silahkan Klik “I Understand” untuk melanjutkan.

Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress - konfirmasi

Sebelum melakukan edit file header.php atau footer.php kami menyarankan untuk melakukan Backup file tersebut terlebih dahulu.

Setelah berhasil masuk ke menu Theme Editor, silahkan masuk ke tab Theme Header untuk menambahkan kode pada header.

Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress - edit header

Pada text editor akan tampil isi dari file header.php, Silahkan anda menempatkan kode diantara tag <head> dan </head> dan klik Update File jika sudah selesai menambahkan. Seperti gambar berikut,

Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress - edit footer

Begitupun Jika diminta menambahkan kode pada Footer. Silahkan masuk ke tab Theme Footer, dan tambahkan kode diatas tag </Body>.

Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress - tambah kode footer

Menambahkan Kode menggunakan Plugin

Selain menambahkan kode secara manual dengan cara langsung edit file header.php atau footer.php, Anda juga dapat menambahkan kode menggunakan Plugin.

Plugin yang digunakan pada panduan ini adalah Insert Header and Footers. Untuk melakukan instalasi plugin dapat dilakukan melalui Dashboard admin WordPress > Plugins > add new, lalu di kolom pencarian ketik Insert Header and Footers seperti gambar berikut,

Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress - install plugin

Setelah berhasil melakukan instalasi dan mengaktifkan Plugin tersebut. Untuk menambahkan kode dapat dilakukan melalui Settings > Insert Header and Footer.

Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress - setting kode header footer

Silahkan Anda meletakkan kode di kolom yang tersedia pada halaman setting, dan klik Save untuk menyimpan perubahan.

Demikian panduan Cara menambahkan kode pada Header atau Footer WordPress, selamat mencoba. Jika ada kendala pada saat melakukan penambahan kode silahkan menghubungi kami melalui Livechat, email, ataupun telefon.

Tinggalkan Komentar

Wahid Husain

Blog Competition