Rumahweb Journal
Cara Cek IP Public di Linux

Cara Cek IP Public di Linux Melalui Terminal

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, untuk mengetahui IP public dari koneksi yang kita gunakan. Seperti akses langsung ke website yang menyediakan tools IP public checker, hingga bisa dilakukan melalui SSH. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara cek IP public di Linux melalui terminal.

Namun sebelum membahas cara cek IP public di linux, kami akan mengulas sedikit tentang apa itu IP public. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu IP Public?

IP Public adalah alamat IP yang didapatkan jika komputer atau perangkat anda terhubung dengan koneksi internet dari sebuah ISP. IP public digunakan dalam jaringan internet global, yang penggunaannya diatur oleh IANA.

Detail informasi tentang IP public bisa anda baca pada artikel : Apa Itu IP Public? Pengertian dan Cara Pengecekannya.

Pada OS Windows, Anda bisa mengecek ip public melalui cmd. Sedangkan bagi anda pengguna OS linux, anda bisa cek ip public melalui terminal menggunakan perintah “dig”.

DIG adalah singkatan dari Domain Information Groper yang merupakan perintah untuk merequest informasi tentang DNS name server. Dengan perintah dig, anda bisa mengecek informasi record seperti A, cname hingga semua informasi DNS pada sebuah domain. Selain itu, perintah dig juga bisa digunakan untuk cek IP public pada koneksi yang kita gunakan.

Cek IP Public di Linux

Berikut adalah langkah-langkah mengetahui IP Public menggunakan SSH ;

Step 1. Buka Aplikasi Terminal

Terminal adalah aplikasi bawaan yang tersedia di dalam setiap sistem operasi UNIX (Mac OS, Linux, BSD dan lain-lain). Anda bisa mencari dan membuka aplikasi Terminal.

Step 2. Jalankan perintah dig

Ada dua opsi perintah dig untuk mengetahui IP Publik dari koneksi yang digunakan:

dig +short myip.opendns.com @resolver1.opendns.com

atau menggunakan perintah:

dig TXT +short o-o.myaddr.l.google.com @ns1.google.com

Berikut contoh hasil dari pengecekan:

Cara cek IP Public Melalui Terminal

Demikian panduan untuk pengecekan IP Publik menggunakan command line aplikasi Terminal. Apabila ada langkah yang kurang jelas atau mengalami kendala, silahkan menghubungi tim Technical Support kami untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Dodong Priyambodo

Penggemar Ubuntu.