Rumahweb Journal
Cara-Membuat-Akun-cPanel-melalui-WHM

Cara Membuat cPanel di WHM

WHM adalah singkatan dari WebHost Manager, yang merupakan control panel server untuk mengelola layanan VPS dengan lisensi cPanel. Di panduan kali ini, kami akan berbagi tutorial WHM yaitu cara membuat cPanel di WHM secara mudah.

Seperti yang diketahui bersama, Kita bisa memesan layanan VPS murah disertai dengan lisensi cPanel. Hal ini bertujuan, agar kelola VPS jauh lebih mudah karena memiliiki tampilan (GUI) yang user friendly sekaligus dilengkapi dengan fitur yang sangat lengkap.

Bagi Anda yang baru beralih dari layanan shared hosting ke VPS, kami sarankan agar Anda memesan VPS dengan control panel, agar nantinya memudahkan Anda dalam mengelola server.

Di panduan kali ini, kami akan berbagi cara membuat akun cPanel di WHM secara mudah. Namun sebelum masuk ke pembahasan, kami ajak terlebih dahulu untuk memahami apa itu WHM. Berikut informasinya.

Apa itu WHM?

WebHost Manager atau yang disingkat menjadi WHM adalah control panel yang digunakan untuk mengelola VPS cPanel. WHM bisa disebut juga sebagai admin dari cPanel. Dengan WHM, kita dapat membuat akun cPanel, melakukan konfigurasi firewall di server hingga menjual kembali account cPanel kepada pelanggan Anda.

Selain fungsi diatas, WHM juga memiliki beberapa fungsi lain seperti create account hosting, dns, email service, firewall, database, dns cluster dan masih banyak lagi.

Informasi lebih lengkap tentang apa itu WHM bisa Anda pelajari melalui artikel: Apa Perbedaan Antara cPanel dan WHM?

Cara buat cPanel di WHM

Setelah mengetahui apa itu WHM, selanjutnya kita akan belajar membuat cPanel di WHM. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan Anda login dulu ke account WHM melalui alamat https://ipvpsanda:2087 atau https://ipvpsanda/whm menggunakan username dan password VPS Anda.

    Apabila muncul peringatan Your connection is not private, jangan kawatir hal ini disebabkan karena ssl yang digunakan memakai selfsign. Silakan klik tombol Advanced > lalu klik Proceed (unsafe)
login ke halaman WHM
  1. Cari menu Create a New Account dikolom pencarian atau langsung dari menu Favorites, seperti gambar dibawah ini.
membuat akun cPanel di WHM
  1. Kemudian akan muncul form dibawah ini, isikan sesuai dengan domain yang akan dibuat.
create akun cPanel di WHM

Keterangan:

  • Domain : panduanwordpress.my.id (isi nama domain Anda)
  • Username : pandwp2023 [akan terisi otomatis / bisa diganti sendiri]
  • Password : gunakan kombinasi antara huruf besar, kecil, angka dan tanda baca
  • Email : [email protected] (ini alamat email Anda)

Sampai tahap ini, proses pembuatan akun cPanel di WHM telah selesai. Namun apabila Anda ingin menjual akun cPanel ke user Anda, maka Anda bisa melakukan pengaturan pada Package Account. Berikut langkah-langkahnya.

Setting Package cPanel

Bagi Anda yang ingin mengatur package account cPanel (seperti jumlah addon, disk space, jumlah database dan lainnya) Anda bisa melanjutkan create account cPanel tersebut di menu Package. Langkahnya sebagai berikut.

  • Pilih Choose a Package jika sebelumnya sudah Anda buat. Checklist Select Options Manually jika ingin mengatur package secara manual.
Package account hosting di whm
  • Kemudian klik Create. Setelah itu tunggu sampai proses selesai dan akan muncul notifikasi Account Creation Status: ok (Account Creation Ok) pastikan semua centang hijau.
cara membuat akun cPanel pada WHM VPS

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai package hosting didalam WHM, silakan mengunjungi artikel berikut ini: Membuat Hosting Sendiri di WHM

Sampai disini Akun cPanel Anda sudah berhasil dibuat. Selanjutnya silakan pointing dns domain Anda ke VPS.

Penutup

WHM adalah control panel server yang dapat digunakan untuk mengelola VPS cPanel. Dengan WHM, kita dapat membuat cPanel hingga mengatur firewall server dengan lebih mudah.

Untuk membuat cPanel di WHM dapat dilakukan pada menu Create a New Account, lalu Anda bisa mengisi informasi cPanel yang dibutuhkan. Tidak hanya membuat untuk account cPanel sendiri, Anda juga bisa membuat cPanel untuk dijual kembali kepada pelanggan Anda. Anda bisa mengatur jumlah domain addon, subdomain hingga limit space pada hosting.

Demikian artikel kami tentang cara buat cPanel di WHM, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain .COM 100rb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)