Rumahweb Journal
Cara Membuat Absen di Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Absen di Google Form Dengan Mudah

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan cara membuat google form. Kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat absen di Google Form dengan mudah. Simak selengkapnya panduan ini sampai akhir ya.

Apa itu Google Form

Google Form adalah layanan untuk membuat survei atau kuesioner online yang disediakan oleh Google. Google Form digunakan secara luas karena cara membuat Google Form yang tergolong simpel dan mudah

Tidak hanya sampai disitu, google form juga dilengkapi dengan fitur-fitur customize lainnya yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah formulir sesuai kebutuhan. Bahkan, pada masa pandemi seperti ini, istilah google form kian melejit karena kerap kali dijadikan platfom penunjang bagi kebutuhan banyak orang. Salah satunya adalah untuk absensi online.

Fitur didalamnya memungkinkan Anda untuk membuat form absensi yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Kelebihan Google Form untuk absen online

Absensi adalah suatu kegiatan atau rutinitas untuk membuktikan dirinya hadir atau tidak hadir dalam bekerja disuatu instansi. Absensi ini berkaitan dengan penerapan disiplin yang ditentukan oleh masing-masing perusahaan atau institusi.

Dari Google Form Anda dapat membuat absensi dengan cara yang cukup mudah. Berikut adalah kelebihan dari Google Form untuk absesensi online :

  1. Menghemat pengeluaran. Dengan menggunakan Google Form yang dibuat dan dibagikan secara online, Anda tidak perlu lagi mencetak absensi menggunakan kertas. Dengan demikian, Anda dapat menghemat penegeluaran berupa kertas dan tinta.
  2. Menghemat waktu dan tenaga. Google Form dapat dibagikan melalui email atau link kepada orang lain.
  3. Data tersimpan secara aman. Form absensi yang Anda buat akan disimpan di Google Drive milik Anda. Karena tersimpan di Google Drive, Anda tidak perlu takut data Anda hilang atau terhapus

Cara membuat Absensi dari Google Form

  1. Buka Google Form, Anda dapat membuka google form dengan link berikut: docs.google.com/forms
Cara Membuat Absen di Google Form image pertama
  1. Membuat formulir baru. Untuk membuat formulir baru anda cukup mengklik tombol + atau pilih opsi formulir kosong (Blank), setelah memilih formulir baru akan tampil seperti berikut : 
Tampilan editing google form
  1. Isi judul dan deskripsi, Anda dapat mengisi judul dan deskripsi formulir sesuai dengan kebutuhan anda. Caranya cukup klik pada tulisan “formulir tanpa judul / Untitled form” dan “deskripsi formulir / Form Description”.
Membuat judul Google Form
  1. Pilih Multiple coice grid, isi nama kolom dan isi row dengan nama peserta. Isi pilihan dengan keterangan daftar hadir seperti “hadir, izin, sakit dll”. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur “Wajib diisi / require a response in each row ”
Edit isi kolom Google Form
  1. Klik kirim, setelah selesai membuat kolom, klik “Kirim” pada bagian atas formulir untuk membuat link.
Tombol kirim untuk membagikan
  1. Klik pada “icon link” yang terletak ditengah, kemudian klik “perpendek link” dan “Salin link” dan Maka link akan otomatis tersalin, dan Anda bisa langsung membagikannya
Tampilan link untuk di bagikan

Melihat hasil absensi

Anda bisa melihat hasil absensi pada Google form, melalui link yang telah disediakan setelah pembuatan absensi selesai.

Panduan melihat hasil Google formnya bisa dilihat pada halaman berikut: Cara Melihat Hasil Google Form

Demikian cara membuat absensi menggunakan Google Form, mudah bukan ? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.2 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Akbar Wirabattana