Cara Install WordPress Secara Manual Melalui cPanel

WordPress adalah salah satu CMS paling populer yang digunakan oleh banyak desainer website saat ini. Selain cara install WordPress yang tergolong sangat mudah, dukungan theme, plugins serta bantuan forum yang melimpah membuat WordPress saat ini menjadi CMS favorit dan menduduki posisi pertama dalam market share CMS di seluruh dunia.

Selain beberapa faktor di atas, alasan lain WordPress menjadi CMS favorit adalah mudahnya proses instalasi dan maintenance. Apabila Anda memiliki hosting dengan akses cPanel, WordPress bisa diinstalasi secara otomatis melalui menu Softaculous Apps Installers. Anda hanya cukup memasukkan beberapa data, kemudian klik Install dan semuanya beres. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel yang pernah kami tulis sebelumnya tentang installasi WordPress menggunakan Softaculous.

Namun dalam beberapa kasus, mungkin server Anda tidak dilengkapi fitur Softaculous di dalamnya. Contohnya adalah ketika Anda memakai layanan VPS Hosting dengan cPanel, tetapi tidak membeli lisensi Softaculous. Apabila demikian, maka untuk proses instalasi WordPress harus dilakukan secara manual. Berikut adalah langkah-langkah cara install wordpress manual bagi Anda penggunakan cPanel.

1. Login ke cPanel, kemudian membuat database dan user database yang akan dipergunakan oleh CMS WordPress. Untuk proses pembuatan database dan user database di cPanel, Anda dapat mengikuti artikel yang pernah kami tulis sebelumnya tentang  membuat database di account hosting Rumahweb.

2. Langkah selanjutnya, unduh file installer WordPress dari situs wordpress.org. Setelah selesai, unggah file installer ke dalam public_html. Berikut ini panduan cara upload file website di cPanel hosting Rumahweb.

3. Setelah selesai diunggah, klik kanan pada file installer WordPress, kemudian klik Extract.

4. Setelah selesai, akan muncul folder WordPress. Masuk ke dalam folder tersebut dengan klik 2 kali.

5. Setelah masuk ke dalam folder WordPress, block semua file dan folder di dalamnya dengan mengklik tombol Select All, kemudian klik kanan dan pilih Move.

6. Pada opsi ‘Enter the path you want to move this file to’, pilih public_html/  .

7. Buka tab baru di browser, dan akses nama domain milik Anda. Selanjutnya, akan muncul pilihan bahasa. Anda bisa memilih English kemudian klik Continue.

8. Akan muncul halaman konfirmasi, klik ” Let’s go! ”

9. Berikutnya Anda diminta memasukkan konfigurasi database. Silahkan masukkan database, user database, dan password database yang sudah Anda  buat pada langkah nomor 1 diatas.

10. Berikutnya, akan tampil halaman konfirmasi. Klik tombol “Run the installation. ”

11. Langkah selanjutnya, Anda diminta memasukkan judul website, username administrator, password administrator dan email instalasi. Isikan sesuai dengan keinginan Anda. Untuk bagian password isikan dengan kombinasi password yang kompleks dan aman.

12. Instalasi selesai, untuk memulai menulis artikel dan melakukan perubahan tampilan, bisa dilakukan dari halaman Administrator WordPress, yang bisa diakses dari alamat login : namadomain.com/wp-admin (namadomain.com diganti dengan nama domain milik Anda).

Demikian artikel proses Instalasi WordPress secara manual dari cPanel. Apabila mengalami kesulitan bisa menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk bantuan lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar