Rumahweb Journal
Banner - Cara Install SSL Let's Encrypt di Nginx Ubuntu

Cara Install SSL Let’s Encrypt di Nginx Ubuntu

SSL Let’s Encrypt menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin menginstall SSL secara gratis pada website. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara install SSL Let’s encrypt di Nginx pada layanan VPS Ubuntu.

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, beragam aktivitas yang dulu hanya bisa dilakukan secara offline, kini bisa dijalankan secara online. Hanya bermodal smartphone dan koneksi internet, kini Anda bisa mengirimkan uang, berbelanja dan membayar tagihan secara online, tanpa perlu keluar rumah dan mengantre.

Melalui genggaman tangan, kini Anda bisa melakukan hampir segala hal tanpa perlu mengluarkan banyak keringat. Mobile banking, marketplace, food delivery, transportasi, portal layanan, dan masih banyak lagi layanan online yang bisa Anda nikmati hanya dengan menyentuh layar smartphone.

Meskipun semua layanan itu memudahkan hampir segala urusan, tanpa Anda sadari, ada informasi pribadi yang dikirimkan setiap kali transaksi online terjadi. Username dan password, saldo perbankan, dan data-data sensitif lain dikirimkan secara online setiap hari.

Supaya data-data sensitif itu bisa dikirimkan secara aman, diperlukan sebuah protokol yang mampu mengenkripsi data-data itu, sehingga tidak mudah disadap dan dibaca oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Salah satu protokol keamanan yang kini digunakan secara luas untuk enkripsi data online adalah SSL.

Mengenal Let’s Encrypt SSL

Let’s Encrypt adalah Certificate Authority (CA) atau penerbit sertifikat SSL nirlaba yang dikelola oleh Internet Security Research Group (ISRG). Let’s Encrypt menyediakan sertifikat SSL secara gratis dan bisa digunakan secara bebas untuk mengamankan beragam layanan online.

Mengenal Nginx Web Server

Nginx (dibaca engine x) adalah sebuah web server open source populer yang banyak digunakan untuk menghadirkan beragam servis web. Nginx menawarkan performa yang unggul, fleksibel, fitur yang kaya dan juga tidak memerlukan resource yang besar untuk dijalankan.

Sebagai sebuah web server mutakhir, Nginx bisa bekerja menggunakan protokol SSL sehingga transaksi data yang dijalankan lebih aman. Pada artikel journal kali ini, kami ingin membahas seputar Cara Install Let’s Encrypt SSL di Nginx Ubuntu.

BACA JUGA : Install SSL Let’s Encrypt di Apache Ubuntu

Persiapan Sistem

Penerbitan sertifikat Let’s Encrypt memerlukan proses validasi DNS. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan sebuah domain aktif dan kemudian dipointing ke IP Address server yang Anda miliki. Panduan pointing domain ke server VPS bisa Anda baca di artikel berikut.

Apabila website ingin diakses dengan www, Anda juga harus membuat A record www diarahkan ke IP address server.

Konfigurasi Virtual Host

Setelah menginstal Nginx web server, Anda perlu melakukan konfigurasi virtual host Nginx. Virtual host ini diperlukan untuk memetakan domain yang sudah Anda pointing sebelumnya ke IP address server.

Untuk membuat konfigurasi virtual host Nginx, jalankan perintah berikut:

nano /etc/nginx/sites-available/namadomain.com

(namadomain.com diganti menggunakan nama domain milik Anda). Kemudian isikan baris konfigurasi berikut:

server { 
listen 80;
root /var/www/html; 
index index.html index.htm; #
server_name namadomain.com www.namadomain.com; # Domain name of this site 
location / { 
try_files $uri $uri/ =404; 
} 
}

Simpan file dengan menekan tombol Ctrl+X, ketik Y, Enter. Pada bagian root bisa disesuaikan dengan lokasi yang Anda sukai. Semisal, ingin diarahkan ke /var/www/namadomain.com, maka Anda harus membuat terlebih dahulu direktori tersebut:

mkdir /var/www/namadomain.com

Aktifkan konfigurasi virtual host yang sudah dibuat dengan menjalankan perintah berikut:

ln -s /etc/nginx/sites-available/namadomain.com /etc/nginx/sites-enabled/ 

Terakhir, reload servis Nginx dengan menjalankan perintah berikut:

sudo systemctl reload nginx

Install Let’s Encrypt SSL

Setelah proses konfigurasi virtual host selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi Let’s Encrypt. Untuk menginstal Let’s Encrypt SSL di Nginx Ubuntu, jalankan perintah berikut:

sudo apt install certbot python3-certbot-nginx
sudo certbot --nginx -d namadomain.com -d www.namadomain.com

Akan muncul konfirmasi, apakah alamat website Anda ingin diredirect ke https atau tidak, ketik angka 2 untuk iya, kemudian tekan Enter.

konfirmasi install ssl let's encrypt

Tunggu proses selesai dan proses instalasi Let’s Encrypt SSL pada Nginx web server di Ubuntu berhasil.

output installasi

Sampai tahap ini, proses install SSL Let’s encrypt di Nginx telah selesai.

Tahap Pengujian

Setelah melakukan install ssl di nginx, selanjutnya Anda dapat melakukan pengujian dengan cara mengakses ke url melalui protokol HTTPS. Pada contoh, kami akan mengakses ke https://server.rosyidi.my.id yang sebelumnya telah kita install SSL Let’s encrypt.

hasil install ssl let's encrypt di nginx ubuntu

Hasilnya website tampil secure dengan icon gembok pada tab browser Anda.

Penutup

Sebagai layanan sertifikat SSL gratis, Let’s Encrypt SSL sudah mampu menjalankan fungsinya dengan baik untuk melakukan enkripsi data pada web dan bisa Anda gunakan secara bebas.

Meskipun demikian, apabila memerlukan sertifikat SSL yang lebih fleksibel dan memiliki siklus masa aktif yang lebih panjang, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan SSL premium.

Ada banyak pilihan sertifikat SSL yang bisa Anda order melalui layanan Rumahweb, dengan harga yang terjangkau. Informasi selengkapnya seputar layanan sertifikat SSL, bisa Anda baca di halaman berikut.

Demikian artikel kami tengang cara install let’s encrypt SSL di Nginx Ubuntu. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut atau kesulitan, silahkan menghubungi tim technical support Rumahweb yang siap melayani Anda selama 24 jam.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.