Rumahweb Journal
Cara install SSL di Nginx Webserver

Cara Install SSL di Nginx

SSL pada website tidak hanya digunakan sebagai keamanan, namun juga sebagai salah satu syarat agar dianggap secure oleh search engine. Karenanya pada panduan ini, kami akan berbagi cara install SSL di Nginx webserver.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ada banyak cara untuk mendapatkan SSL. Selain SSL Gratis yang disediakan oleh Let’s Encrypt, tersedia juga SSL berbayar yang memiliki tingkat keamanan, tingkat kepercayaan dan compatibilitas di browser lebih tinggi.

Bagi Anda yang membutuhkan perlindungan web server dengan tingkat compatibilitas hampir 100% di browser, maka Anda bisa menggunakan SSL berbayar di Rumahweb yang bisa diakses pada halaman SSL murah. Anda bisa memilih paket SSL, sesuai kebutuhan.

Setelah membeli SSL, langkah selanjutnya kami akan mengajak Anda untuk install SSL di Nginx. Namun sebelum membahas step by step cara instalasinya, terlebih dahulu kami akan memberikan penjelasan tentang apa itu SSL dan Nginx, agar Anda lebih memahami panduan yang akan kami sampaikan. Simak informasi berikut ini.

Apa itu SSL?

SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mengamankan koneksi internet dengan mengenkripsi data yang dikirimkan antara web server dan web browser.

SSL digunakan untuk melindungi informasi sensitif seperti credential login, data pribadi dan transaksi finansial. Selengkapnya tentang SSL bisa dibaca melalui artikel : Apa itu SSL?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Apa itu Nginx?

Nginx adalah perangkat lunak web server yang digunakan untuk menangani permintaan HTTP dan HTTPS. Tidak hanya itu, Nginx dapat digunakan sebagai server proxy, server web, server media streaming, dan juga sebagai reverse proxy.

Nginx dikenal karena kemampuannya untuk menangani jumlah permintaan yang tinggi dengan cara yang efisien. Sehingga cocok digunakan dalam lingkungan yang memerlukan kinerja tingkat tinggi dan skalabilitas.

Nginx juga memiliki fitur-fitur seperti caching, load balancing, dan reverse proxying yang membuatnya menjadi populer dalam menangani trafik web yang tinggi. Informasi lebih lanjut mengenai Nginx dapat Anda simak di journal berikut: Apa itu Nginx.

Cara Install SSL di Nginx

Setelah memahami apa itu SSL dan Nginx, saat ini kami akan berbagi cara install SSL di Nginx webserver. Berikut langkah demi langkahnya.

Step 1. Generate CSR

Untuk memulai proses generate CSR, silahkan Anda akses VPS melalui SSH sebagai root dan masuk ke directory /etc/ssl/certs/. Kemudian jalankan perintah dibawah:

# openssl req -new -newkey rsa:2048 -nodes -keyout namadomain.key -out namadomain.csr

Harap diperhatikan, pada bagian namadomain.key dan namadomain.csr diganti menjadi nama domain yang akan menggunakan SSLnya di Nginx. Apabila Anda kesulitan generate CSR, silahkan dapat menggunakan tools online.

cara generate CSR di Nginx
Klik gambar untuk lebih jelas!

Keterangan :

  • Country : Isi dengan kode negara, contoh Indonesia adalah ID
  • State : Isi dengan alamat provinsi Anda
  • City : Isi dengan alamat Kota Anda
  • Organization (Company) : Sesuaikan dengan data nama perusahaan Anda
  • Organizational Unit : Sesuaikan dengan data divisi yang akan digunakan. Jika tidak ada, silahkan isi dengan IT.
  • Email : Sesuaikan dengan alamat email Anda.
  • Challenge : Di kosongkan [tekan enter]
  • Optional company name : Di kosongkan [tekan enter]

Apabila proses generate CSR selesai dilakukan, silahkan Anda pindahkan file CSR tersebut ke dokumen root Nginx agar dapat di download. Anda bisa menjalankan perintah berikut:

# cp namadomain.csr /usr/share/nginx/html/namadomain.txt
cp namadomain.csr /usr/share/nginx/html/namadomain.txt   - download file CSR di Nginx

Setelah proses copy file selesai, silahkan Anda akses namadomain/namadomain.txt melalui browser. Setelah itu download file CSR tersebut lalu lakukan konfigurasi SSL melalui halaman Clientzone Rumahweb. Contoh gambar dibawah:

Isi CSR diinputkan dalam menu SSL Rumahweb

Step 2. Konfigurasi SSL di Clientzone

Proses selanjutnya adalah melakukan konfigurasi SSL di Clientzone. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke Clientzone Rumahweb.
  2. Klik menu SSL > Manage > Manage SSL.
  3. Klik tombol konfigurasi SSL, lalu Anda bisa mengisi dengan langkah berikut:
Konfigurasi CSR di Clientzone Rumahweb

Keterangan:

  • Pada kolom Type Webserver, silahkan pilih NginX
  • Kolom CSR diisi dengan hasil generate CSR yang telah Anda download sebelumnya.
  1. Klik tombol “Lanjutkan”.
  1. Pada tab Domain Validation, silahkan pilih type validasi yang ingin Anda gunakan. Kami sarankan pilih validasi melalui email karena prosesnya akan lebih cepat. Namun jika Anda tidak memiliki fitur mail server atau email domain, bisa pilih metode lainnya seperti CNAME record.
  2. Pada tab Contact Validation, silahkan isi sesuai data perusahaan Anda dengan benar.

Panduan konfigurasi SSL di clientzone juga bisa Anda lihat versi lengkapnya pada artikel berikut.

Setelah validasi SSL dilakukan, silahkan ditunggu hingga SSL Issued atau terbit. Informasi terkait issue SSL akan dikirimkan melalui email kontak yang terdaftar di Rumahweb. Langkah selanjutnya, kita bisa melakukan install SSL di Nginx.

Step 3. Install SSL di Nginx

Install SSL di Nginx

Untuk proses penginstalan ini Anda perlu pastikan bahwa CERT SSL telah terbit/Issued seperti gambar diatas. Kemudian silahkan download semua sertifikat yang diberikan.

Install SSL di Nginx webserver membutuhkan domain_com.crt dan domain_com.ca-bundle yang nantinya digabungkan menjadi ssl-bundle.crt:

  1. domain_com.crt merupakan isi dari file CRT atau X509cert di menu SSL Clientzone Rumahweb.
  2. domain_com.ca-bundle merupakan gabungan dari file ROOT dan Intermediate

Langkah selanjutnya, silahkan Anda upload file crt dan ssl-bundle ke directory /etc/ssl/certs/ atau sesuai dengan directory SSL yang Anda gunakan. Contohnya seperti gambar berikut.

Install SSL di Nginx webserver membutuhkan domain_com.crt dan domain_com.ca-bundle yang nantinya digabungkan menjadi ssl-bundle.crt:

Setelah itu, Anda bisa menjalankan command di SSH untuk membuat file CA Bundle SSL menggunakan perintah berikut:

# cat domain_com.crt domain_com.ca-bundle > ssl-bundle.crt

Setelah perintah tersebut dijalankan, Anda akan mendapatkan file SSL baru dengan nama namadomain_ssl-bundle.crt

Anda akan mendapatkan file SSL baru dengan nama namadomain_ssl-bundle.crt

Langkah berikutnya, kita akan melakukan konfigurasi nginx melalui /etc/nginx/nginx.conf. Anda bisa menyesuaikan konfigurasinya melalui line ssl_certificate seperti gambar dibawah:

Langkah berikutnya dengan konfigurasi Nginx seperti gambar dibawah:

Untuk memastikan config Nginx berjalan dengan baik, silahkan eksekusi perintah berikut:

nginx -t -c /etc/nginx/nginx.conf

Apabila config berhasil, maka muncul seperti gambar dibawah:

Untuk memastikan konfig Nginx berjalan dengan baik, silahkan eksekusi perintah berikut: nginx -t -c /etc/nginx/nginx.conf

Langkah terakhir adalah melakukan restart Nginx dan test akses domain Anda di browser menggunakan link HTTPS. Untuk restart Nginx, gunakan perintah:

systemctl restart nginx

Anda dapat menggunakan tools ssl checker di internet untuk melihat status instalasi SSL dan webserver yang digunakan. Contohnya sebagai berikut.

Sampai tahap ini, proses install SSL di Nginx telah selesai. Karena proses instalasi SSL cukup panjang, maka pastikan Anda simak setiap langkah secara detail agar tidak ada yang terlewat. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 15

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Fredric Lesomar

I am an ameteur programer and cybersecurity enthusiast. Love much, mother Python language, machine learning and You!

banner Pop Up - Hosting 99K