Rumahweb Journal
Apa itu Nginx Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya

Apa itu Nginx? Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya

Tahukah kamu apa itu nginx? Nginx adalah salah satu software berbasis web server yang populer dan sudah banyak digunakan khususnya di Indonesia. Kehandalan Nginx membuatnya menjadi idola dan ketika Anda mencari refrensi tentang webserver terbaik di internet, Nginx akan selalu ada dalam deretan teratas.

Dikutip dari W3tech pada 24 juni 2021, Nginx saat ini memiliki pengguna 34.1% sedangkan pesaingnya Apache 33.0%.

Lalu, bagaimana cara kerja dan apa saja kelebihan Nginx yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan untuk menggunakannya? Silahkan ikuti ulasannya dibawah.

Apa itu Nginx?

Nginx adalah webserver dengan lisensi open-source yang memiliki multi fungsi sebagai proxy IMAP/POP3. Nginx terkenal karena stabil, memiliki tingkat performansi tinggi dan minim mengonsumsi sumber daya.

Nginx juga memiliki fitur seperti reverse proxy multiple protocols (HTTP, Memcached, PHP?FPM, SCGI, uwsgi), Stream HTTP video (FLV, HDS, HLS, MP4) serta HTTP/2 gateway. Selanjutnya, seperti apa cara kerjanya dalam menghandle request web pada server?

Cara kerja Nginx

Berbeda dengan webserver lainnya, Nginx mampu menjalankan multi thread dengan memanfaatkan asynchronous dan event-driven, dengan gambaran bahwa jika terdapat permintaan baru maka permintaan baru tersebut akan dibuat dan dijalankan pada proses yang telah ada

Apabila ingin disederhanakan, satu proses awal (master worker) pertama kali dibuat akan bercabang menjadi sub-worker (dikenal process worker) jika terdapat permintaan baru maka akan terus bercabang dibawah sub-worker hingga mencapai batasan worker tersebut mampu menangani process worker yang berlangsung. Jika telah mencapai batasan sub-worker (process worker), Nginx akan membuat thread baru sebagai master worker dan permintaan terbaru selanjutnya akan diciptakan sebagai sub-worker kembali.

Koneksivitas antara proses awal dan sub-worker saling bertukar data secara asinkron. Oleh karena itu, dengan kelebihan diatas, satu worker Nginx mampu menangani hingga 1024 request koneksi.

Kelebihan Nginx

Secara informatif telah kami jabarkan diatas, namun untuk spesifik bisa Anda cek dilist bawah. Apa saja kelebihan Nginx?

  • Performa tinggi, minim mengonsumsi sumber daya dan stabil.
  • Mampu menghandle ribuan koneksi dalam satu waktu yang sama.
  • Dapat dijadikan server Load balacer, Cache konten, dan Server proxy.
  • Paling banyak digunakan sebagai server E-comerce, High traffic, Cloud storage.
  • Dukungan support bersifat komunitas, sehingga mudah troubleshoot secara mandiri.

Demikian secara garis besar kelebihan Nginx sebagai webserver yang perlu Anda ketahui. Setelah kelebihan Nginx, kami akan memberikan informasi perbandingannya dengan webserver lainnya yaitu Apache.

Perbandingan Nginx vs Apache

Perbandingan Nginx vs Apache; apa itu nginx adalah web server

Apache merupakan webserver terbaik lainnya yang dapat dikatakan sebagai rival Nginx. Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya bahwa Apache hingga tanggal 24 juni 2021 mempunyai pengguna sebanyak 33.0%. Berikut ini perbandingan keduanya:

  • Support berbagai sistem operasi; baik Nginx ataupun Apache sama-sama dapat dioperasikan di berbagai sistem operasi, seperti Windows dan Unix. Meskipun persamaan diatas terbilang baik, pada kenyataannya Nginx kurang performasi pada OS Windows. Namun diharapkan dengan kompatibilitas Windows menggunakan binary Unix, Nginx dapat lebih baik dalam pengoperasiannya.
  • Support Komunitas; pada bagian ini, Nginx dan Apache memiliki base komunitas yang kuat baik dari kalangan amatir hingga profesional dalam membantu user ketika kesulitan. Hal ini dapat Anda jumpai pada trouble ticket seperti Stack Overflow, Guide official dan lainnya.
  • Performa dan Modul; khusus bagian ini, Nginx masih yang terbaik dalam menghandle ketidak mampuan Apache yaitu mampu menerima ribuan permintaan koneksi dalam satu waktu berturut-turut. Meski demikian, Modul yang ditawarkan tidak sebanyak Apache.

Demikian artikel kali ini tentang Apa itu Nginx? Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya. Semoga dapat tercerahkan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.8 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Fredric Lesomar

I am an Ameteur Programer and Cybersecurity Enthusiast. Love Much, Mother Python Language, Machine Learning and You!