Rumahweb Journal
Banner - Cara Generate CSR Secara Online

Cara Generate CSR Secara Online

CSR adalah singkatan dari Certificate Signing Request, yaitu sebuah teks yang berisi informasi lengkap tentang website Anda. CSR digunakan untuk meminta otoritas sertifikat (Certificate Authority) untuk menerbitkan sertifikat SSL pada domain. Pada artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu CSR hingga cara generate CSR secara online.

Perkembangan konten website yang semakin dinamis dan kompleks, menuntut hadirnya sebuah protokol keamanan yang mampu melakukan enkripsi data, sehingga informasi yang dikirimkan dalam sebuah transaksi digital menjadi lebih aman. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, SSL hadir sebagai solusi yang bisa diandalkan.

Secure Socket Layer (disingkat SSL) adalah protokol keamanan yang telah diadopsi secara luas dan menjadi standar keamanan untuk melakukan enkripsi terhadap transaksi data sebuah website modern. Dengan adanya SSL, transaksi data yang berlangsung di website menjadi lebih aman karena melalui proses enkripsi.

SSL bekerja dengan menggunakan sebuah sertifikat yang diterbitkan oleh vendor bernama certificate authority (CA). Saat ini ada beberapa vendor penerbit sertifikat SSL (CA) yang dikenali dan bekerja dengan web browser. Untuk memenuhi kebutuhan akan sertifikat SSL, Rumahweb Indonesia menyediakan layanan sertifikat SSL dari beragam vendor populer.

Informasi selengkapnya terkait layanan sertifikat SSL bisa Anda lihat di halaman berikut.

Apa Itu Certificate Signing Request (CSR)?

Apabila Anda mengorder layanan SSL di Rumahweb, Anda akan diminta untuk melakukan proses konfigurasi SSL di halaman Clientzone. Langkah pertama pada proses konfigurasi SSL adalah Anda diminta untuk memasukkan CSR. Lalu, apa itu CSR?

CSR adalah singkatan dari certificate signing request, yaitu sebuah teks yang berisi informasi lengkap tentang website Anda. Informasi dalam CSR mencakup nama domain, nama organisasi, dan alamat organisasi. Informasi yang ada di dalam CSR itulah yang kemudian dijadikan acuan oleh vendor SSL (CA) untuk menerbitkan sertifikat SSL.

Dalam bahasa awam, CSR bisa dianalogikan sebagai dokumen yang harus Anda lengkapi sewaktu mengajukan pembuatan KTP, SIM, KK dan sejenisnya. Sertifikat SSL baru bisa diterbitkan, apabila Anda sudah mengirimkan CSR dengan informasi yang lengkap dan valid. Apabila Anda belum mengirimkan CSR, sertifikat SSL yang Anda order belum akan diterbitkan.

Komponen CSR

Secara umum, CSR terdiri dari dua komponen:

1. Teks Utama CSR

Adalah teks utama CSR yang berisi informasi website, yang akan digunakan oleh vendor CA untuk menerbitkan SSL.

2. Private Key

Private key adalah teks yang nantinya harus diinstal di dalam server, yang akan digunakan untuk melakukan proses enskripsi dan dekripsi data. Karena fungsinya yang sangat penting, private key harus Anda simpan dengan baik, setelah melakukan generate CSR.

Beberapa Cara Membuat CSR

Ada beberapa cara untuk membuat atau generate CSR. Apabila Anda memiliki layanan hosting dengan cPanel, CSR bisa digenerate melalui cPanel. Di sisi lain, apabila Anda memiliki sebuah server VPS dengan OS Linux, Anda bisa membuat CSR melalui command line menggunakan perintah openssl.

Selain kedua cara tersebut, masih ada cara lain yang relatif lebih mudah untuk membuat CSR, yaitu dengan menggunakan tool CSR generator online. Pada artikel journal kali ini, kami ingin membahas Cara Generate CSR Secara Online.

Cara Generate CSR Secara Online

Dari berbagai metode, generate CSR secara online bisa dikatakan sebagai metode paling mudah dan sederhana. Anda tidak perlu menjalankan perintah teks di server, maupun mengakses cPanel hosting untuk bisa membuat CSR. Ada beberapa tool CSR generator online yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Pada artikel kali ini, kami akan menggunakan tool CSR generator dari website csrgenerator.com.

Berikut langkah-langkah untuk generate CSR secara online:

1. Akses website csrgenerator.com melalui web browser.

2. Isikan data-data sebagai berikut:

  • Country: ID
  • State: Nama provinsi (contoh: Jawa Tengah)
  • Locality: Nama kota (contoh: Semarang)
  • Organization: Nama organisasi (contoh: PT Milik Saya)
  • Organization unit: IT
  • Common name: nama domain dengan www (contoh: www.domainsaya.com)

3. Klik tombol Generate CSR.

cara generate csr melalui csrgenerator.com

4. Akan muncul halaman berisi teks CSR dan private key. Copy teks yang diawali dan diakhiri dengan —–BEGIN CERTIFICATE REQUEST—– ke dalam Notepad, kemudian simpan dengan nama www.namadomain.com.csr.

5. Copy teks yang diawali dan diakhiri dengan —–BEGIN PRIVATE KEY—– ke dalam Notepad, kemudian simpan dengan nama www.namadomain.com.key. Kedua file ini harus Anda simpan baik-baik dan jangan sampai hilang, karena nantinya akan digunakan untuk konfigurasi SSL dan instalasi SSL di server.

tampilan CSR dan Private key

6. Proses generate CSR selesai. Anda bisa mengcopy paste teks di dalam www.namadomain.com.csr ke dalam halaman konfigurasi SSL di Clientzone Rumahweb.

Penutup

Sebagai data yang berisi informasi website, certificate signing request (CSR) adalah komponen utama yang harus Anda sediakan, supaya sertifikat SSL yang sudah Anda order bisa diterbitkan.

Bagi Anda yang belum pernah mengaktifkan sebuah sertifikat SSL, membuat sebuah CSR mungkin merupakan langkah yang tidak mudah, terutama kalau Anda mengelola sebuah server tanpa control panel.

Sebagai alternatif solusi dari situasi tersebut, tool CSR generator online bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses generate CSR. Dengan demikian, proses penerbitan sertifikat SSL bisa menjadi lebih simpel dan cepat.

Demikian artikel journal tentang Cara Generate CSR Secara Online. Apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi tim technical support Rumahweb untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.