Rumahweb Journal
Banner - Cara Install Plugin Google AMP di WordPress

Cara Install Plugin Google AMP di WordPress

Kali ini Rumahweb akan membahas tentang Google AMP, yang merupakan salah satu plugin WordPress yang direkomendasikan pada website. Sebelum memulai instalasi, kami akan membahas tentang Google AMP sehingga bisa memperluas informasi Anda.

Apa itu Google AMP ?

AMP merupakan kepanjangan dari Accelerated Mobiles Pages. AMP ini adalah proyek open source yang didukung oleh perusahaan teknologi dunia, yaitu Google. Tujuannya adalah membuat beban konten website yang dimuat memalui ponsel lebih ringan.

Google AMP ini menggunakan kode HTML dan JavaScript yang sangat terbatas. Dengan begitu konten website Anda dapat di-host di Google AMP Cache. Sehingga, ketika pengguna berkunjung ke situs Anda dari hasil pencarian, maka Google secara otomatis akan menampilkan konten website Anda dari versi Cache yang sudah tersimpan.

Terkadang kita sudah melakukan bermacam-macam optimasi website agar dapat diakses dengan cepat. Tetapi tetap saja website yang memiliki banyak elemen konten yang memerlukan beberapa detik untuk dapat terbuka. Nah, Google AMP ini cocok digunakan pada website seperti ini.

Google AMP ini dapat digunakan oleh setiap aplikasi browser dan saat ini telah digunakan oleh WordPress.com, pencarian Google, LinkedIn, Medium, Twitter, Pinterest dan masih banyak lagi.

Cara Install Google AMP

  1. Login ke dashboard WordPress. Kemudian masuk menu Plugins > Add New
  2. Cari dengan nama AMP. Pada artikel ini kami memakai “AMP for WordPress”
  3. Klik Install > kemudian aktifkan
Cara Install Google AMP di WordPress
  1. Masuk menu Appearance > AMP
Setting Design AMP for WordPress

Pada bagian ini Anda dapat mengatur warna text header, backgour header & warna link, dan juga skema.  Setelah itu jangan  lupa “Publish”

Anda bisa melakukan tes langsung kehalaman konten website dengan dengan menambahkan /amp . Misalnya:

https://rumahweb.com/konten-artikel-website
menjadi
https://rumahweb.com/konten-artikel-website/amp

Selanjutnya anda bisa melakukan pengetesan melalui artikel Cara Cek AMP Pada Website, untuk memastikan amp pada website anda telah berjalan atau belum.

Apabila hasil tes terdapat kesalahan error 404, silakan masuk ke dashboard wp-admin > Setting > Permalink > klik pada tombol “Save Changes”. Jika permalink website Anda sudah sesuai, Anda tidak perlu mengubah apapun disini, cukup klik “Save Changes”.

Kesimpulan

Accelerated Mobiles Pages merupakan salah satu plugin yang direkomendasikan oleh Google, yang berfungsi membuat beban konten website yang dimuat memalui ponsel lebih ringan. Plugin ini sangat cocok untuk website yang memuat banyak artikel dalam websitenya, seperti website toko online maupun portal berita.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.