Rumahweb Journal
Banner - Cara Install Mikrotik CHR di VPS KVM Ubuntu 20.04

Cara Install Mikrotik CHR di VPS KVM Ubuntu 20.04

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install Mikrotik CHR di VPS KVM Rumahweb dengan OS Linux Ubuntu 20.04. Tidak hanya proses instalasi, kami juga akan memberikan tutorial konfigurasi di aplikasi Winbox.

Sebelum masuk ke tahap instalasinya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Mikrotik CHR dan persiapan instalasinya.

Pengertian Mikrotik CHR

MikroTik CHR (Cloud Hosted Router) adalah software yang dikembangkan oleh MikroTik untuk menjalankan sistem operasi RouterOS pada virtual machine. CHR dapat diinstal dan dijalankan di berbagai platform virtualisasi seperti VMware, Hyper-V, KVM, VirtualBox, dan lainnya.

MikroTik CHR dirancang sebagai solusi yang fleksibel dan hemat biaya untuk menggantikan perangkat keras fisik (seperti RouterBoard MikroTik) dengan menggunakan mesin virtual.

Dengan MikroTik CHR, pengguna dapat memiliki kemampuan routing dan manajemen jaringan yang sama seperti perangkat keras MikroTik standar, tetapi dengan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih tinggi.

MikroTik CHR memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola router virtual yang mendukung berbagai fitur seperti routing statis dan dinamis, firewall, VPN, manajemen bandwidth, hotspot, dan banyak lagi.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan dan mengelola jaringan mereka dengan efisiensi dan kontrol yang tinggi melalui platform virtualisasi.

Sedangkan MikroTik RouterOS adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang mengubah komputer menjadi router jaringan. MikroTik RouterOS memiliki fitur-fitur berikut :

  • Firewall dan NAT
  • Routing – Static routing
  • VPN
  • Hotspot
  • IPsec
  • Caching DNS client
  • Monitoring/Accounting
  • Point to Point Tunneling Protocol
  • DHCP server
  • Web proxy
  • Tools, dll

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi cara install MikroTik CHR pada VPS KVM dengan OS Ubuntu 20.04. Namun sebelum melakukan instalasi, pastikan VPS Anda telah memenuhi kebutuhan sistem berikut.

BACA JUGA | Cara Install Mikrotik CHR di VPS Alibaba

Persiapan Install Mikrotik CHR

  • VPS KVM Linux sistem operasi Ubuntu 16.04 – 20.04 (Tested)
  • 1 Core (minimum)
  • RAM 256 MB (minimum)
  • Disk space 5GB (disesuaikan dengan kebutuhan)
  • IP Public
  • Akses root sistem operasi
  • PuTTY, untuk keperluan SSH/Terminal
  • Koneksi Internet
  • Aplikasi Winbox

Install Ulang VPS Server atau Reinstall VPS

Jika sebelumnya VPS telah Anda gunakan atau telah dikonfigurasi dan Anda ingin beralih menggunakan MikroTik CHR, Anda perlu melakukan proses instalasi ulang VPS terlebih dahulu.

Proses install Mikrotik CHR di Ubuntu sangat disarankan dilakukan pada VPS yang kosong, atau belum terkonfigurasi sebelulmnya. Karena itu, jika Anda telah melakukan konfigurasi di Ubuntu, silahkan melakukan reinstall dengan panduan berikut.

Namun jika data VPS masih kosong, silahkan untuk mengikuti panduan berikut ini.

Cara Install Mikrotik CHR di Ubuntu 20.04

Cara install Mikrotik CHR di VPS Ubuntu sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukan installasinya.

Step 1. Install Mikrotik CHR

  1. Silahkan akses SSH melalui aplikasi Putty. Panduan bisa klik disini.
Akses Putty

2. Update repository ubuntu menggunakan perintah berikut :

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade

3. Langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi Mikrotik CHR di VPS Anda. Silahkan copy paste perintah berikut di terminal/putty.

wget https://download.mikrotik.com/routeros/6.47.10/chr-6.47.10.img.zip -O chr.img.zip && \
gunzip -c chr.img.zip > chr.img && \
mount -o loop,offset=512 chr.img /mnt && \
ADDRESS=ip addr show eth0 | grep global | cut -d' ' -f 6 | head -n 1 && \
GATEWAY=ip route list | grep default | cut -d' ' -f 3 && \
echo "/ip address add address=$ADDRESS interface=[/interface ethernet find where name=ether1]
/ip route add gateway=$GATEWAY
" > /mnt/rw/autorun.scr && \
umount /mnt && \
echo u > /proc/sysrq-trigger && \
dd if=chr.img bs=1024 of=/dev/vda
install mikrotik chr di ubuntu

4. Silahkan tunggu sampai proses installasi selesai.

Proses install CHR

5. Apabila sudah selesai, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Install Selesai

Catatan:

Jika Anda menginstal MikroTik CHR pada VPS KVM, Disk Usage pada halaman Virtualizor akan menunjukkan overkuota. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan statistik di panel Virtualizor yang hanya dapat membaca sistem operasi Linux.

Setelah menginstal CHR, data sistem operasi di VPS akan menjadi MikroTik, yang mengakibatkan ketidaksesuaian dengan Virtualizor. Pengecekan disk usage bisa cek melalui login Winbox > System > Disks.

Step 2. Konfigurasi Port Firewall VPS

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuka port 8291 (TCP). Proses ini dibutuhkan agar Anda dapat mengakses Winbox, lalu kemudian menyesuaikan konfigurasinya melalui Winbox.

Panduan open port di Ubuntu dapat dilakukan melalui UFW (Uncomplicated Firewall) dengan panduan sebagai berikut : config firewall ubuntu

Setelah setting port dilakukan, jangan lupa untuk melakukan restart VPS Anda. Restart dapat dilakukan melalui SSH dengan perintah ‘reboot’. Namun jika melalui halaman manage Virtualizor, bisa mengikuti panduan disini.

Step 3. Akses MikroTik dengan Winbox

Setelah proses install Mikrotik CHR dan open port 8291 telah dilakukan, selanjutnya Anda dapat membuka aplikasi Mikrotik melalui Winbox. Jika Anda belum memiliki Winbox, Anda dapat mendownload terlebih dahulu dan menginstallnya di komputer yang digunakan melalui link berikut.

Selanjutnya, silahkan buka Winbox lalu lakukan login dengan keterangan berikut.

  • Connect to : IP VPS Anda
  • Login : admin
  • Password : dikosongkan

Lalu klik Connect.

Akses Winbox

Setelah klik Connect, akan muncul tampilan halaman utama interface dengan text MikroTik di terminal console / CLI pada aplikasi Winbox.

Terminal Mikrotik

Kemudian, setelah berhasil login di Winbox kami sarankan segera reset password akses login ke Winbox menggunakan password yang kuat dan mudah diingat. Karena ketika pertama kali install MikroTIK password defaultnya kosong.

Untuk reset password baru, silahkan buka menu System > Password untuk mengatur password Mikrotik anda. Masukkan Password Baru anda dan pada kolom Old Password biarkan saja kosong karena dari awal memang kosong.

System Password
Password Baru

Sampai tahap ini, proses install Mikrotik CHR di Ubuntu 20.04 telah selesai. Selanjutnya, Anda dapat melakukan konfigurasi di Winbox sesuai dengan kebutuhan.

Demikian artikel kami tentang cara install Mikrotik CHR di VPS Ubuntu, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.