Rumahweb Journal
Banner - Cara Install LAMP di Ubuntu 20.04

Cara Install LAMP di Ubuntu 20.04 Dengan Mudah

Setelah sebelumnya kami menjelaskan tentang arti LAMP pada server, dalam panduan ini kami akan berbagi cara install LAMP di Ubuntu 20.04 secara mudah. Simak artikel ini sampai selesai.

Ada beberapa kualitas yang menyebabkan Linux menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di server web di seluruh dunia. Keterbukaan dan kebebasan menjadi kualitas utama yang membuat Linux menjadi superior dibandingkan sistem operasi komersial.

Lisensi sumber terbuka memungkinkan Linux menjadi sistem yang transparan, bisa dikelola, diperbaiki dan digunakan secara bebas oleh komunitas.

Di samping itu, Linux memiliki sebuah paket aplikasi lengkap bernama LAMP, yang kemudian menjadi pilihan default bagi sebagian besar web server.

Apa Itu LAMP?

LAMP adalah akronim dari sekumpulan perangkat lunak yang terdiri dari Linux, Apache, MySQL, PHP/Perl/Python (Linux AMP). Istilah LAMP diperkenalkan pertama kali pada tahun 1998 oleh Michael Kunze di sebuah majalah komputer Jerman bernama Computertechnik.

Karena popularitasnya yang semakin besar, paket AMP kemudian diporting ke sistem operasi yang lain, yang kemudian melahirkan varian bernama WAMP (Windows AMP), MAMP (Mac AMP), FAMP (FreeBSD AMP), SAMP (Solaris AMP) dan iAMP (IBM i AMP).

Fungsi LAMP

LAMP adalah sekumpulan perangkat lunak yang berfungsi sebagai sistem untuk membangun sebuah server yang mampu menjalankan website atau aplikasi web, yang dibuat menggunakan pemrograman PHP, Perl, atau Python dan menggunakan database MySQL.

Apabila Anda memiliki sebuah server VPS dengan sistem operasi Linux, Anda harus menginstal paket LAMP (Apache, MySQL dan PHP) terlebih dahulu supaya bisa menjalankan website.

Cara Install LAMP di Ubuntu 20.04

Paket Apache, MySQL dan PHP tersedia secara default di repositori semua distribusi Linux, termasuk Ubuntu. Oleh karenanya, instalasi paket LAMP di Ubuntu bisa dilakukan dengan mudah dan simpel.

Berikut langkah-langkah instalasi LAMP di Ubuntu 20.04 LTS:

  1. Login terlebih dahulu ke server VPS Anda melalui koneksi SSH.
  2. Setelah berhasil login ke server VPS, jalankan perintah sebagai berikut:
# sudo apt update
# sudo apt install apache2 php php-mysql php-common php-cli php-json php-common php-opcache libapache2-mod-php mariadb-server
  1. Akan muncul sebuah halaman konfirmasi untuk merestart service libc6, silahkan tekan tombol Tab dan tekan tombol enter untuk mengonfirmasi Yes.
cara install lamp di ubuntu 20.04 LTS

Mengetes Service Apache

Setelah proses instalasi LAMP berhasil, Anda bisa mengecek service Apache yang berjalan di server VPS Anda.

Untuk mengetes service Apache, caranya sangat simpel. Anda cukup mengakses IP Address server VPS Anda di browser. Apabila service Apache sudah berjalan dengan baik, akan muncul halaman default Apache dari Ubuntu.

Uji service apache

Mengetes Service PHP

Setelah service Apache terpantau berjalan dengan baik, Anda bisa mengetes service PHP yang berjalan dengan membuat file info.php dan meletakannya di dalam direktori var/www/html.

Untuk membuat file info.php, Anda bisa menjalankan perintah-perintah berikut:

# cd /var/www/html
# sudo nano info.php

Masukkan skrip berikut:

<?php phpinfo(); ?>

Simpan file dengan menekan Ctrl+X, ketik Y, tekan Enter. Melalui web browser, buka alamat IP_Address_VPS/info.php. Informasi service PHP yang berjalan di server akan tampil.

uji service php

Pengaturan Virtual Host Apache

Apabila Anda ingin menggunakan beberapa alamat domain di dalam server VPS, Anda perlu melakukan pengaturan virtual host Apache terlebih dahulu. Untuk proses pengaturan virtual host Apache bisa Anda baca selengkapnya di artikel journal di halaman berikut ini.

Alternatif Instalasi LAMP di Ubuntu 20.04

Selain menggunakan langkah-langkah di atas, ada metode alternatif untuk menginstal paket LAMP di Ubuntu 20.04, yaitu dengan menggunakan paket XAMP. XAMP adalah versi portabel dari LAMP yang bisa diinstal dengan langkah yang lebih sederhana.

Karena bersifat portabel, XAMP bisa diuninstal dan diinstal ulang dengan lebih aman, sesuai dengan versi yang dibutuhkan. Untuk proses instalasi XAMP di VPS Ubuntu, bisa Anda ikuti di artikel journal di halaman berikut.

Penutup

Sebagai perangkat lunak open source, LAMP menjadi pilihan banyak developer karena bebas untuk digunakan di semua device. Selain itu, proses instalasi dan pengoperasiannya yang mudah, juga menjadi faktor lain yang menyebabkan LAMP menjadi salah satu pilihan terfavorit untuk membantun sebuah server web yang handal.

Demikian artikel journal seputar Cara Install LAMP di Ubuntu 20.04 Dengan Mudah. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, bisa Anda hubungi tim technical support Rumahweb yang siap memandu Anda selama 24 jam.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.