Rumahweb Journal
Banner - Cara Forward Email Melalui Webmail

Cara Forward Email Melalui Webmail

Pada kondisi tertentu, kadangkala kita membutuhkan suatu email untuk diteruskan ke alamat email lain, atau yang biasa disebut email forwarding. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara forward email melalui webmail.

Fitur email forwarder memungkinkan Anda untuk mengalihkan pesan-pesan yang masuk ke alamat email tertentu, ke satu atau lebih alamat email lainnya.

Umumnya setting email forwarder dilakukan oleh admin atau pengelola email. Namun bagi Anda yang membuat email melalui control panel seperti cPanel atau Plesk, Anda dapat mengatur sendiri email forwarding melalui webmail.

Sebelum kami bahas cara forward email, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu email forwarder dan manfaatnya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu email forwarder?

Email forwarder adalah pengaturan email yang berfungsi meneruskan suatu email ke alamat email lainnya. Email forwarder berperan sebagai perantara yang menerima email yang dikirim ke suatu alamat email tertentu, kemudian secara otomatis meneruskannya ke alamat email lain yang telah ditentukan.

Fitur ini berguna ketika Anda ingin menggabungkan akun email Anda atau ketika Anda ingin memastikan bahwa pesan yang dikirim ke suatu alamat juga diterima di kotak surat lainnya. Email forwarder membantu menyederhanakan manajemen email dan memastikan komunikasi yang efisien dengan meneruskan pesan ke penerima yang diinginkan.

Untuk email domain yang dibuat melalui hosting, terdapat dua cara untuk mengatur email forwarding, yaitu melalui control panel seperti cPanel dan Plesk, hingga setting melalui Webmail. Bagi Anda yang berperan sebagai administrator, Anda dapat melakukan setting melalui control panel hostingnya. Namun jika Anda sebagai user, maka setting dapat dilakukan melalui webmail.

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara forward email melalui webmail. Panduan ini sangat cocok digunakan, bagi Anda yang hanya memiliki akses ke webmail.

Cara forward email di Webmail

Cara forward email di webmail sangatlah mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Login ke halaman webmail, misalnya namadomain.com/webmail
2. Pada halaman dibawah ini, klik pada user email dipojok kanan atas > pilih Forwarders.

Forward Email dari Webmail
Forward Email dari Webmail

3. Setelah masuk ke halaman Forwarders, klik ‘Add Forwarder’.

Cara Forward Email Webmail
Add Forward Email Webmail

4. Langkah terakhir isikan email tujuan, kemudian klik ‘Add Forwarder’.

Add new Forward Email
Add new Forward Email

5. Sampai langkah ini, proses setting email forwarding di webmail telah selesai dilakukan. Anda bisa mencoba dengan cara mengirim email utamanya, lalu cek juga pada email destinasi forwardingnya.

Demikian artikel cara forward email melalui Webmail. Apabila ada pertanyaan atau ada kendala dalam melakukan setting ini, jangan sungkan untuk menghubungi support kami melalui email, live chat maupun ticket. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)