Rumahweb Journal
Custom Domain Blogger Untuk Subdomain

Cara Custom Subdomain ke Blogspot

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan cara custom domain ke Blogspot. Kali ini, kami akan berbagi cara custom subdomain ke Blogspot.

Custom domain merupakan cara membuat blog yang sudah Anda buat di blogspot, bisa diakses menggunakan nama domain yang Anda miliki. Dengan melakukan custom domain ini, orang akan lebih mudah mengingat brand atau alamat website Anda.

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara custom subdomain ke blogspot. Pelajari dengan seksama, karena sering kali kita tidak sabar melakukan setting dan akhirnya gagal.

Catatan

Panduan ini digunakan bila Anda hanya memesan domain saja tanpa hosting. Bila Anda pesan domain sekaligus dengan hosting, maka custom subdomain ke blogspot bisa dipelajari melalui artikel ini: Custom subdomain ke blogspot dari cPanel

Cara Custom Subdomain ke Blogspot dari Clientzone

Berikut adalah langkah-langkah setting custom subdomain ke Blogspot:

  1. Login dahulu ke akun Blogger.com
  2. Pilih akun blognya, masuk ke ‘Settings’ >> ‘Custom domain’.
custom subdomain ke blogspot
  1. Lanjutkan isi kolom dengan nama subdomain Anda. Misal nama subdomain yang akan disetting adalah informasi.theanotherworld.my.id , maka cara mengisinya informasi.theanotherworld.my.id. Kemudian klik ‘Save’.
menambahkan subdomain di menu custom domain di blogspot
  1. Maka akan menampilkan CNAME yang harus dipasang di domain manager Anda. 
informasi DNS record yang harus ditambahkan
  1. Masuk ke Domain Manager untuk setting DNS, dengan cara: login ke Client Area Rumahweb di menu ‘Domains’ > ‘My Domains’ > klik ‘Active’ > ‘DNS Management’.
  1. Lanjutkan dengan klik  ‘Add New Record’, kemudian masukan 2 record cname yang Anda dapatkan dari akun Blogger Anda seperti gambar berikut;
membuat DNS record berupa cName
membuat DNS record berupa cName value

Berikut contoh 2 record yang sudah dibuat, sesuai contoh diatas :

contoh membuat DNS record berupa cName

Catatan

Pembuatan record DNS subdomain membutuhkan waktu propagasi DNS, estimasinya 1-24 jam tergantung koneksi yang digunakan. Untuk mengetahui apa itu propagasi, Anda bisa membaca artikel berikut: apa itu propagasi dns?
  1. Setelah menunggu estimasinya 1-2 jam, silahkan akses kembali halaman custom domain yang ada di Blogspot.
  2. Kemudian masuk ke setting blogger lagi. Kemudian klik ‘Save’ pada menu custom domainnya. Jika berhasil, tampilannya seperti screenshot dibawah ini :
save subdomain di blogspot

Setelah domain berhasil disimpan, terkadang subdomain tidak langsung bisa diakses. Hal ini disebabkan karena propagasi DNS dari koneksi yang Anda gunakan. Atau case lainnya adalah Anda mengaktifkan fitur HTTPS.

Ketika Anda merequest HTTPS, maka blogspot akan memproses permintaan tersebut. Namun proses aktivasi HTTPS membutuhkan waktu, estimasinya 1-24 jam tergantung dari sisi blogspot. Selama sertifikat SSL belum diterbitkan oleh pihak Blogspot, maka subdomain tidak bisa diakses. Anda hanya perlu sabar menunggu.

Apabila masih mengalami kesulitan, silahkan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu pengecekannya. Demikian panduan setting custom domain blogger Rumahweb, semoga bisa membantu. 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Triyadi