Rumahweb Journal
Apa itu Gravatar adalah

Apa itu Gravatar dan Cara Mengganti Foto Profil di WordPress

Gravatar adalah singkatan dari Globally Recognized Avatar, yaitu foto profil atau avatar pada email yang digunakan pada CMS WordPress. Biasanya gravatar akan muncul pada saat anda login ke dashboard WordPress, atau memberikan komentar di website berbasis WordPress.

Lalu apakah gravatar ini harus ditambahkan pada email yang diregistrasi pada WordPress? Jawabannya adalah tidak wajib, namun akan terkesan lebih profesional dan menarik jika website Anda atau alamat email Anda menggunakan gravatar.

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari mengenai apa itu Gravatar dan cara membuatnya pada WordPress.

Apa itu Gravatar?

Globally Recognized Avatar atau yang disingkat menjadi gravatar adalah foto profil atau avatar pada email. Gravatar akan muncul, pada saat Anda login ke dashboard WordPress atau memberikan komentar ke website lain dengan CMS yang sama.

Jika Anda belum membuat gravatar pada email, maka biasanya foto yang akan ditampilkan pada saat Anda login ke WordPress atau membuat komentar sebagai berikut :

contoh tanpa gravatar

Sedangkan contoh yang sudah membuat gravatar seperti gambar berikut :

Terlihat lebih menarik yang mana?

Gravatar mulai diperkenalkan pada tahun 2007 oleh Tom Preston-Werner, dan saat ini menjadi fitur yang hampir digunakan oleh semua administrator WordPress. Gravatar dapat dibuat secara gratis, dan sangat mudah untuk membuatnya. Tinggal melakukan registrasi di WordPress.org, unggah gambar pada profile anda, lalu publish.

Dengan langkah tersebut, photo profile anda akan berubah pada saat melakukan login ke WordPress hingga memberikan komentar.

Sejarah Gravatar?

Pada zaman dahulu, saat internet belum banyak pengguna seperti sekarang. Orang-orang menggunakan icon sebagai alat identifikasi, seperti forum diskusi online. Dengan icon tersebut, pengguna internet dengan cepat sekali mengidentifikasi profil pengguna lainnya.

Ketika internet semakin berkembang, Blogger maupun WordPress menjadi populer dikalangan pengguna internet. Namun saat akan berkomentar dan mengetahui pengguna lain, anda diharuskan untuk melakukan registrasi atau login terlebih dahulu. Tentu ini akan menyita waktu bagi pengguna internet.

Nah, Gravatar menjawab solusi dari permasalah ini. Anda hanya perlu menggunakan Gravatar, maka foto profile Anda akan terhubung ke semua situs yang sudah terintergrasi dengan Gravatar.

Apakah Gravatar itu Penting?

Untuk website bisnis, gravatar sangat penting sebagai branding agar lebih banyak dikenali orang khalayak. Namun untuk website atau blog yang bersifat pribadi, gravatar menjadi pilihan.

Dibawah ini adalah beberapa alasan lain mengapa anda harus menggunakan fitur Gravatar, yaitu:

  • Memiliki satu akun untuk semua website
  • Mudah mengganti dan memperbarui foto Gravatar dari satu website
  • Membantu meningkatkan trafik ke website
  • Dapat membangun personal branding

Cara Membuat Gravatar?

Berikut adalah cara membuat Gravatar di WordPress.

Step 1. Akses Website Gravatar

Jika Anda sudah memiliki akun WordPress.com, maka anda hanya perlu login ke akun WordPress yang sudah dimiliki. Namun bagi Anda yang belum memiliki akun WordPress.com, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu melalui link berikut.

Gravatar Rumahweb 2

Step 2. Upload Foto/Icon

Setelah registrasi dan berhasil login, Anda bisa mengunggah foto dengan mengklik “Add New Image”. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Gravatar Rumahweb 3
Gravatar Rumahweb 4

Ada beberapa pilihan yang Anda yang tersedia. Jika ingin mengunggah foto baru, maka bisa memilih “Upload New”. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan.

Gravatar Rumahweb 5

Setelah gambar berhasil diunggah, Anda bisa memberi rating pada gambar yang telah diupload. Fitur ini bisa digunakan untuk memilih foto terbaik yang ingin anda tampilkan.

Gravatar Rumahweb 6
Gravatar Rumahweb 7

Step 3. Lengkapi Profil

Selanjutnya, Anda harus mengisi profil. Tujuannya agar orang-orang dapat mengetahui deskripsi singkat tentang website anda.

Gravatar Rumahweb 8

Isi link website dengan mengklik tulisan “Website” di sebelah kanan halaman. Hal ini wajib dilakukan bagi Anda yang ingin mensingkronisasikan website domain pribadi yang menggunakan WordPress dengan Gravatar. Agar icon profil pada Dashboard WordPress dapat tampil. Kllik Add website, tambahkan domain website nya. Lalu Save.

Gravatar Rumahweb 9

Jika domain website pribadi telah terdaftar, maka tampilan dashboard wp-admin akan menyesuaikan dengan Foto/Icon pada akun Gravatar.

Gravatar Rumahweb 10

Kesimpulan

Globally Recognized Avatar atau yang disingkat menjadi gravatar adalah foto profil atau avatar pada profil email di WordPress. Dengan gravatar, bisnis Anda akan semakin mudah dikenal. Karenanya, kami menyarankan kepada Anda untuk membuat gravatar.

Demikian artikel apa itu gravatar dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Muhamad Iqbal Ari Pratama