Rumahweb Journal
Apa itu CDN CloudFlare dan Optimasinya Pada WordPress

Apa itu CDN CloudFlare dan Optimasinya Pada WordPress

Kecepatan akses website menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan peringkat terbaik di Google. Sebagai salah satu poin core web vitals pada website, kecepatan website harus Anda perhatikan dengan seksama. Nah, salah satu cara meningkatkan kecepatan akses pada website adalah dengan menggunakan CDN CloudFlare.

Lalu, apa yang dimaksud dengan CDN dan apa itu CloudFlare? Pada artikel kali ini, Rumahweb akan menjelaskan lebih detail apa itu CDN, Apa itu CloudFlare serta cara optimasi pada CMS WordPress.

Apa itu CDN?

Pada umumnya, pengunjung website Anda mengakses konten statis website langsung dari server tempat hosting berada dan hanya dari satu lokasi saja.

CDN atau Content Delivery Network adalah layanan tambahan yang dapat mempercepat akses pengunjung ke website yang Anda miliki. Layanan CDN menyediakan cache konten statis dari website Anda yang disimpan di berbagai server Layanan CDN tersebut berdasarkan lokasi terdekat dari pengunjung website.

Saat ini telah tersedia berbagai layanan CDN baik berbayar maupun yang gratis. Kali ini Rumahweb akan memberikan panduan menggunakan layanan CDN dari CloudFlare yang disediakan secara gratis untuk WordPress Anda.

Apa itu CloudFlare?

CloudFlare merupakan salah satu penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) secara cuma-cuma alias gratis. Agar dapat menggunakan layanan CDN ini, Anda perlu mengarahkan domain Anda ke nameserver Cloudflare terlebih dahulu dengan panduan berikut: Cara Mengarahkan Name Server Domain ke Cloudflare

Setelah mengarahkan nameserver, silahkan tunggu propagasi DNS 1-3 jam ke depan lalu lanjutkan ke panduan menggunakan CDN CloudFlare pada WordPress berikut ini.

Optimasi CDN CloudFlare di WordPress

Berikut kami sampaikan beberapa cara optimasi CDN CloudFlare pada CMS WordPress, dengan cara melakukan instalasi plugin Cloudflare di WordPress.

  1. Login ke WordPress Anda sebagai administrator lalu cari dan pasang/install plugin CloudFlare.
Install dan Activate Plugin Cloudflare

2. Masuk ke menu Settings/Pengaturan > Cloudflare. Setelah itu tekan tombol Sign In Here

CDN CloudFlare pada WordPress
Sign In ke Cloudflare

3. Setelah klik tombol, Anda akan diminta memasukkan API Key, cek dengan menekan Tombol Get your API Key from here

Mengambil API Key Cloudflare

4. Anda akan diarahkan ke Window baru berikut ini. Klik tab API tokens, pada bagian Global API Key klik tombol View.

5. Copy API KEY yang didapat

6. Masukkan email yang digunakan di Cloudflare dan API Key yang telah di copy sebelumnya. Setelah itu klik tombol Save API Credentials

7. Anda akan diarahkan ke halaman baru. Silakan klik tombol Apply seperti screenshot berikut:

8. Langkah ke-8 ini merupakan langkah opsional. Silahkan aktifkan jika Anda ingin setiap melakukan update tampilan maka Cloudflare akan melakukan purge cache yang tersedia di server Cloudflare

Tekan tombol Settings

Lalu tekan tombol Off menjadi On seperti berikut ini:

Selamat! Anda telah selesai melakukan konfigurasi CDN Cloudflare pada WordPress. Jika mengalami kesulitan, silahkan dapat menghubungi tim teknis Rumahweb baik melalui livechat, telepon maupun email ke teknis[at]rumahweb.com

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Uswatun Hasana Kunio