Rumahweb’s News, Article, and Tutorial of Web Development

Journal of Rumahweb containning new, article, and tutorial of php, mysql, web design, web programming

Membuat Website dengan Web Application Framework berbasis PHP

Apa itu Web Application Framework berbasis PHP?

Web Application Framework memungkinkan anda membuat website dengan gampang dan cepat. Didalamnya tersedia fungsi-fungsi yang siap pakai untuk mengelola akses ke database, pengelolaan template beserta presentasi content, dan pengelolaan session.

Ada banyak sekali Web Application Framework berbasis PHP yang dapat dijumpai di INTERNET dan kebanyakan adalah Open Source, artinya anda dapat menggunakannya secara bebas dan gratis.

Framework-framework tersebut dari yang paling sederhana, hingga yang paling kompleks. Misalnya dengan menerapkan AJAX (Asynchronous JavaScript & XML), MVC (Model View Controller), dan atau ORM (Object Relational Mapping).

Beberapa Web Application Framework berbasis PHP adalah:

  • Canvas Framework, menerapkan MVC, website: http://canvas.es/
  • CakePHP, menerapkan MVC & AJAX, website: http://cakephp.org/
  • Symfoni, menerapkan MVC, AJAX & ORM, website: http://www.symfony-project.com/

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa itu MVC?

MVC, kependakan dari Model, View & Controller, adalah sistem aplikasi web yang terdiri dari Model, View dan Controller. Model: Menghasilkan data yang akan ditampilkan (dipresentasikan) View: Mengatur bagaimana data akan ditampilkan Controller: Menangani interaksi user, event, pemrosesan data, dll.

Apa itu AJAX?

AJAX, kependekan dari Asynchronous JavaScript & XML, adalah sistem aplikasi web yang membuat sebuah website lebih interaktif. Tujuan utamanya adalah membuat sebuah website lebih responsif terhadap aktifitas user dan melakukan perubahan presentasi data hanya pada data yang perlu diubah (diupdate atau di-refresh), dan semua itu dilakukan secara background process. Jadi sebuah website tidak perlu di-refresh secara keseluruhan untuk menampilkan presentasi data terbaru.

Apa itu ORM?

ORM, kependekan dari Object-Relational Mapping atau biasa ditulis dengan O/R Mapping, Teknik pemrograman yang menghubungkan database dengan bahasa berorientasi objek, menghasilkan virtual object database.

Bersambung …

Be Sociable, Share!

Leave a Reply