Rumahweb Journal
banner - tips memilih hosting untuk website

Tips Memilih Hosting Untuk Website Bisnis Anda

Dengan semakin banyaknya layanan web hosting di Indonesia, calon pelanggan harus berhati-hati dalam menentukan pilihan. Profesionalitas perusahaan web hosting sangat menentukan nasib website Anda. Simak tips memilih hosting untuk website dari Rumahweb, agar Anda mendapatkan opsi hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memilih Hosting Untuk Website

Berikut beberapa tips memilih hosting untuk website, agar website dapat berjalan dengan baik dan usaha anda semakin berkembang!

1. Customer Support

CS atau Customer Support adalah salah satu faktor terpenting ketika Anda memilih hosting yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Tidak peduli siapa Anda, pasti akan ada pertanyaan, komentar, dan masalah yang muncul ketika menggunakan layanannya.

Sebelum Anda memilih hosting untuk website Anda, pastikan bahwa semua pertanyaan Anda baik melalui e-mail, telepon, maupun chat online selalu dijawab dalam waktu yang cukup singkat (kurang dari 1 jam). Hal ini secara langsung mengukur tingkat profesionalitas layanan.

Bersama Rumahweb, Anda tidak perlu ragu lagi. Kami memiliki tim customer support yang bekerja bergilir 24/7 untuk memberikan layanan terbaik bagi Anda. Semua kesulitan Anda akan dibantu dengan sepenuh hati, tanpa memandang jenis layanan yang digunakan. Itulah mengapa Rumahweb menjadi salah satu web hosting terbaik di Indonesia.

2. Citra Perusahaan

Tips memilih hosting untuk website bisnis Anda yang kedua adalah citra perusahaan. Perusahaan tempat Anda membeli nama domain atau layanan web hosting mungkin hanya dikelola oleh seorang anak sekolah yang bereksperimen dengan server di kamar tidurnya, atau beroperasi dari kantor seadanya.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Apa yang terjadi dengan nama domain Anda ketika saatnya perpanjangan, atau bagaimana dengan keamanan domain Anda, jika perusahaan tersebut tidak serius atau bahkan sudah tutup? Nama domain Anda berisiko lepas ke publik dan bisnis Anda tidak dapat beroperasi dengan baik.

Oleh karena itu, selalu pilih perusahaan penyedia domain atau hosting yang telah terakreditasi, seperti ICANN Accredited Registrar, dan memiliki sertifikasi ISO terkait keamanan data pelanggan.

Rumahweb, yang berlokasi di Yogyakarta, telah beroperasi sejak tahun 2002. Kami telah melayani ratusan ribu pelanggan yang terdiri dari berbagai macam lembaga bisnis, sekolah, perusahaan, bahkan pelanggan personal. Selain itu, kami juga telah terdaftar sebagai ICANN Accredited Registrar serta ISO/IEC 27001:2022 tentang keamanan data pelanggan.

3. Domain Anda Milik Siapa?

Sejauh ini, kami mengamati bahwa masih banyak perusahaan web hosting yang tidak transparan dalam memberikan layanan. Beberapa perusahaan ini tidak memberikan hak penuh kepada pelanggan atas domain yang telah mereka beli.

Atau, meskipun domain terdaftar atas nama pelanggan, mereka tidak diberikan akses ke Domain Manager untuk mengelola domain mereka sendiri.

Di Rumahweb, kami selalu memberikan domain sepenuhnya kepada customer. Kami bahkan memberikan akses ke Domain Manager melalui Clientzone, agar customer dapat mengelola domainnya secara mandiri.

Hak atas domain yang tidak diberikan kepada customer akan membawa kesulitan, seperti :

  • Jika customer menghendaki pindah hosting, maka customer tidak dapat melakukan pemindahannya sendiri karena tidak memiliki akses pengaturan domain
  • Jika customer menghendaki untuk mentransfer domainnya ke Registrar lain, maka hal ini tidak dapat dilakukan sendiri, harus melalui pihak registrar lama
  • Bila suatu saat perusahaan web hosting tersebut tutup, customer tidak dapat mengelola lagi domainnya. Resiko paling parah adalah bahkan customer akan kehilangan domainnya karena sudah tidak dapat di perpanjang lagi

4. Harga Murah? Anda justru patut curiga!

Menawarkan layanan prima tentu saja memiliki konsekuensi biaya. Slogan harga murah tetapi layanan prima seringkali hanya sekadar gimmick. Rumahweb berusaha menjaga harga tetap rasional.

Kami memiliki kantor yang beroperasi 24/7 dengan layanan customer service dan dukungan teknis yang selalu siap membantu Anda kapan pun. Konsekuensinya, biaya operasional kami akan lebh lebih tinggi.

Ini sangat berbeda dengan banyak perusahaan web hosting lain yang hanya dijalankan oleh satu atau dua orang, seringkali sebagai pekerjaan sampingan.

Bayangkan jika Anda tertarik dengan harga murah, tetapi tahun depan atau bahkan bulan depan, perusahaan web hosting tersebut sudah tidak ada lagi. Apa yang akan terjadi? Anda bisa kehilangan domain, data web, dan mengalami kerugian lain yang akan Anda sesali, bahkan mungkin membuat Anda kapok.

Pastikan Anda menggunakan layanan hosting dari perusahaan yang benar-benar profesional. Hubungi mereka melalui telepon, chat online, atau email untuk memastikannya.

Rumahweb tidak menjanjikan harga yang murah. Kami berusaha rasional dalam hal harga. Kami memperhitungkan dengan cermat batasan pemakaian CPU, memori, space, dan traffic pada server-server kami, sehingga kami dapat menghadirkan layanan terbaik secara kontinyu.

5. Reseller Hosting atau Bukan ya?

Salah satu cara paling ekonomis untuk memulai usaha web hosting adalah menjadi reseller, hal ini karena Anda tidak perlu membiayai server sendiri. Namun, apa risikonya bagi pelanggan?

Reseller tidak dapat mengelola akun-akun hosting dengan mudah karena akses tertinggi hanya dimiliki oleh pemilik server. Akibatnya, permintaan teknis seperti pergantian kepemilikan file, pemecahan masalah email, propagasi DNS, dan lainnya tidak dapat dilayani dengan cepat karena harus menunggu tindakan dari resellernya.

Selain itu, reseller tidak akan tahu apa yang terjadi pada server. Jika server mengalami downtime, reseller tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut dan harus menunggu penyedia server untuk mengatasi masalahnya.

Sejak didirikan, Rumahweb telah memiliki dan mengelola server webnya sendiri. Dari awalnya hanya satu server, kini kami mengelola ratusan server dan terus menambahnya sesuai dengan pertumbuhan pelanggan. Kami tidak pernah memaksakan kapasitas server demi menjamin layanan yang prima. Dengan mengelola server kami sendiri, kami dapat menyelesaikan masalah dengan cepat tanpa harus menunggu pihak lain.

Tentu saja, perusahaan hosting yang profesional tidak akan pernah mempertaruhkan pelanggannya dengan menjadi reseller dari web hosting lain.

6. Kualitas Hardware, Software, dan Internet Connectivity

Perusahaan hosting yang profesional akan menjaga reputasinya dan tidak akan mempertaruhkan kualitas layanan. Oleh karena itu, hardware dan software pada server menjadi salah satu perhatian utama dalam menghadirkan layanan yang prima.

Selain itu, datacenter yang digunakan harus benar-benar berkualitas dengan konektivitas internet backbone yang andal, sehingga website pelanggan dapat diakses dengan cepat dan stabil.

Rumahweb mengoperasikan ratusan server dengan kualitas hardware minimal dual XEON (48 vCPU) dan 256GB memory. Server-server ini ditempatkan di beberapa datacenter terbaik, untuk menjamin kecepatan akses dan kestabilan koneksi website pelanggan.

Selengkapnya tentang data center Rumahweb bisa dilihat pada artikel berikut : Lokasi Data Center Rumahweb

Rumahweb Indonesia memberikan jaminan uptime server hosting hingga 99% per bulan, di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah diumumkan.

7. Pilihan hosting

Pilihan hosting yang beragam menjadi salah satu poin penting dalam tips memilih hosting untuk website, karena kebutuhan dan skala setiap website dapat berbeda-beda. Dengan berbagai pilihan hosting, pelanggan dapat memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Contohnya, situs kecil atau blog pribadi mungkin cukup dengan layanan shared hosting yang lebih terjangkau. Sementara web bisnis dengan skala menengah hingga tinggi, mungkin perlu menggunakan layanan Cloud Hosting yang memiliki resource lebih besar.

Fleksibilitas ini memungkinkan pengguna untuk mengupgrade atau mengganti jenis hosting sesuai pertumbuhan dan perubahan kebutuhan mereka, tanpa mengalami downtime atau migrasi yang rumit.

Kami memahami bahwa kebutuhan pelanggan berbeda-beda. Oleh karena itu, Rumahweb menghadirkan beragam pilihan hosting, mulai dari Shared Hosting, WordPress Hosting, Cloud Hosting, hingga layanan seperti VPS dan Dedicated Server yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

8. Keamanan data pelanggan

Tips memilih hosting untuk website yang terakhir adalah faktor keamanan. Sebagai pengguna, tentunya Anda ingin memastikan bahwa data pribadi, informasi transaksi, dan konten website Anda dilindungi secara maksimal dari ancaman seperti peretasan, pencurian data, hingga malware.

Perusahaan hosting yang baik akan memastikan bahwa server hosting mereka dilengkapi dengan keamanan yang kuat, serta menggunakan berbagai fitur untuk melindungi server dari berbagai ancaman. Hal ini tidak hanya untuk menjaga integritas dan privasi data pelanggan, tetapi juga untuk memastikan kelancaran operasional website Anda tanpa terganggu oleh insiden keamanan.

Kami sangat memahami bahwa keamanan data pelanggan dan data yang disimpan dalam server adalah prioritas utama bagi kami. Oleh karena itu, kami menyediakan layanan hosting dengan berbagai fitur keamanan seperti proteksi DDOS, WAF (Web Application Firewall), Imunify360, serta deteksi malware untuk meningkatkan keamanan server dan mengurangi risiko kerusakan pada website akibat serangan virus atau malware.

Berpengalaman, Bereputasi & Terpercaya Untuk Mendukung Bisnis Anda

Rumahweb menawarkan layanan hosting terbaik untuk bisnis Anda dengan dukungan performa, kestabilan, dan keamanan jaringan yang baik. Apa artinya ini bagi Anda? Anda akan mengalami downtime yang minimal, produktivitas yang lebih baik, dan mengurangi kekhawatiran.

Dalam persaingan bisnis yang begitu ketat, menjadi sulit bagi perusahaan web hosting baru untuk menemukan tenaga ahli dan teknisi yang profesional di bidang mereka.

Salah satu keunggulan tambahan bagi pelanggan Rumahweb adalah bahwa bisnis mereka dikelola oleh tim yang terdiri dari spesialis dengan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya, termasuk dalam penanganan keamanan server, domain, dan lainnya.

Infrastruktur Rumahweb didesain oleh programmer Unix, Perl/PHP, desainer web, pemasar profesional, dan staf lainnya yang berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan kami.

Itu tadi tips memilih hosting untuk website bisnis Anda dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Rumahweb

banner Pop Up - Hosting 99K