Rumahweb Journal

Meta Tag: Pengertian dan Contohnya pada Website

Ketika Anda yang berselancar di mesin pencari seperti Google, maka pada hasil pencarian akan terlihat deskripsi singkat pada setiap link website yang tampil. Deskripsi yang menarik akan membuat calon pengunjung untuk masuk ke situs website tersebut. Search Engine mengambil informasi meta tag pada sebuah halaman website dan menampilkannya di list pencarian. Lalu apa itu meta tag? berikut ini penjelasan singkatnya.

Pengertian Meta Tag

Tag <meta> mendefinisikan metadata tentang dokumen HTML. Metadata tidak akan ditampilkan di halaman, tetapi dapat diolah oleh mesin. Metadata digunakan oleh browser (bagaimana menampilkan konten atau memuat ulang halaman), mesin pencari (kata kunci), dan layanan web lainnya.

Meta Tag juga merupakan tag HTML yang mendeskripsikan secara singkat, isi dari sebuah halaman website. Meta Tag memberikan informasi kepada search engine tentang deskripsi halaman website Anda. Beberapa tag penting untuk SEO, itulah mengapa banyak penulis cukup memperhatikan meta tag ini untuk optimasi situs web mereka agar mendapat peringkat yang baik di search engine.

Meskipun bukan satu satunya faktor penentu peringkat di Search Engine, namun menggunakan meta tag yang tepat adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mesin pencari. Meta tag terdiri dari tiga jenis, yaitu meta title, meta description, dan meta keyword.

Meta Title

Meta title (disebut juga title tag) adalah elemen di bagian “head” dokumen HTML yang mendefinisikan judul setiap halaman situs web.

Fungsi Meta Title

Meta title digunakan oleh browser web dan juga mesin pencari seperti Google untuk menampilkan halaman web dalam hasil pencarian (SERPs). Pada browser, Anda akan menemukannya di bagian atas browser.

contoh meta tag title

Sedangkan di mesin pencari, Anda akan menemukan meta title seperti pada gambar di bawah ini. Meta title merupakan elemen yang cukup penting bagi Google untuk menilai relevansi situs web untuk kueri penelusuran tertentu.

contoh meta tag title pada halaman pencarian

Contoh Code Meta Title

Berikut ini code sample meta title pada sebuah website. Di dalam tag title, tuliskan secara singkat judul halaman website Anda.

<head><title>Contoh Judul</title></head>

Namun apabila Anda menggunakan Builder atau CMS dalam membuat website, pada umumnya akan disediakan fitur untuk mengatur meta title secara lebih mudah.

Meta Title pada WordPress

Bagi pengguna Content Management System seperti WordPress, Anda dapat menggunakan Plugin yang memudahkan dalam pengaturan SEO, termasuk dalam mengatur meta title. Plugin yang dapat digunakan misalnya All in One SEO, namun Anda juga bisa menggunakan Plugin lain sejenis yang memiliki fungsi yang sama.

contoh meta tag title pada wordpress

Meta Description

Meta Description adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman web. Pada mesin pencari seperti Google, meta deskripsi akan ditampilkan dalam hasil pencarian.

Fungsi Meta Description

Ketika calon pengunjung berselancar di mesin pencari seperti Google, Meta Description juga akan ditampilkan di hasil pencarian. Deskripsi yang menarik dapat mempengaruhi calon pengunjung untuk masuk ke halaman website Anda. Kalimat deskripsi meta ini tidak perlu terlalu panjang, karena Search Engine / Google biasanya memotong cuplikan menjadi kurang lebih 155–160 karakter.

contoh meta description pada hasil pencarian

Contoh Code Meta Description

Berikut ini code sample meta description pada sebuah website. Pada bagian description, Anda bisa menuliskan deskripsi singkat tentang halaman website Anda.

<head><meta name="description" content="Ini adalah contoh meta descriptions. Akan sering muncul di hasil pencarian."></head>

Dan bila Anda menggunakan Builder atau CMS dalam membuat website, maka umumnya akan disediakan fitur untuk mengatur meta description ini.

Meta Description pada WordPress

Plugin yang dapat digunakan di WordPress misalnya All in One SEO, terdapat fitur untuk insert Meta Description. Berikut ini contoh setting Meta Description pada Plugin tersebut:

contoh meta description pada settingan wordpress

Meta Keywords

Meta Keywords adalah jenis Meta Tag dalam HTML halaman web yang mendeskripsikan konten situs web secara singkat dan ringkas. Umumnya ditulis dalam huruf kecil, dan dipisahkan dengan koma. Hal terpenting yang harus dipastikan adalah kata kunci (meta keywords) yang Anda pilih relevan dengan halaman yang bersangkutan.

Fungsi Meta Keywords

Berfungsi untuk memberikan informasi beberapa kata kunci atau keywords yang relevan pada suatu halaman website.

Contoh Code Meta Keywords

Berikut ini sample code meta keywods. Pada bagian content, anda cukup menginputkan keywods yang relevan dengan artikel atau konten halaman website Anda. Beberapa keywords dapat diinput dengan dipisahkan tanda koma.

<meta name="keywords" content="seo, panduan seo, search engine optimisation, search engine optimization">

Seperti halnya Meta Title dan Meta Description, jika Anda menggunakan Builder atau CMS dalam membuat website, umumnya juga akan disediakan fitur untuk mengatur Meta Keywords secara lebih mudah.

Meta Keywords pada WordPress

Seperti halnya Meta Description, pada WordPress yg menggunakan plugin All in One SEO juga terdapat fitur untuk insert Meta Keywods. Anda juga bisa menggunakan jenis plugin yang lain sesuai dengan keperluan.

contoh meta keyword pada wordpress

Demikian panduan terkait meta tag, engertian meta tag dan contoh penggunaannya pada website, semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo