Rumahweb Journal
Apa itu Google Trends

Apa Itu Google Trends dan Bagaimana Cara Menggunakanya

Google Trends merupakan sebuah tools dari Google, yang memiliki banyak manfaat seperti research keyword, perbandingan keyword, hingga melihat trend berita yang sedang hangat dicari atau dibicarakan oleh warganet. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu Google trends dan bagaimana cara menggunakannya, agar website Anda mendapatkan trafik yang lebih banyak dari pencarian Google.

Apa itu Google Trends

Pertama kali dirilis pada tahun 2006, Google Trends menjadi salah satu tools yang paling banyak digunakan oleh blogger hingga praktisi SEO untuk mencari kata kunci. Google Trends adalah tools dari Google yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk melakukan pencarian topik ataupun melakukan riset kata kunci (keyword) yang sedang populer. Selain itu Google Trends memiliki tampilan yang sederhana yang cukup informatif dan dapat digunakan secara gratis.

Dengan Google trend, Anda bisa melihat kabar yang sedang hangat di perbincangan di hampir seluruh negara. Selain Anda mendapatkan update berita terbaru yang sedang hangat dibicarakan, Anda juga bisa melakukan banyak hal dengan data tersebut.

Misalnya bagi pada blogger atau pemiliki portal berita, Anda bisa menyusun strategi dengan mengulas berita-berita yang sedang hangat, sehingga trafik website Anda akan semakin besar. Itu hanya salah satu fungsinya, masih banyak fungsi lainnya. Berikut beberapa diantaranya.

Fungsi Google Trends

  • Mengetahui topik-topik populer dalam jangka waktu tertentu. Dengan melihat topik-topik terpopuler di mesin pencari Google, akan bermanfaat bagi para blogger untuk membuat konten guna meningkatkan pengunjung situs atau blog. 
  • Menentukan Target. Dengan Google Trends, pengguna dapat melihat pengunjung yang ditargetkan dengan cepat mendapatkan tempat dalam diskusi. Melalui layanan Google ini, pengunjung dapat melihat statistik tentang wilayah kota, wilayah bahkan bahasa yang dapat dijadikan sasaran untuk digunakan dalam pembahasan blog ini.
  • Mengetahui frekuensi keyword yang yang di tampilkan. Dengan Google Trends, kita juga dapat melihat seberapa sering suatu topik muncul di mesin pencari atau Google News, serta area mana yang paling membutuhkan topik tersebut. Melalui tingkat frekuensi ini, pemasar dapat menetapkan tujuan promosi produk dan layanan yang akan dipasarkan dalam satu area. 
  • Menentukan Kata kunci (keyword). Bagi para blogger atau pun content writer, kata kunci sangatlah penting, terutama bagi mereka yang ingin menjadikan topik blognya menduduki peringkat pertama di mesin pencari Google. 

Cara Menggunakan Google Trends

Selain memiliki banyak fitur yang diperlukan untuk melakukan riset atau mencari kata kunci (keyword), Anda dapat mengakses Google Trends secara gratis. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menggunakan Google Trends simak penjelasan berikut ini :

Cara Mengakses Google Trends dengan Akun Google

Bagi Anda yang sudah memiliki Akun Google, Anda cukup membuka halaman Google Trends

Tampilan awal Google Trends

Pada bagian awal ini, Anda dapat melihat hasil pencarian dengan kata kunci tertentu, dari mulai pemetaaan, peningkatan grafik dan perbandingan kata kunci.

Anda juga dapat mencari kata kunci yang sedang trending atau yang sedang populer dicari setiap harinya. Didalamnya Anda juga dapat memilih trending atau kata kunci yang populer disuatu negara setiap harinya.

Menu Google Trends

Untuk melihat pencarian yang sedang populer, anda dapat masuk melalui “icon Sidenav pada pojok kiri atas  (?) kemudian pilih Trending Searches”

Cara Mencari Keyword

Jika Anda sudah memiliki topik atau kata kunci yang ingin di telusuri, langsung saja tuliskan pada kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’. Pada contoh kali ini saya akan mencoba melakukan penelusuran menggunakan kata kunci “Laptop”

Hasil pencarian keyword pada google trends

Setelah melakukan penelusuran dengan menggunakan kata kunci “Laptop” akan muncul grafik seperti diatas, Anda dapat  melihat kenaikan dan penurunan grafik dari keyword yang dicari. Sehingga Anda dapat memperkirakan prospek dari kata kunci atau keyword yang Anda cari

Tampilan minat dari kata kunci di suatu daerah

Selain itu, Anda juga dapat menganalisis minat dari kata kunci berdasarka daerah, pada kata kunci “Laptop” yang saya lakukan penelusuran, ternyata wilayah Yogyakarta memiliki minat yang paling tinggi dari kata kunci yang dicari.

Perbandingan kata kunci pada google trends

Menariknya, Anda dapat membandingkan keyword yang sebelumnya kamu cari dengan keyword lain yang sejenis menggunakan fitur compare. Hal ini berfungsi agar Anda dapat  mengetahui bagaimana performa keyword yang kamu cari dibandingkan dengan keyword lain. Ketika keyword Laptop dibandingkan dengan Komputer ternyata grafik tersebut menunjukkan bahwa Laptop memiliki grafik yang lebih baik daripada Komputer. Sehingga anda dapat mempertimbangkan keyword yang anda cari untuk tujuan marketing atau digital marketing.

Baca juga: Cara Riset Keyword Yang Tepat Untuk Website

Memprediksi Tren Google

Informasi yang diberikan Google Trends cukup lengkap. Anda dapat menggunakan informasi yang Anda dapatkan dari Google Trends untuk membuat konten Anda semenarik mungkin berdasarkan kata kunci yang tepat, yang tentunya menimbulkan rasa optimis dan nenempati halaman pertama pencarian Google. Namun kenyataanya tidak semudah itu.yang jadi masalah adalah bukan bagaimana konten Anda dibuat , melainkan bagaimana data yang diperoleh dari Google Trends ditampilkan.

Tidak semua orang dapat membaca data Google Trends dengan benar. Ketika semua pengguna menganalisis data yang sama, kemungkinan hasilnya akan berbeda.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah, Memilih trend sesuai dengan negara atau kategori yang Anda targetkan. Bandingkan frasa atau kalimat yang memiliki arti yang sama. Misalnya, kata kunci “Laptop”. Lihat grafik. Jika grafik naik, tren di masa depan kemungkinan akan terus naik. Namun Anda juga perlu berhati-hati dan berhati-hati tentang hal ini karena setiap kata kunci memiliki tren naik untuk periode tertentu.

Demikian pembahasan tentang apa itu Google Trends dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Akbar Wirabattana