Rumahweb Journal

Mengatur Halaman Statis WordPress untuk Homepage

WordPress adalah CMS yang sangat fleksibel. Kita bisa mengatur tampilan WordPress sesuai dengan kebutuhan dalam membuat website. Oleh karenanya, saat ini WordPress menjadi CMS terfavorit yang digunakan oleh banyak desainer website di seluruh dunia.

Secara default, WordPress akan menampilkan posting terbaru yang kita terbitkan, kemudian diikuti dengan posting-posting sebelumnya. Akan tetapi WordPress bisa juga diatur supaya menampilkan satu halaman tertentu saja di tampilan mukanya (homepage). Tampilan tersebut bisa digunakan apabila kita ingin membuat website profil, dimana tampilan muka website ingin menampilkan satu halaman tertentu yang bersifat statis.

Pada tutorial kali ini, sebagai contoh, kami ingin membuat halaman Tentang Saya sebagai tampilan statis default homepage di WordPress. Berikut langkah-langkah untuk setting static homepage pada WordPress :

1. Login ke halaman Administrator WordPress (wp-admin).
2. Masuk ke menu Settings -> Reading.

halaman page reading - Mengatur Halaman Statis WordPress untuk Homepage

3. Pada menu Your homepage displays, pilih opsi A Static Page. Pilih halaman Tentang Saya, kemudian klik tombol Save Changes.

setting a static page - Mengatur Halaman Statis WordPress untuk Homepage

4. Terakhir, akses kembali domain, dan sekarang halaman Tentang Saya muncul sebagai tampilan default statis di website.

tampilan homepage - Mengatur Halaman Statis WordPress untuk Homepage

5. Apabila ingin mengubah tampilan homepage ke halaman yang lain, ulangi langkah di atas, kemudian ganti ke halaman yang diinginkan ( Misal : Beranda, Blog, dan lainnya).

6. Apabila ingin mengembalikan tampilan homepage kembali ke opsi default, silahkan kembali ke langkah nomor 3, lalu ubah opsinya dari A static page menjadi Your latest post.

Demikian panduan untuk mengatur halaman statis di WordPress untuk Homepage. Apabila mengalami kendala terkait proses tersebut, silahkan menghubungi tim Technical Support untuk diberikan panduan step by step secara lebih mendetail.

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi