Rumahweb Journal

Mengatasi Briefly unavailable for Scheduled Maintenance Pada WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan saat ini. Banyak website-website besar yang menggunakan CMS WordPress, hal tersebut karena WordPress adalah CMS yang aman, selalu update, banyak pilihan tema atau plugin yang dapat digunakan.

Walaupun begitu, terkadang terdapat beberapa kendala sederhana yang menyebabkan website gagal akses. Contohnya seperti Muncul notifikasi “Briefly unavailable for Scheduled maintenance. Check back in a minute”. Seperti gambar berikut,

Cara mengatasi Briefly unavailable for Scheduled maintenance pada WordPress - 1

Bagi Anda yang sudah lama menggunakan WordPress, mungkin akan terbiasa jika menemukan kendala tersebut dan dapat mengatasi hanya dalam beberapa langkah. Tetapi Apabila Anda baru saja menggunakan WordPress, mungkin akan sedikit kebingungan apa yang sebenarnya terjadi pada website.

Pada panduan kali ini, Rumahweb akan membahas mengenai bagaimana mengatasi tampil notifikasi “Briefly unavailable for Scheduled maintenance. Check back in a minute” pada WordPress.

Perlu diketahui bahwa notifikasi tersebut tampil disebabkan karena sedang dilakukan update Plugin, Tema, atau versi WordPress. Jadi Anda hanya perlu menunggu beberapa menit sampai proses Update selesai dan website akan dapat diakses kembali.

Sudah lebih dari 30 Menit tapi kok website belum bisa diakses dan masih muncul notif maintenance?

Apabila sudah lebih dari 30 menit tetapi tampilan website masih saja notifikasi maintenance, hal tersebut bisa disebabkan karena kegagalan update.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menghapus atau rename file .maintenance melalui file manager hosting. Berikut langkah-langkahnya :

A. Dari cPanel (Bagi Pengguna Share Hosting dan Cloud Hosting)

  1. Silahkan Anda login terlebih dahulu ke cPanel hosting dan masuk ke menu File manager seperti gambar berikut,
Cara mengatasi Briefly unavailable for Scheduled maintenance pada WordPress -  masuk file manager

2. Setelah itu, silahkan Anda masuk ke folder dimana WordPress di install, dan hapus file .maintenance

Cara mengatasi Briefly unavailable for Scheduled maintenance pada WordPress -  hapus file .maintenance

B. Dari Plesk Panel (Pengguna WordPress Hosting)

  1. Silahkan Anda login terlebih dahulu ke Plesk Panel Hosting
  2. Setelah berhasil login, silahkan Anda masuk ke Menu File Manager atau klik directory websitenya seperti gambar berikut :

3. Setelah berhasil masuk ke file manager, silahkan Anda hapus file .maintenance

Untuk Layanan WordPress Hosting, selain menghapus file .maintenance, Anda juga dapat menonaktifkan maintenance mode melalui WordPress Toolkit.

Untuk menonaktifkan Maintenance Mode melalui WordPress Toolkit, silahkan Anda masuk ke menu WordPress lalu klik toogle “Maintenance Mode” seperti gambar berikut :

Setelah berhasil menghapus file .maintenance, website dapat diakses kembali dengan normal seperti screenshot berikut :

Cara mengatasi Briefly unavailable for Scheduled maintenance pada WordPress - normal

Demikian panduan mengatasi Briefly unavailable for Scheduled maintenance pada WordPress, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Apabila ada kendala atau pertanyaan Anda dapat menghubungi kami melalui Livechat atau email.

Tinggalkan Komentar

Wahid Husain