Rumahweb Journal
Banner - Menambahkan Email Administrator di Layanan Google Workspace

Menambahkan Email Administrator di Google Workspace

Terkadang, kita perlu berbagi hak akses administrator kepada staff lain, agar ketika kita sakit atau berhalangan untuk mengakses internet ada admin lain yang dapat diandalkan. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara menambahkan email administrator di layanan Google Workspace.

Ada beberapa manfaat ketika kita berbagi akses administrator Google Workspace kepada staff lain, seperti ketika salah satu admin sakit atau tidak dapat online segera, ada staff lain sebagai backup yang dapat membantu untuk mengelola layanan emailnya. Baik membuat user baru, menghapus user tak terpakai hingga membantu mengelola fitur pada Google Workspace atau Google Suite.

Dengan demikian, potensi kinerja grup akan tetap stabil dan usaha Anda tidak akan terganggu. Karenanya, Ada baiknya untuk berbagi hak akses admin kepada staff yang kompeten.

Lalu bagaimana cara menambahkan hak administrator ke email lainnya di Google Workspace? Sebelum kami jelaskan caranya, terlebih dahulu kami akan mengulas sedikit tentang Google Admin Console yang merupakan halaman dashboard Google Workspace untuk mengelola layanannya.

Apa itu Google Admin Console?

Google Workspace adalah tools kolaborasi dari Google yang menyediakan layanan email, video conference, drive dan lainnya. Dengan Google Workspace, semua yang Anda butuhkan untuk bekerja bisa dilengkapi.

Google Workspace dapat dikelola melalui google admin console, yaitu sebuah dashboard yang digunakan untuk mengelola layanan Google Workspace. Di halaman Google admin console Anda dapat melakukan verifikasi domain, membuat email, menghapus email, mengedit alamat email hingga semua pengaturan fitur Google Workspace.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Halaman admin console dapat diakses melalui admin.google.com. Jika Anda memesan layanan Google Workspace di Rumahweb, Anda akan menerima email berupa informasi aktivasi layanan yang di dalamnya berisi username dan password untuk login.

Menambahkan email administrator Google Workspace

Berikut cara menambah email administrator di layanan google workspace.

  1. Login ke admin console google terlebih dahulu. Setelah login, buka Menu >  Directory (direktori) > Users (Pengguna). Lalu klik salah satu email yang akan dijadikan sebagai email admin google workspace. 
memilih email yang akan diubah menjadi admin google workspace
  1. Scroll kebawah dan cari bagian Admin Roles and Privileges (peran dan hak akses admin), lalu klik tombol assign roles.
menambahkan email administrator
  1. Hidupkan toggle untuk super admin, lalu klik  tombol save di bagian bawah.
cara menambahkan role untuk email terpilih

Setelah disimpan, akun email tersebut akan berubah statusnya menjadi administrator dalam beberapa menit kedepan. Namun untuk memastikan akun sudah berubah menjadi akun admin, bisa diperlukan waktu hingga 24 jam kedepan.

Saat akun admin baru ini login, akan diarahkan ke halaman konsol admin google workspace. Disini, Akun admin dapat melihat semua kontrol untuk mengelola layanan google workspace tersebut. 

Untuk mengembalikan role akun tersebut kembali menjadi user biasa, tinggal ulangi langkah yang dilakukan tadi, tetapi di togglenya dimatikan, agar role admin lepas dari akun tersebut.

Demikian panduan ini kami buat, semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Edi Purnomo

Sedang baik-baik saja. Bagian dari Technical Support Rumahweb juga. Nulis Artikel juga.