Rumahweb Journal
Banner - Cara Import Email Webmail ke Google Workspace (Gmail)

Cara Import Email Webmail ke Google Workspace (Gmail)

Jika Anda sebelumnya menggunakan email hosting dan telah beralih ke Google Workspace, ada cara mudah untuk memindahkan data email sebelumnya ke Gmail. Dalam panduan ini, kami akan berbagi cara import email webmail ke Google Workspace secara mudah.

Sebelum melakukan proses import data ini, pastikan bahwa email hosting Anda tetap bisa diakses atau masih aktif dan bisa digunakan untuk login melalui webmail.

Perlu Anda ketahui, import data email hanya berlaku pada Inbox webmail saja, tidak bisa dilakukan pada data email seperti folder Sent, Junk, Spam, Trash dan lain-lain.

Berikut cara import data email dari webmail ke layanan Google Workspace.

Step 1. Mengijinkan Opsi Import Webmail

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memberi ijin agar proses import dari webmail dapat dilakukan. Setting ini dilakukan melalui Admin console Google Workspace, berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke halaman admin console Google Workspace.
  2. Masuk ke menu Apps -> Google Workspace -> Gmail -> Setup.
Setup Import Webmail
  1. Pada menu “User email uploads” centang opsi “Show users the option to import mail and contacts from Yahoo!, Hotmail, AOL, or other webmail or POP3 accounts from the Gmail settings page”
  2. Klik tombol Save untuk menyimpan opsi tersebut.
User-Email-Uploads

Pada saat ini, opsi import webmail sudah diijinkan pada akun user google workspace Anda.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Step 2. Import Data Email Webmail

Selanjutnya, silahkan Anda login ke akun gmail yang akan melakukan import data. Berikut cara import email webmail ke Google mail atau Gmail.

  1. Login ke Google mail.
  2. Setelah berhasil login, klik menu Setting atau setelan dengan klik icon gear yang ada di bagian kanan atas, lalu masuk ke menu “Account and Import” lalu pilih menu “Import mail and contacts“.
Import-email-and-contacts
  1. Selanjutnya, masukkan alamat email webmail yang datanya akan Anda import ke akun Google Workspace. Kemudian pilih Continue untuk melanjutkan.
isikan alamat email
  1. Langkah selanjutnya, masukkan password email yang sesuai pada kolom password, dan lengkapi data akun pop3 email, yaitu:
  • Username: alamat email lengkap
  • POP3 Server: masukkan hostname mail server hosting Anda. Contohnya arimbi.iixcp.rumahweb.com atau wpiix12.rumahweb.com. Anda bisa melihat informasi hostname mail server, pada layanan hosting yang Anda gunakan. Untuk port, Anda tetap bisa menggunakan port 110.
lengkapi informasi email lama
  1. Setelah itu, masukkan opsi import email sesuai kebutuhan. Klik tombol ‘Start Import’.
pilih opsi import data email
  1. Tunggu proses checking / pemeriksaan beberapa saat, bila konfigurasi sudah sesuai, maka akan muncul keterangan bahwa proses import sudah dimulai.
cara import email webmail ke google mail

Proses import akan memakan waktu beberapa menit hingga 48 jam, tergantung banyaknya data email yang dipindahkan. Proses ini berjalan pada background, seingga anda bisa menutup browser maupun logout dari akun email, dan proses import data email ke google workspace tetap berjalan secara bertahap.

Demikian cara import email webmail ke Google Workspace, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Bayo AM