Rumahweb Journal
banner - Cara Disable Prefix Database pada VPS cPanel

Cara Disable Prefix Database pada VPS cPanel

Pernahkan Anda mendengar istilah prefix database? Sederhananya, prefix database adalah sebuah kata yang ditambahkan dan ditempatkan di depan nama tabel. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu prefix hingga cara disable prefix database pada VPS cPanel.

Apa Itu Prefix Database?

Prefix database adalah kata atau huruf acak yang ditambahkan di depan nama table dalam sebuah database. Prefix database sering digunakan untuk menghindari potensi bentrokan nama table, ketika menggunakan satu database untuk beberapa aplikasi sekaligus.

Database prefix digunakan juga oleh beberapa CMS seperti WordPress, Joomla, dan lainnya. Umumnya, WordPress menggunakan prefix berupa ‘wp_’, sedangkan Joomla menggunakan prefix ‘joomla_’ secara default.

Fungsi Prefix Database

Ada beberapa fungsi dari penggunaan prefix pada database, berikut diantaranya:

  • Keamanan: Prefix dapat menambah lapisan keamanan tambahan dengan menyulitkan upaya SQL injection.
  • Menghindari duplicate nama table: Ketika menggunakan satu database untuk beberapa aplikasi sekaligus, prefix dapat membantu mencegah duplicate nama tabel.
  • Manage database lebih mudah: Dengan prefix, Anda akan lebih mudah mengelola database dengan mengidentifikasi table berdasarkan prefix.

Dari alasan diatas, kami menyarankan Anda untuk selalu menggunakan prefix pada setiap database yang dibuat. Namun, ada beberapa developer yang cenderung tidak mau menggunakan prefix database. Mari kita bedah beberapa alasannya.

Kenapa memilih tidak menggunakan prefix pada database?

Ada beberapa alasan kenapa sebagian web developer enggan menggunakan prefix di database, berikut diantaranya:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

1. Optimasi query

Ketika menggunakan prefix yang panjang dan kompleks, hal ini dapat memperlambat query database karena database engine harus memproses tambahan karakter prefix tersebut.

Dengan tidak menggunakan prefix atau menonaktifkannya, maka performa query dapat meningkat. Hal ini yang sering dijadikan alasan oleh beberapa developer untuk tidak menggunakan prefix pada database.

2. Kemudahan backup dan restore

Pada beberapa kasus, proses backup dan restore database menjadi lebih mudah tanpa adanya prefix yang berlebihan. Terutama jika Anda melakukan migrasi database dari satu server ke server lain, atau dari satu platform ke platform lainnya.

Pada layanan hosting, Anda tidak bisa mendisable prefix ketika membuat database di cPanel. Namun, jika Anda menggunakan layanan VPS cPanel, Anda bisa mendisable prefix database secara mudah melalui WHM.

Disable Prefix database di cPanel melalui WHM

Pada layanan VPS cPanel, Anda dapat memilih untuk mendisable prefix database, atau tetap menggunakan prefix database. Bagi Anda yang ingin mendisable prefix database, Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  1. Login ke WHM melalui https://ip_vps_anda:2087.
  2. Kemudian cari menu “Tweak Settings” pada kolom pencarian.
menu tweak setting whm
  1. Pada kolom pencarian tweak setting, isikan dengan “Require a username prefix on names of new databases and database users” kemudian pilih OFF.
disable prefix database di whm
  1. Sampai tahap ini, disable prefix database melalui WHM telah selesai.

Selanjutnya, Anda dapat membuat database di cPanel tanpa prefix tambahan pada nama database maupun user databasenya.

Demikian artikel kami tentang cara disable prefix database pada VPS cPanel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D