Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Custom Domain ke Squarespace melalui clientzone Rumahweb

Squarespace memang sudah menjadi platform umum yang digunakan khususnya para peselancar internet untuk membuat website dengan mudah dalam satu kali klik. Seperti platform untuk membuat website pada umumnya, squarespace juga menyediakan fitur untuk custom domain ke squarespace namun Anda harus pastikan dulu bahwa akun yang Anda miliki bukan akun free/trial alias premium. Karena jika tidak, maka akses ke alamat domain akan menjadi private alias bukan public.

Berikut kami berikan langkah langkah untuk custom domain ke squarespace.

1 . Login ke squarespace.com

2. Masuk ke dashboard kemudian pilih website yang akan Anda lakukan custom ke domain yang sudah Anda beli di Rumahweb. Jika belum punya domainnya bisa order dahulu melalui link berikut ini : https://order2.rumahweb.com/

3 . Saat Anda masuk ke websitenya, kurang lebih akan menampilkan halaman seperti screenshot di bawah ini. Anda cukup pilih menu settings.


4 . Pada opsi menu settings, terdapat beberapa menu. Silakan bisa klik menu “Domains” seperti screenshot berikut ini :

5 . Untuk melakukan custom domain ke squarespace, Anda di berikan dua opsi yang bisa dipilih yakni menggunakan domain dari squarespace langsung atau bisa juga domain dari Rumahweb yang telah Anda beli sebelumnya. Untuk domain dari Rumahweb, silakan pilih “use a domain i own”.

6 . Isikan nama domain Anda lengkap dengan “www”nya pada kolom domain name kemudian pilih continue. Contoh : www.namadomainsaya.com :

7 . Pada opsi ini, Anda cukup pilih “connect from providers”

8 . Anda akan di sediakan setting record yang diminta oleh pihak squarespace untuk memverifikasi domain milik Anda. Pada opsi ini, Anda akan diminta menginputkan DNS berupa A record dan CNAME record seperti screenshot berikut ini :

9 . Untuk melakukan penginputan DNSnya, Anda bisa login ke halaman clientzone kemudian cari menu Domain > List Domain saya > klik active dan masuk ke menu DNS management.

Berikut contoh pengisian CNAME Record squarespacenya, silakan disesuaikan dengan record yang Anda miliki ya.

Penginputan record NAME www :

Penginputan A record, lakukan berulang untuk 3 A record lainnya.

11 . Setelah selesai, silakan tunggu propagasi DNSnya dahulu. Estimasi waktu yang dibutuhkan yakni 1-24 jam kemudian Anda bisa coba klik “Refresh”. Jika sudah terpropagasi maka akan muncul tulisan “correct” dengan warna hijau seperti screenshot di bawah ini. Selanjutnya, Anda bisa klik “TEST CONNECTION”.

12 . Jika Anda masih di masa trial, maka website belum dapat Anda lihat alias jika diakses akan muncul “private” seperti screenshot dibawah ini. SIlakan hubungi pihak squarespacenya untuk upgrade ke paket premium agar support dilakukan custom domain ya.

Dan selesai ! Bagaimana mudah bukan? Jadi yang harus Anda perhatikan adalah untuk bisa melakukan custom domain maka harus menggunakan akun squarespace yang premium. Semoga bermanfaat 🙂

Seperti biasa, jika ada kendala terkait custom domain squarespace, silakan bisa menghubungi support kami melalui email ke teknis[at]rumahweb.com ya! Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas

Blog Competition