Rumahweb Journal
Banner - Apa Itu DNSSEC dan Cara Membuatnya di Rumahweb

Apa Itu DNSSEC dan Cara Membuatnya di Rumahweb

DNSSEC digunakan untuk mengamankan beberapa jenis informasi yang diberikan oleh Domain Name System (DNS). Tujuan DNSSEC salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan public di internet, dengan membantu melindungi user dari pengalihan ke situs web palsu dengna alamat DNS yang tidak valid.

Pada artikel ini, kami akan membahas tetang pengertian DNSSEC serta cara membuat record DNSSEC di Rumahweb. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu DNSSEC?

DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menerjemahkan alamat berupa IP menjadi sebuah nama domain. Dengan DNS, kita lebih mudah mengenali dan mengakses ke sebuah situs website.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, DNS memiliki banyak sekali record dan salah satunya adalah DNSSEC. Domain Name System Security Extensions atau yang disingkat menjadi DNSSEC adalah rangkaian dari Internet Engineering Task Force (IETF) untuk mengamankan beberapa jenis informasi yang diberikan oleh Domain Name System (DNS).

Dengan DNSSEC, keamanan pada sistem DNS kita akan semakin kuat dan tidak mudah diserang melalui teknik DNS Spoofing. Hal ini disebabkan DNSSEC mampu mencegah terjadinya kebocoran DNS pada sistem kita. Sehingga ketika domain kita diakses, maka dapat dipastikan domain mengarah ke DNS server yang tepat.

Proses verifikasi DNSSEC menggunakan digital signature technology atau yang lebih mudah kita kenali dengan “tanda tangan digital”.

Saat ini, konfigurasi DNSSEC melalui clientzone tersedia untuk seluruh domain ID (Indonesia), domain .COM/.NET dan domain yang diterbitkan oleh registry CentralNic.

Selain ekstensi yang telah disebutkan, maka penambahan DNSSEC bisa dilakukan dengan cara merequest kepada kami terlebih dahulu melalui tiket maupun email ke teknis. Jangan lupa, sertakan nama domain dan DS Record yang akan digunakan agar dapat kami bantu buatkan.

Cara Membuat DNSSEC di Clientzone

Peringatan: Pastikan Anda paham dalam menggunakan fungsi DNSSEC. Kegagalan pada saat pembuatan record dapat membuat domain Anda tidak dapat diakses.

Pastikan bahwa Anda telah membuat DNSSEC record di server tujuan terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menambahkan DNSSEC melalui halaman Clientzone Rumahweb.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktivasi layanan DNSSEC:

  1. Login ke member area di url https://clientzone.rumahweb.com
  2. Masuk ke menu Domain Active

Lalu klik manage

  1. Masuk ke menu “DNSSEC”
  1. Pada saat muncul panel pembuatan record DNSSEC, isikan Key Tag, Algorithm, Digest Type, dan Digest.
  1. Kemudian klik tombol “Add Record” ketika record sudah lengkap. Setelah itu, akan muncul masing-masing record yang sudah tersimpan.

Jika ingin menghapus record, klik tombol delete (x) pada baris record yang akan dihapus.

Konfigurasi yang ditampilkan di panel adalah record-record yang digunakan. Klik tombol Back untuk menutup panel DNSSEC.

Demikian cara mudah membuat DNSSEC di Rumahweb, selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Triyadi