Rumahweb Journal
Banner - Cara Upload File Flask Python di cPanel

Cara Upload File Flask Python di cPanel

Flask adalah salah satu framework berbasis Python yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi maupun layout pada website. Bagi Anda yang telah selesai membuat project flask di localhost, Anda bisa mengupload file project Flask ke hosting agar dapat diakses secara global. Karenanya pada panduan ini, kami akan berbagi cara upload file flask Python di cPanel hosting.

Namun sebelum kami jelaskan cara upload file Flask ke cPanel, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu Flask Python secara singkat. Berikut informasinya.

Apa itu Flask Python

Flask adalah framework yang ditulis dengan bahasa pemrograman Python, yang berfungsi sebagai kerangka aplikasi atau kerangka layout pada sebuah tampilan website.

Dengan flask, Anda dapat lebih mudah mengembangkan hingga membuat halaman baru dengan struktur data yang sudah dibuat sebelumnya. Sehingga Anda tidak perlu membuat scripting ulang hanya untuk membuat halaman baru.

Anda bisa membuat aplikasi berbasis Flask ini melalui localhost terlebih dahulu. Setelah pembuatan Flask Python selesai, Anda bisa mengupload filenya ke hosting agar dapat diakses secara online.

Cara Upload Flask Python di cPanel

Setidaknya ada 2 tahapan yang perlu Anda lakukan, untuk mengupload file Flask ke hosting. Berikut langkah-langkahnya.

Step 1. Setup Flask di cPanel

Tidak semua layanan hosting support Python, sehingga Anda perlu memastikan bahwa hosting Anda telah support Python terlebih dahulu. Di Rumahweb, fitur Python tersedia mulai paket Medium dan Large di layanan Shared hosting, dan semua paket Cloud Hosting.

Setelah memastikan hosting Anda support Python, langkah selanjutnya Anda perlu melakukan setup Flask di cPanel. Panduannya bisa Anda pelajari melalui link berikut: Cara setup Flask di cPanel

Step 2. Upload File Flask Python ke cPanel

Setelah selesai setting Flask di cPanel, selanjutnya Anda bisa mengupload file Flask ke cPanel dengan panduan sebagai berikut:

  1. Silahkan upload project flask Anda ke dalam Application root python app yang Anda buat.
  2. Extract file ZIP project flask Anda, pastikan lokasi hasil extract sudah sesuai di dalam Application root python app.
Upload File Flask Python cPanel
  1. Edit file “passenger_wsgi.py“, hapus semua isi script di dalam file tersebut lalu ganti dengan script berikut:
from namafileproject import app as application

Catatan:

Pada bagian “namafileproject”, silahkan sesuaikan namanya pada index route flask yang akan digunakan. Contohnya nama project yang kami buat adalah “webapp.py”, jadi kami isikan nama file projectnya “webapp”.
  1. Silahkan akses kembali halaman Setup Python App di cPanel hosting Anda, lalu klik “Restart the Application”.
  1. Setelah proses restart app selesai, silahkan coba akses url project flask Anda. Kami sarankan untuk mencoba akses menggunakan private window / icognito browser.
  2. Apabila tidak ada error ketika melakukan restarting, artinya project Flask Anda sudah dapat diakses secara online. Silahkan Anda coba akses kembali nama domainnya. Berikut contoh tampilan default Flask yang kami buat.

Sampai tahap ini, cara upload file Flask Python di cPanel telah selesai.

Demikian panduan kami tentang apa itu Flask Python beserta cara upload file Flask Python di cPanel hosting. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Benny Eko Priharyanto