Rumahweb Journal
Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari WHM

Cara Suspend dan Unsuspend Akun cPanel Melalui WHM

Bagi Anda yang memiliki usaha self-hosting atau menjadi administrator VPS, terkadang Anda perlu melakukan suspend dan unsuspend akun cPanel untuk sementara waktu. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara suspend dan unsuspend akun cPanel melalui WHM pada layanan VPS KVM.

Pada VPS dengan lisensi cPanel, Anda dapat dengan mudah melakukan suspend akun cPanel melalui halaman WHM. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara suspend akun cPanel melalui WHM dan memberikan panduan untuk mengelola proses ini secara efisien dan efektif.

Namun, sebelum kami bahas tentang cara suspend akun cPanel dari WHM, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu WHM dan beberapa alasan yang menyebabkan perlu dilakukannya suspend pada akun cPanel. Simak informasi berikut ini.

Apa itu WHM?

WHM (Web Host Manager) adalah kontrol panel web yang digunakan untuk mengelola server hosting dengan sistem operasi Linux. WHM memungkinkan administrator server melakukan berbagai tugas penting, seperti membuat dan mengelola akun hosting, mengatur resource, dan masih banyak lagi.

Secara umum, WHM memungkinkan administrator mengelola banyak fitur penting pada server hosting. Dengan WHM, Anda dapat mengelola server tanpa harus menggunakan command line atau memiliki pengetahuan teknis mendalam tentang sistem operasi Linux.

Selengkapnya tentang WHM dapat Anda baca pada artikel: Apa itu WHM

Alasan melakukan suspend akun cPanel

Ada beberapa alasan yang mungkin membuat Anda perlu melakukan suspend pada akun cPanel di layanan VPS atau self hosting yang Anda buat. Berikut beberapa diantaranya:

1. Pelanggaran Kebijakan

Jika pemilik akun melanggar ketentuan layanan atau kebijakan pengguna, seperti menggunakan server untuk aktivitas ilegal atau spamming, maka suspensi akun mungkin diperlukan untuk melindungi integritas dan reputasi server.

2. Pembayaran yang Tertunggak

Jika pemilik akun gagal membayar tagihan hosting mereka dalam waktu yang ditentukan, suspensi akun bisa menjadi langkah yang diambil untuk mendorong pembayaran atau melindungi sumber daya server dari penyalahgunaan.

3. Kegiatan Berbahaya

Jika ada tindakan atau aktivitas dari akun tertentu yang membahayakan keamanan server atau pengguna lain, seperti serangan malware atau kebocoran data, suspensi akun bisa menjadi tindakan pencegahan yang diperlukan.

4. Penggunaan Sumber Daya Berlebih

Jika akun menggunakan sumber daya server secara berlebihan dan mengganggu kinerja server secara keseluruhan atau menghambat pengguna lain dari menggunakan sumber daya yang dibagikan, suspensi akun bisa diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Permintaan Pengguna

Terkadang, pengguna sendiri meminta untuk menangguhkan akun mereka sementara, misalnya jika mereka ingin melakukan perbaikan pada situs web mereka atau jika mereka tidak akan menggunakan layanan hosting untuk sementara waktu.

6. Pelanggaran Hukum

Jika aktivitas yang dilakukan oleh user melanggar hukum atau ketentuan hukum yang berlaku, suspensi akun bisa menjadi tindakan yang diambil untuk mematuhi peraturan hukum dan menghindari masalah hukum lebih lanjut.

Tindakan suspensi akun biasanya diambil sebagai langkah terakhir setelah pertimbangan yang matang. Hal ini biasanya diikuti dengan komunikasi yang jelas kepada pemilik akun tentang alasan dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi situasi.

Suspend dan Unsuspend akun cPanel

Pada panduan ini, Kami akan membahas bagaimana cara suspend dan unsuspend akun cPanel melalui WHM atau user interface-nya beserta melalui Command Line (SSH). Berikut panduannya:

Melalui WHM

Opsi pertama, Anda bisa melakukan suspend dan unsuspend akun cPanel melalui WHM.

Suspend cPanel

  1. Silahkan Anda login terlebih dahulu ke WHM. Untuk login ke WHM dapat dilakukan melalui https://IP VPS/WHM atau https://IP VPS:2087. Contoh : https://103.237.10.5/whm atau https://103.237.10.5:2087
Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM - Login WHM

2. Setelah berhasil login, silahkan Anda akses ke menu Manage Account Suspension seperti gambar berikut,

Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM - Akses menu Manage Account Suspendsion

3. Pada halaman Manage Account Suspension akan tampil halaman berisi List Akun cPanel, silahkan Anda pilih nama domain atau user cPanel yang akan di suspend, lalu pilih tombol Suspend seperti gambar berikut,

Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM -  Suspend Account

4. Setelah itu akan tampil informasi bahwa akun berhasil di suspend.

Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM- Sukses akun cpanel

5. Akun cPanel yang tersuspend, pada halaman List Accounts akan ditandai dengan latar warna merah seperti gambar berikut,

Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM - Akun cpanel suspend

Unsuspend cPanel

  1. Login ke WHM terlebih dahulu
  2. Akses ke menu Manage Account Suspension > Pilih Nama Domain atau user cPanel yang akan di unsuspend, dan pilih tombol Unsuspend seperti gambar berikut,
Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM - unsuspend akun cpanel

3. Setelah itu akan tampil informasi bahwa akun cPanel yang dipilih sudah berhasil di Unsuspend.

Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM - sukses unsuspend

Melalui Command Line (SSH)

Selain melalui WHM, suspend dan unsuspend cPanel juga dapat dilakukan melalui Command line atau SSH.

Suspend cPanel

Artikel diatas kami telah memberikan langkah-langkah untuk suspend dan unsuspend akun cPanel melalui WHM. Selain melalui WHM, Anda juga dapat suspend dan unsuspend akun cPanel melalui Command Line. Berikut tahapannya:

  1. Login ke VPS melalui SSH

2. Setelah berhasil login, silahkan Anda jalankan Command Berikut,

/scripts/suspendacct user_cpanel "Alasan Suspend"

Contohnya seperti gambar berikut,

Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM - suspend cli

Unsuspend cPanel

  1. Login ke VPS melalui SSH
  2. Setelah berhasil login, Jalankan Command Line Berikut
/scripts/unsuspendacct user_cpanel

Contohnya seperti gambar berikut,

Panduan Suspend dan Unsuspend Akun cPanel dari VPS WHM - unsuspend cli

Demikian panduan suspend dan unsuspend akun cPanel dari WHM, Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Wahid Husain

Person who love family, cat, sleep, and Pau <3